#ElsaReview Eliana Tere Liye

sebelum Burlian, ternyata ada Eliana dan Pukat. kebetulan saya adalah orang yang tidak mengharuskan membaca berurutan untuk hal novel. karena yaaa ketika mampu, beli, baca, kalo tidak yaaa minjem dulu. atau selagi temen yang mau minjemin adanya novel apaaa yowes tak baca toh hehe walaupun Burlian duluan saya baca, tapi tidak mengapa ya kalau saya posting Eliana dulu hehehe



judul : Eliana
penulis : Tere Liye
penerbit : Republika
tahun terbit : 2011

Eliana, sulung dari empat bersaudara. nggak tau kenapa pas liat cover depan sama belakangnya aja sudah merasa seperti berkaca pada diri sendiri. yaaa tidak lain tidak bukan karena saya jugaaa seperti Eliana, sulung dari empat bersaudara, sampai urutan jenis kelamin anaknya pun sama, mungkin bedanya dia lebih dari saya, saya mah apa atuh heuheu

BAIK. langsung ke resensinya yaaa
Eliana adalah sang pemberani, ia rela melakukan apa saja kalo ia melihat memang terjadi ketidakadilan di daerahnya. sangat berani, jarang sekali gadis seperti dia.

sebagai anak sulung, Eliana hidup dengan cara yang tidak mudah. ia bangun pagi, membangunkan adiknya, memasak, membereskan rumah, sepulang sekolah, mengajari adiknya, membantu ibunya, semua yang ia lakukan hampir sama sibuknya dengan ibunya. tapi ia tidak mengeluh, ia mencoba sabar.

novel ini berkisah tentang persahabatan empat orang anak yang saling menolong satu sama lainnya. tidak peduli bagaimanapun rintangannya Eliana sangat membantu teman-temannya, bahkan sampai lari di malam hari hingga sahabatnya, terbunuh.

otaknya yang cerdas tidak membuat ia lantas malas-malasan, iya tetap giat belajar, mengumpulkan herbarium demi tugas terbaik di sekolahnya. siapa di sekolah yang tidak kenal dengan Eliana? sosok cerdas, berani nan tangguh.

ketahuilah, menjadi anak sulung tidak seenak yang kalian pikirkan. kalian harus berjuang mati-matian untuk menjadi contoh bagi adik kalian. harus berlaku adil bagi adik kalian. harus bisa apa saja, harus sabar, harus mengerti apa saja, semua-semuanya harus! and I feel that tho.

latar dan bahasa yang digunakan Tere Liye begitu mudah dipahami dan dibayangkan. dan terpenting, pembaca dapat membaca cerita dari kisah yang mana saja. mau itu dari Eliana, Pukat, Burlian maupun Amalia. untuk kelemahannya saya rasa belum ada. 





thank you <3
161118

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengen Liburan Bebas Cemas? Tokio Marine Aja!

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih ke CASHLESS

TRUST ISSUE? sehat nggak, sih?