#ElsaReview Ayat-Ayat Cinta Habiburrahman El-Shirazy

lebih seru mana sih nonton sama baca? untuk orang seperti saya, membaca merupakan hal terbahagia selain jalan-jalan. kenapa? ketika membaca imajinasi saya liar berlari ke sana ke mari tidak bertujuan, membayangkan kisah yang saya sutradarai sendiri. termasuk ketika membaca novel Ayat-ayat Cinta ini. sejujurnya ketika membacanya pertama kali, saya masih SMP. jauh dari kata hidup normal dan dewasa, tapi ya tetep aja udah sok-sok mau cinta-cintaan hahahahahaha
oke
Judul Novel                 : Ayat-ayat Cinta
Penulis                     : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit                    Republika-Basmala 
Cetakan                     : Ke-7
Tebal Halaman               : 419
Tahun Terbit                : 2008




pas baca novel ini, filmnya belum tayang, tapi trailernya udah meledak dimana-dimana. berhubung mamak saya suka membaca novel juga, jadi awalnya sih doi beli, habis baca yaaa saya baca, daripada nganggur. selanjutnya baru nonton filmnya haha agar ekspektasi saya akan film tidak terlalu tinggi, saya mencoba membaca novel terlebih dahulu.

novel ini berkisahkan tentang seorang pemuda yang sedang menimba ilmu di negeri mesir sana. ia meninggalkan keluarga dan teman-temannya demi memantapkan ilmunya. selain berkuliah seperti mahasiswa pada umumnya, ia juga bertalaqqi, yaitu belajar langsung kepada syeikh.

akhlaknya? hmm jangan ditanya, banyak perempuan yang jatuh hati padanya. termasuk 4 orang diantaranya yaitu: Aisha, Maria, Noura dan Nurul. tetapi siapa yang akan dipilih oleh Fahri?

hal yang paling disuka dari novel ini adalah bagaimana latar Mesir sangat begitu kental diceritakan. suasana religius nan agamis. bahasa yang digunakan juga bersifat ringan, jika ada istilah asing seperti bahasa inggris dan bahasa arab, penulis akan menambahkan catatakan kaki dibawahnya, sangat bermanfaat sekali.

fahri digambarkan sebagai seorang lelaki yang gagah, bertanggungjawab, cerdas, taat agama, dan ramah kepada semua orang. hal ini sangat sulit didapatkan di kehidupan nyata wkwkwk

kecintaan maria yang beragama kristen koptik kepada fahri mampu membuat maria berpindah agamanya, ia memilih bersyahadat masuk agama Islam dan wafat dalam keadaan Islam. masha Allah. maria ini tinggal satu flat dengan fahri, walaupun agama mereka berbeda, mereka tetap seperti layaknya masyarakat biasa. hebatnya lagi maria, ia menyukai dan bahkan menghafal surah maryam, masha Allah.

berbeda dengan aisha, ia dipertemukan dengan fahri ketika di dalam bus. ketika ada seorang nenek tua yang berasal dari amerika yang hendak duduk karena sudah keletihan berdiri, aisha yang bercadar dengan senang hati memberikan tempat duduknya, namun apa? yang aisha dapatkan adalah cibiran, melihat itu fahripun membantu dan membela aisha. lalu, perempuan mana yang tidak jatuh hati dengan lelaki seberani itu?

berbeda dengan Noura, gadis cantik yang suka dianiaya oleh ayahnya sendiri. sampai ketika suatu malam Noura dipukul oleh ayahnya, tidak ada yang berani membantu. namun qadarullah dengan bantuan fahri melalu maria, Noura terselamatkan dari kejamnya ayahnya. Nourapun tinggal bersama Nurul, mahasiswi asal Indonesia.

beberapa waktu kemudian, datanglah syekh Utsman menanyakan kesiapan fahri akan pernikahan dan akan diberlangsungkannya proses taaruf. fahri memang siap, hanya saja ia tidak pernah mengumbarnya. sampai pada waktunya aisha lah ternyata perempuan sholehah yang akan bertaaruf dengannya. walaupun tidak begitu kenal dengan dekat, tetapi masing-masing dari mereka sudah mantap untuk melangsungkan pernikahan.

mendengar berita itu, Nurul sedih, ternyata sudah 2 bulan ia menyimpan rasa kepada Fahri. namun apa hendak di kata, Fahri sudah mengiyakan taaruf dengan aisha. begitu pula dengan maria, ia malah jatuh sakit dan koma. innalillahi, sebegitunyakah kita jika mencintai seseorang?

namun pada akhirnya fahri tetaplah harus memilih. apakah aisha, maria, nurul atau bahkan noura. wallahua'lam.
jawabannya dapat kalian temukan di novelnya yaaa hihi! 💗

thanks!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengen Liburan Bebas Cemas? Tokio Marine Aja!

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih ke CASHLESS

TRUST ISSUE? sehat nggak, sih?