Postingan

Menampilkan postingan dari Mei, 2019

Isi Waktu dengan Paper Quilling (Kita-Kita Medan & Blogger Sumut)

Gambar
Terima Kasih sudah mengunjungi Blog ini. Semoga ada manfaatnya ya. Jangan lupa kasi masukan dibawah. Thank a lot!


Beberapa minggu lalu, tepatnya di awal ramadan, saya dan sepupu sama berkesempatan hadir di acara Grolier-Paper Quilling. Ini merupakan pengalaman saya sebagai orang baru di blogger sumut, yaaa istilahnya masih cabe rawit lah yaaaa. Walaupun baru join kudu harus sering nulis yihaaa. 




Sesampainya di sana acara sudah mulai, ya gimana ya biasalah bawa anak-anak, yang macetlah, yang nunggu ini itu segala macem, drama jambu yang sengaja bikin telat. Maklum, kami tidak serumah, rumah mereka di amplas dan acaranya di SUN PLAZA. ohhh elsa sungguh emang nyari kerjaan aja, emang sepupunya enggak ada yang di tempat lain? Ada sih, tapi masih krucils banget, repot juga kalau enggak sama emaknya.

Jadi, saya bawa lah bocah-bocah ini ke sana. Berhubung adik kandung saya yang sudah didaftarkan malah mudik duluan, yaasudah, mau dikatakan apalagi. Sesampainya di sana pesertanya banyak, dan bis…

Tradisi Lebaran Anak Medan

Gambar
Assalamualaikum!

Berhubung tradisi lebaran saya sangat banyak, jadi yang keinget aja ya hahahaha. Sebagai orang Medan aka ada Mandailing dan ada Melayunya gitu, banyak banget hal-hal yang sering dilakukan yang berkenaan dengan adat menjelang lebaran. Sebenarnya tradisi apa sih? Tradisi adalah sebuah kebiasaan yang dilakukan berulang dikarenakan kesamaan agama, suku, waktu, negara, dsb. Tradisi ini biasanya dilakukan secara turun-temurun. Beberapa diantaranya adalah:

Pertama, mandi pangir.


Sebenarnya tidak harus lebaran, menjelang ramadan saya dan keluarga juga terbiasa mandi menggunakan wewangian ini. Bahannya mudah didapatkan. Apalagi kalau di Medan, hmmm pajak mendadak banyak yang jual dedaunan wangi ini. Daunnya direbus terlebih dahulu, kemudian disaring, dan airnya digunakan untuk mandi. Namun beberapa tahun belakangan saya tidak mengerjakan ritual ini. Semakin banyak membaca ya semakin tahu, dan tidak ada ayat dan hadist yang menganjurkan menggunakan air pangir ini. Jadi, saya skip.…

Baju Lebaran, Penting Enggak Sih?

Gambar
Sebenarnya penting enggak sih punya baju lebaran? Coba, baca postingan saya tentang THR with ZEROWASTEdan lebih baik sekalian nonton ini Fast Fashion

Baju lebaran adalah baju yang dipakai dalam rangka menyambut hari lebaran. Sebenarnya tidak terpaku harus baju sih, hal ini terdiri dari pakaian, atasan, bawahan, kerudung, mukena, sepatu, dan accessories lainnya. Bayangkan saja jika setiap rumah terdiri dari 5 orang, setiap orang memiliki baju baru, hitunglah hanya atasannya saja, sudah berjumlah 5, dikalikan dengan orang lain di sebuah komplek perumahan, anggap saja ada 30 keluarga. Sudah 150 atasan. Dan hitung jika semua umat Islam membeli baju baru? Misalkan saja ada 3,5jt orang di Indonesia, yaaa kebayang kan 3,5jt atasan, belum celananya, roknya, sepatunya. Terus barang lamanya dikemanakan?


Atau kamu suka bingung dengan keadaan baju yang...

Baju yang ukurannya sudah tidak pas/ nyamanBaju yang hanya kamu gunakan 1x saja dan tidak kamu gunakan lagi dengan beberapa alasan dalam waktu yan…

Cek 5 Hal Ini Sebelum Kamu Ikut Acara BUKBER

Gambar
Alhamdulillah enggak kerasa banget kita akan meninggalkan ramadhan sebentar lagi, udah seminggu lagi aja, amalan insya Allah semakin meningkat ya, Aamiin ya Rabb.

