#ElsaReview Negeri para Bedebah Tere Liye

Judul : Negeri para Bedebah
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Gramedia 
Tahun Terbit : 2015 
Kota Terbit : Jakarta
Tebal Buku : 433 hlm; 20 cm
Harga : Rp. 42.000 (http://tbodelisa.blogspot.com/)


Jenis Buku : Fiksi




ngliat sampul depannya gw ter-enyuh, jangan-jangannn ini sepenggal kisah dibalik jeruji seseorang? ngobrolin korupsi, nepotisme, bea cukai, atau hal-hal dibalik kekuasaan di sana yang gw nggak tau.

Tere Liye.

jangan dihiraukan lagi lah, kemampuan bahasanya dalam menyihir semua pembaca udah nggak diragukan! doi bener-bener bisa bikin nambah ilmu dibalik kisah fiksinya. dalem hati, kok fiksi tapi kadang gw percaya ini terjadi dibelahan bumi (gak tau bagian mana).

***

kisah ini bermula dari tokoh bernama Thomas. eksekutif muda yang handal dalam mengelola keuangan kliennya. doi dihadapkan pada masalah keuangan sebuah bank yang ditutup secara paksa demi menyelamatkan beberapa orang.

doi anak biasa, seorang anak laki-laki tangguh yang diberikan kekuatan dalam menghadapi cobaan hidup. ia bersekolah sambil berjualan. alasannya untuk menambah uang untuk membeli buku, katanya.

ceritanya penuh konflik banget. sampai pas baca gw greget untuk baca bab demi halaman berikutnya, berharap ada yang nolongin doi dalam menumpas kejahatan. sensasi pas lagi baca berasa pas lagi nonton film berantem lah :") bedanya ini imajinasi gw lebih liar, bahkan melebihi apa yang dituliskan sang tere.

lari ke sana ke mari buat nyelamatin keluarga adalah hal wajib yang dilakuin sang cowok ini. dan nggak tau kenapa, gw ngrasa tiap orang pasti punya sisi licik dan menggunakan sifat tersebut dalam menghadapi masalah. dan yang paling tidak disangka, tere liye bisa bikin gw terpana seolah-olah emang lagi nonton di bioskop dengan latar orang yang lagi kejar-kejaran.

banyak hal dan kemungkinan terjadi yang gw nggak harapkan, tapi malah terjadi, yaaaa namanya juga ekspektasi. tapi so far jalan cerita alur mundur bikin gw paham kalau hidup itu mau gak mau harus melihat ke masa depan, walaupun dendam di masa lalu masih lengket di jiwa. perjuangan Thomas untuk menaklukkan orang-orang hebat adalah pelajaran bagi gw biar nggak seenak jidat kalau mau janjian sama orang. kan tiap orang punya kesibukan dan aktivitas masing-masing.

tokohnya nggak banyak, tapi tiap karakter dalem banget dibahas! novel bertema gini mungkin bisa di film-in kali ya. adios!

buat yang mau nyari novel nggak menye-menye, gw saranin baca tere liye. pelajarannya, jangan mudah percaya sama orang lain. selagi bisa berusaha sendiri kenapa nggak? dan dendam masa lalu itu berat, baik-baiklah ke sesama!

thanks!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengen Liburan Bebas Cemas? Tokio Marine Aja!

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih ke CASHLESS

TRUST ISSUE? sehat nggak, sih?