#AksiSehatCeria Sekarang hingga Nanti

lagi bahagia-bahagianya jalan kaki di rentetan tangga mall kota metropolitan, tiba-tiba sepupu nyeletuk, "duh, kak, capek! bentar dulu napa!". dengan sigapnya gue berhenti, melongok ke belakang, "hmmmm, as always".
kira-kira kenapa bisa begitu? makan? selalu kok, gemuk? nggak. minum air putih? rajin. mager-an? hmmm ya banget!
gue dan sepupu berada di umur 20-25 tahun. umur yang tidak jauh itu membuat gue setidaknya berkaca, kok gue ngrasa kuat-kuat aja, doi kok udah capek gitu? hmmm, bentar, jangan ngrasa sok sombong dulu.





POLA HIDUP SEHAT
apa itu pola hidup sehat? semua orang tentu ingin selalu sehat, iya bukan? namun tanpa disangka terkadang tubuh ini begitu lemas sehabis diterpa hujan deras. atau tiba-tiba kepala ini merasa seperti di kahyangan, pusing bukan main? apalagi menghadapi kerjaan di rumah yang nggak ada habisnya. haduh! pola hidup sehat adalah upaya seseorang untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehatPola hidup sehat dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, olahraga secara rutin, dan istirahat yang cukup (from: cashbac.com)

di sini gue nggak akan menggurui seperti orang yang paham bener atau emang sehat bener. dulu juga gue suka sakit, akibat tingkah sendiri, udah tau rasanya gimana, yaaa taubat lah. LOL.
dulu juga gue semangat banget mau donor darah, karena tau Manfaat donor darah tu banyak banget! tapi apalah dayaa berat nggak cukup. bahkan makan banyak berat tetap segini, ya Alhamdulillah aja say hihi 😅

sebenarnya ini bukan tips sih, kalian semua juga tentunya sudah tau hal apa aja yang bikin tubuh ini dalam keadaan sehat. gue cuma mau sharing doang, ini yang gue lakuin beberapa tahun ke belakang, siapa tau kalian beneran bisa nerapin ini di rumah! yihaaaa kalo mau yang lengkap dan ada penjelasan dari dokternya bisa cek ke dokter sehat ya guys! selain gratis, banyak artikel menarik yang related banget dengan kehidupan yang penuh dengan godaan ini.

1. minum air putih yang cukup, jangan sampai kekurangan dan menyebabkan kamu dehidrasi! bawa botol minum ke mana-mana, selain hemat, airnya kan ori yak.





2. makanan berminyak? oh no! gorengan adalah surga yang paling murah didapatkan. selain karena harganya murah, porsinya bisa banyak! apalagi kalau pakai cabai rawit, uwoh pedesnya namboh gan! dulu tiap ada yang nawarin gorengan pasti mau-mau aja, sekarang... seminggu palingan makan 2 potong gorengan doang. HUAAA tetap susah ya mau lepas dari jeratannya!
3. bersihkan diri dengan rajin. mulai dari mandi, kalau mau tidur di sapu-sapu dulu lah itu kasurnya ya, seprai diganti min 2x seminggu. setidaknya dengan begitu kita dapat mengurangi kotoran yang nempel di kasur. biasanya nih berdampak ke muka, jadi jerawatan heu




4. tidak bertukar barang! mulai dari sikat gigi, gelas, sedotan. tiap orang pake satu ya! ini sepele sih, kadang kalau udah terpaksa banget juga di keluarga gue suka begini. tapi makin ke sini makin sadar kalo virus, kuman, bisa tertular dari mana aja, termasuk dari penggunaan bersama ini.
5. tidur cukup, jangan banyakan tidur, jangan kurang tidur! dan jangan jadikan weekend jadi ajang balas dendam ya guys!




6. bawa bekal sendiri! selain lebih irit, kesehatannya lebih terjamin bukan dibandingkan kamu beli di warteg terdekat? dulu semasa sekolah selalu dibawain bekal. mau itu cuma roti doang atau nasi dan sayur, lauk-pauknya. dan itu kebawa sampai ke kuliah. walaupun yaaaa enak buat diri sendiri doang hahaha, setidaknya kita sudah mencoba hidup sehat, itung-itung latian jadi ibu rumah tangga yegak :D
7. ganti cemilan keripik dengan buah! dulu kalo di rumah, nonton, bosen, pasti nyari makanannya yang garing dan banyak, sampai nggak kerasa seplastik gede habis. hahahaha! siapa yang gitu juga? nah semenjak penyakit aneh mulai bersiliweran, mulai dah emak mengganti dengan jajan buah.



8. hindari asap rokok, apalagi merokok! kebayang nggak tuh nghirup asap rokok rasanya gimana? sesak nggak sih? apalagi ngrokok? hmmm, bagian sebagian orang yang mengatakan kalau merokok bikin stress hilang, bikin kreatif, coba... masih banyak jalan lain menuju Roma selain merokok!
9. bergerak! jangan mageran! bangun tidur, nyadar dikit, nggoler lagii, apalagi kalau cuaca mendukung ya? huaa! ini nih, jangan sering-sering mageran ya. apalagi di umur yang produktif, kita dituntut untuk selalu sehat. kebayang, anak baru belajar ngrangkak, eh emaknya udah encok mulu dah tuh pinggang huhu sedih. kalo mau olahraga yaaa lebih bagus lagii 👌



10. gigi itu harus di cek 6 bulan sekali lo ya! pengalaman gue males ke dokter gigi, mikirnya ah nggak makan coklat, yang aneh-aneh juga kok. sikat gigi rajin. udahlah nggak usah. berakhir dengan 2 tahun sekali mungkin ya ke dokternya, pas ngrasa kok ini sakit mulu, gigi geraham tumbuh kok nggak kelar-kelar apa begimana? eh ternyata, giginya berlubang! simpel sih, tapi sakit dan biaya yang dikeluarkan luar biasaaaaa. jadi mending kontrol 6 bulan sekali ya. biar nggak ngdadak kayak tahu bulat, tau-tau disuruh cabut 3 gigi, tiap gigi 350rb, nah kalikan aja dah tu hehehe.

sekian sharing dari gue, semoga yang sudah sehat makin sehat, yang sakit digugurkan dosa-dosanya oleh yang maha Kuasa, Aamiin ya Allah!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengen Liburan Bebas Cemas? Tokio Marine Aja!

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih ke CASHLESS

TRUST ISSUE? sehat nggak, sih?