#ElsaReview Bintang Tere Liye

Reading list: 2/20 @bbbbookclub

judul : Bintang
penulis : Tere Liye
jumlah halaman : 392 hlm
penerbit : Gramedia Pustaka Utama
tahun terbit : 2017



Setelah membaca novel Bumi, Bulan, Matahari, masuklah kita ke novel selanjutnya, yaitu Bintang. Seperti namanya, tempat ini mengisahkan tentang kejadian yang terjadi di klan Bintang.


***
Kami bertiga teman baik. Remaja, murid kelas sebelas. Penampilan kami sama seperti murid SMA lainnya. Tapi kami menyimpan rahasia besar.

Namaku Raib, aku bisa menghilang. Seli, teman semejaku, bisa mengeluarkan petir dari telapak tangannya. Dan Ali, si biang kerok sekaligus si genius, bisa berubah menjadi beruang raksasa. Kami bertiga kemudian bertualang ke dunia paralel yang tidak diketahui banyak orang, yang disebut Klan Bumi, Klan Bulan, Klan Matahari, dan Klan Bintang. Kami bertemu tokoh-tokoh hebat. Penduduk klan lain.

Ini petualangan keempat kami. Setelah tiga kali berhasil menyelamatkan dunia paralel dari kehancuran besar, kami harus menyaksikan bahwa kamilah yang melepaskan “musuh besar”-nya.
Ini ternyata bukan akhir petualangan, ini justru awal dari semuanya…
Buku keempat dari serial “BUMI"


______________________________

Setelah setahun lebih membeli Bintang, akhirnya tamat jugaaaa yey ðŸĪĢðŸĪĢðŸĪĢ👏👏📖

Seneng aku tuuu 2/20 jugaaa.
Di novel ini masih tentang perjalanan Raib, Seli, Ali dan Ily 3.0 mereka diharuskan mencari pasak bumi yang akan diruntuhkan oleh Dewan Kota. Ketahuilah kawan, untuk tau dimana letak pasak bumi itu, perlu kecerdasan yang amat tajam. Berhubung jumlahnya ada ribuan.

Namun, bukan Ali kalau tidak cerdas. Iya mengerucutkan menjadi 6 titik yang dicurigai sebagai tempat superplume berada 🌋

***

Klan bulan dengan rumah-rumah seperti balon di atas tiang-tiang tinggi. Mereka berpidah dari satu tempat ke trmpat lain lewat kapsul terbang atau lorong berpindah. Klan Matahari dengan umah-rumah kubus di lereng gunung. Ruangan-ruangan yang bisa melipat, menekuk. Mereka bisa berpindah lewat perapian. Sementara Klan Bintang lebih maju lagi, berada di perut bumi, mereka menyukai bentuk simetris, kota mereka paling canggih dibanding yang lain. Makanan yang bisa menyesuaikan rasa sesuai keinginan, sofa yang bisa bicara, dan baju yang bisa berubah warna/model seperti imajinasi pemakainya."

***

Hlm. 103
Saat kamu dewasa, Raib. Kamu akan memahami, ada banyak hal yang tidak bisa dimengerti didunia orang dewasa. Keserakahan, kebencian...
Kekuasaan yang terlalu lama cenderung membuat seseorang rusak. Itu bisa membuatmu mengkhianati teman-teman terbaik. Membuatmu melakukan hal-hal yang buruk, jauh dari kehormatan seorang petarung."

***

Hlm. 163
Semakin berkuasa seseorang atau kelompok, semakin kuat kemampuan mereka mengendalikan informasi."

***

Hlm. 337
[Pesan Miss Selena untuk Ali, Seli, dan Raib]
Berhentilah menyalahkan diri sendiri...
Jangan pernah menghukum diri sendiri hanya karena sebuah kesalahan.
Jangan terlalu sedih berkepanjangan, akan selalu ada kesempatan, atau kabar baik berikutnya, berikutnya, dan berikutnya.
Dan berhenti memikirkan banyak hal. Kamu adalah kamu, jalani kehidupanmy seperti air yang mengalir, lupakan sejenak soal kekuatan dan komentar orang lain.






Di klan Bintang ini, perjalanannya kerasaaa banget. Seru. Di otak nih pikiran udah membayangkan kayak lagi main game atau nonton marvel lah ðŸĪŠ

Soalnya kerasa banget, seru, menegangkan dan ceritanya bener-bener nggak bisa ketebak sama sekali. Tere Liye nih emang jago deh ðŸĪĐ

Dari kisah Ali, kita belajar gimana menyelesaikan masalah tanpa masalah, semua tentu ada resikonya, tapi gimana kita menghadapinya, apa marah-marah nggak jelas, dibawa santai aja, keep calm and solved, banyak lah tingkah Ali yang bikin ngakak dan membuat pembaca membayangkan hmmm ada enggak sih cowok begini 🙄 dan siapa nih yang cocok memerankan Ali 🧐

Selii yang panikan dan merasa selalu lemah diantara yang lain. Ada kalanya kita lemah, tapi jangan diem aja, kudu bangkit dan semangat menjalani hari 💊

Dan, Raib. Tokoh aku yang kadang panik, kadang santai aja, tapi kadang jadi serius banget.

Semua punya bagian dan kekuatan masing-masing. Dan ketahuilah ketika kekuatan itu bersatu, maka lawan sekeras apapun tentu mampu dikalahkan. Sama kayak kita, manusia biasa yang kadang suka ngeluh dan kurang bersyukurnya. Ketahuilah ada satu titik dimana kita nyaman, dan mampu berkembang. Hanya saja, usaha kita meraih titik itu yang panjang dan sulit.

Seruuuu abis sih, nggak kebayang kalo dijadiin film ðŸĪ” pastiii ngalahin disney, dll. Dan semoga kebahagiaan akan perjuangan ini ada di buku selanjutnya.

Hiyaaaa terios, bazaar, wait for me ya! 🙌
Terima kasih sudah membaca review yang panjang sekali ini hehehe

Komentar

  1. Waahh menarik novelnya ya~ boleh nih masuk wish list buku yang patut dibeli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaaaak, bahkan novel lanjutannya sudah ada wkwkw

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRUST ISSUE? sehat nggak, sih?

Day 8: Nivea Intensive Moisture, Solusi Tepat untuk Kulit Kering!

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!