Oke, di hari ke 23 ini, harusnya kudu ditulis sejak awal sih hehehe. Di ramadhan kali ini, saya belum pernah berbuka puasa di luar, selalu di rumah. Alhamdulillahnya ajakan mah ada aja, tapi enggak tau kenapa, skala prioritas saya bergeser dari tahun-tahun sebelumnya. Yang dahulunya semangat banget bahkan sering jadi panitia, sekarang cenderung bodo amat? Kenapa? Ya gitu, kayak nonsense lama-lama.


Ada 5 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum kamu mengiyakan ajakan bukber dari seseorang, atau sekelompok orang. Biasanya bukber ini identik dengan reuni kecil-kecil-an. Buat yang single yaaa waktunya ngobrol ke orang yang biasanya emang deket sama dia, kayak segeng gitu deh. Kalau udah nikah? Boro-boro. Sambil gendong anak, ngobrol sama yang udah bawa anak juga. Dan bagaimana kamu sebagai single menghadapinya? hahaha

Pertama, Lihat …

Day 22: Do dan Dont's for Lebaran Day (Make up Edition)

Gambar
Assalamualaikum sisters!

Udah mau lebaran nih, gimana persiapannya? Baju lebaran sudah berapa? Sepatu? Baju? Biaya untuk mudik? Kue lebaran? Rumah sudah dicat seperti baru? Banyak banget rentetan pertanyaan yang sebenarnya hanya basa-basi dan butuh pertanggungjawaban di akhirat kelak. Tahun-tahun sebelumnya saya juga menanyakan itu ke diri sendiri. Dan sekarang baru tersadar, buat apaan sih ya, ya Allah. Selama ini ke mana ajaaaa. 



Pertanyaan berkaitan fitrah kita sebagai manusia yang berhati nurani dan sebagai makhluk Allahlah yang perlu kita renungkan di ramadhan ini. Sudahkah kita khatam Alquran? Sholat tarawih tinggal berapa? Ya Allah semoga diberikan umur panjang ya, biar bisa menikmati ramadhan lagi, insyaAllah.

Renungan agamis ini emang perlu dihayati dan dipertanyakan tiap waktu. Sebanyak apapun amalan kita, emang semuanya bener? Pasti keterima? Belum tentu, kan? Amalan dikit, suka maksiat, gila duniawi, bekal akhiratnya apa? Semenjak meninggalnya ust Arifin Ilham saya semakin me…

Anak Kecil Puasa, Emang Bisa?

Gambar
Kayaknya ini lebih cocok kalau ditulis sama emak-emak deh, gimana caranya mengajarkan anak kecil untuk berpuasa. Saya lupa beneran lupa sejak umur berapa mulai berpuasa, dan bagaimana melatihnya. Mungkin karena saya anak pertama dan cenderung enggak neko-neko ya, diajak ke mana aja ayo, disuruh puasa juga ayo, mungkin dalam hati pengen buka, tapi sabar aja, pasti ada balasannya, mungkin begitu ketika saya kecil hahaha.


Dikarenakan belum punya anak dan tidak pernah mengajak anak kecil berpuasa, saya cuma bisa memberikan tips agar seorang anak yang berpuasa tetap bersemangat menjalani puasanya. Bismillah.

Pertama kali kamu perlu memberi tahu apa esensi puasa yang sebenarnya. Mengapa kita harus berpuasa. Apakah cuma menahankan lapar dan haus atau emosi juga perlu dijaga? Banyak hal sepele yang sebenarnya kita juga sulit melaksanakannya. Mengurangi marah-marah 😟 huaaa kadang ada yang salah dikit langsung ngomel, dasar emak-emak. Jadi, marilah kita latih diri kita untuk lebih bersabar.

Kedua…

Day 20: Aplikasi Andalan Selama Ramadan

Gambar
Alhamdulillah udah lewat pertengahan ramadan nih, enggak nyangka yaaa waktu berjalan cepat banget. Semoga semua amal ibadah kita diterima Allah ya, Aamiin ya Allah. Pas ramadan biasanya kamu lebih suka ngapain? Baca buku? Dengerin kajian? Atau bingung dengan menu sahur dan berbuka? Wahahahaha ini kerasa banget sih untuk anak kos yang suka stuck mau masak apa, apalagi buat yang udah berkeluarga. Kadang bikin bingung juga nih menu.

