Day 12: 5 Tips Sehat!

Welcome December!

Setelah melalui 11 bulan ke belakang, Alhamdulillah sampailah di penghujung tahun. Terdiam, tertegun, 11 bulan udah ngapain aja? Jadi, resolusi 2018nya udah seberapa persen? Hiyaaaaa hiyaaaaa! Jawab dalam hati aja ya hehehe sejujurnya untuk menghadapi bulan baru enggak ada tips khusus sih, cuma yaaa sekiranya masih banyak yang belum selesai ya dikerjain ya? Tapi ya namanya manusia, ada aja godaannya heuheu.

Tips sehat? Gampang-gampang susah nih. Soalnya saya pribadi yang masih belajar bagaimana cara hidup sehat. Maklum tiap tahun ada aja sakitnya wkwkwk tapi ya Alhamdulillah aja, karena kan tiap sakit dosa yang sudah ada akan melebur menjadi pahala. Insha Allah. Ini hanyalah tips sehat nan mudah yang bisa dilakukan sehari-hari dan menunjang psikis. Untuk kesehatan fisik, mampir ke sini yuk! #AksiSehatCeria Sekarang hingga Nanti


Oke, pertama! Jauhi stress! Stress ini emang berdampak banget sama kesehatan. Baru pas pagi kepikiran satu hal, eh malemnya udah muncul kemungkinan-kemungkinan lain yang muncul. Semua kejadian terbaik, terburuk versi kita mampir di otak kita gitu aja. Kenapa bisa gitu? Yaiya, otak kita berproses untuk menjadi lebih aktif dalam menyaring dan memproses informasi. Jadi, besok-besok kalau ada masalah pikirkan solusinya, lalu action, jangan banyakan mikir. Sulit sih, tapi yaaa di bawa enjoy sama ketawa aja hehehe

Kedua, mulailah menulis. Seberapa sakitnya kita, seberapa sibuknya kita usahakanlah untuk menulis. Karena apa? Dengan  menulis setidaknya semua yang kita pikirkan tercurahkan dalam selembar kertas atau file. Mengingat banyak banget orang yang nggak bisa mengontrol dirinya sendiri, dan tidak mampu merefleksikan apa yang ia rasakan.

Ketiga, berbuat baik kepada orang lain. Sebenarnya mau dalam keadaan sakit atau enggak kita diharuskan untuk berbuat baik kepada siapapun. Sekalipun orang itu jahat yaaa kita harus tetap berbuat baik. Suka denger nggak sih ada yang bilang: "udahlah sekali-kali jangan diam aja, lawan, sekali-kali jahatin aja, emang dia doang yang bisa? kamu kan juga bisa!". Yhaaaa sepenggal cerita yang sering banget didengerin dan enggak jelas sumbernya dari mana. Mungkin ini semacam pembelaan diri sendiri, kalau-kalau semua orang berhak untuk hidup bahagia, jadi kalau kebagian dijahatin orang yaaa jangan diem aja. Bener, tapi ngjahatin orang kan nggak semudah itu? Perlu di kaji lagi, apa enggak ada cara lain selain dijahatin balik? Toh ketika berbuat baik, secara enggak langsung kita menanam kebaikan untuk diri kita sendiri.

Keempat, banyak istighfar. Secara enggak langsung ketika istighfar kita minta maaf dan ampun atas semua kesalahan kita sama Allah. Tiap manusia pasti punya banyak salah, ya kita bukan nabi, rasul, malaikat. Insan artinya pelupa, jadi wajar kalau kita sering lupa, lalu kesalahan menghampiri kita. Wajar. 

Kelima, memaafkan orang lain. Apa yang kita lakukan ke orang lain, secara enggak langsung tentu orang lain pasti bakalan ingat, yaaa tapi tergantung orangnya sih hehe untuk beberapa hal mungkin ada hal yang orang lain kesel dan sebel sama kita, tapi kita selo aja. Atau ada hal yang emang menyakitkan bagi kita, sakit banget, tapi orang lain enggak merasa bersalah, yaudah dimaapin aja. Soalnya pernah denger nih ada kisah di zaman rasul, ada orang yang masuk surga karena tiap malem sebelum tidur pasti beliau memaafkan semua kesalahan orang di hidupnya, begitu terus sehari-hari. Dan kata Rasul beliau itu adalah salah satu penghuni surga. Masha Allah.


hiya hiyaaaaa
Semoga bermanfaat ya!




part of BPN 30 Days Blog Challenge

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengen Liburan Bebas Cemas? Tokio Marine Aja!

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih ke CASHLESS

TRUST ISSUE? sehat nggak, sih?