Sebagai orang yang enggak paham bener dunia permasakan dan lebih suka nyicipin makanan. Saya mau rekomendasiin aplikasi yang bisa jadi solusi untuk kamu semua yang suka keleyengan kalau nyari menu. Yaaa namanya perempuan, kadang nyoba aja gitu aneh-aneh, sotoy, atau yaaa modal youtube lah. Tapi kadang suka kesel kalau di youtube kok cakep-cakep hasilnya? Pas kita yang bikin? Uwow mengapa jelek? Hahahahaha.

Namanya! 


Awalnya saya juga gitu via youtube, lama-lama ah to the point aja ngapa gitu ya wkwk. Akhirnya berpindah haluan mencari aplikasi lain dan bertemulah…

Day 19 Tips Menjalankan Puasa

Gambar
Amalan saat puasa? Banyak ya. Kebaikan dilipatgandakan, begitu juga dengan kejahatan yang kita lakukan.

Hati mukmin sejati adalah hati yang lapang, penuh kelembutan, penuh kasih sayang. Namun, jika hati dah semakin terasa berat, ada yang salah langsung kesel dan tidak mau memaafkan. Coba, mushaf Alqurannya dibuka lagi, dikaji lagi. Insya Allah. Bagi yang sedang sakit juga, niatkan semuanya karena Allah. Bismillah, ya Allah, Alquran sebagai asy-syifa obat segala obat. Kuatkan hamba, istiqomahkan hamba menuju Ridho-Mu. Insya Allah kalau dirutinkan bermanfaat.

Kalau lagi santai atau enggak santai tetaplah membaca dzikir, yang mudah-mudah saja. Istighfar, dielus-eluskan yang bagian tubuh yang sakit. Alhamdulillah, saya sudah mengamalkannya. Dan memang kuasa Allah benar adanya. Yang awalnya panik banget telinga sakit gitu diobatin aja pakai nama-nama Allah, Alhamdulillah.

Berikut ini tips yang bisa kamu ikutin ketika menjalankan puasa, apa aja?
Pertama, buat plan ibadah. Sebagai orang yang kal…

Day 18: Mudik Dulu VS Sekarang

Gambar
Kalau ditanya cerita mudik, sebenarnya bingung sih mau ceritain part yang mana hehe 🤣
Saya dan keluarga menghadapi mudik belakangan ini lebih fleksibel mengikuti keadaan. Terkadang setelah selesai sholat eid fitri baru mudik, atau bahkan hari kedua. Itu semua berubah sejak kami punya mobil dan jadwal keluarga yang super padat.

Sebelumnya, keluarga kami kudu prepare paling tidak 3 minggu sebelum lebaran untuk merencanakan mudik ini. Bukan ke luar kota yang membutuhkan tiket memang, cukup via darat saja. Tapi ya namanya anak sekolah, kudu prepare segala macem. Mulai dari beli ATK, baju lebaran, kue lebaran dirumah, semua dipersiapkan sebelum mudik.
Kampung kami berkisar 4-5 jam dari rumah. Alhamdulillahnya sudah ada jalan tol sekarang, jadi hanya membutuhkan 2,5-3 jam saja diperjalanan. So, thank you pak Jokowi :pray:
Perjalanan mudik ketika kecil memang udah banyak yang lupa, mungkin karena enggak ada yang berkesan hahaha cuma seinget saya dulu kalau mau mudik itu kita kudu pergi ke termi…

Day 17: Ramadhan Saat Kecil

Gambar
Pengalaman ketika kecil sama sekali enggak inget sih, hanya beberapa hal ini yang saya ingat, karena yaaa saya termasuk anak baik-baik jadi jarang berbuat tidak baik wkwkwk hanya hal-hal inilah yang agak membekas dari ramadan di masa kecil saya, karena ya ada cerita tersendiri didalamnya. Apa aja? Yuk, kita cek satu-per satu!

Pertama, dari sekolah ditugaskan untuk mengisi buku ramadan, yaaa maklumlah anak SD kalau enggak gitu enggak akan ibadah.

Padahal mah ada aja yang ngcheat pura-pura ibadah, tinggal nyuruh orang lain aja ngisi dan tanda-tangan, it's so simple. Apakah masa muda kalian juga pernah begini? Hahahaha kebetulan saya tim yang jujur banget, jadi enggak mau bohong sama sekali, walaupun gurunya enggak akan meriksain satu-satu tuh buku. Setelah diberikan buku ya tentu mengharapkan tandatangan ustad wkwk nungguin ustad demi tanda tangan padahal sholatnya aja... cuma bentar, dengerin ceramah juga.... bentar, banyakan aktivitas lainnya. Sering banget nih dulu anak lain yang r…