Belanja Bawa Tas Sendiri, Kenapa Harus Malu?

Akhir-akhir ini saya lumayan concern belajar lebih tentang lingkungan. Mulai dari bikin ecoenzyme, penggunaan sisa makanan jadi sesuatu yg bermanfaat, sampai decluttering dan berniat ingin ikutan #TukarBaju menjelang lebaran. Lama-kelamaan baru ngeh. Eh kok selama ini konsumtif banget ya? Enggak mikirin masa depan banget? Kok mau enak sendiri aja?

Sampai sadar kalau bikin kompos ternyata mudah kalau emang kitanya niat pengen bikin kompos. Soalnya dampaknya emang ngaruh banget ke lingkungan. Kalau kita buang sampah organik disatuin dengan sampah non-organik. Sampah organik itu akan mengeluarkan senyawa yang nggak bagus buat tubuh kita. Dan baiknya memang diolah untuk jadi kompos.

Punya mbak atiit

Well, kalian semua bisa cek di instagram  sustaination atau zerowastenusantara. Di website dan instagramnya jelas mereka concern dengan lingkungan. Mau beli bamboo- toothbrush, stainless straw, menstrual pad sampai menstrual cup di sana adaaa. Cuma ya kalau kalian rasa nggak butuh banget, mending enggak usah hehe.

Enggak ada susahnyakan kalau kalian minum langsung dari gelasnya tanpa sedotan? Atau langsung makan pakai tangan aja enggak perlu pakai sendok. Banyak kok yang maksain beli demi lucu-lucuan. Padahal stainless straw itu kalau dibuang sembarangan juga berdampak banget sama lingkungan yang kita cintai iniii. Selain itu, penggunaan plastik udah biasa banget. Belanja dikit dikasi plastik. Yaaa gapapa 200rupiah doang. Yaaa kalau semua mikir gitu semua beli plastik dong?

Nah, sebagai solusi dari pengurangan plasik itu bisa deh pakai tas yang dipakai ulanh. Bisa goodie bag dari acara gitu, atau bahkan dari baju bekas diubah jadi tas serba guna. Paling enggak buat belanja ajaaa agak berkurang sampah di bumi ini sis ehe. Kamu bisa cek tutorial cara buatnya di youtube yaaa. Sama kayak barang lainnya, jangan keburu-buru pengen beli totebag biar kece. Padahal tak dirumah banyak tak terpakai.



Sejak awal emang lebih suka ke mana-mana pakai totebag. Maklum anaknya gak suka bergaya hmm 😏 enggak jarang digunakan buat belanja juga. Totebag lucu ini dipesan sejak pertama kuliah & masih awet sampai sekarang, alhamdulillah 😍 check ke @doodletees_id





Pasti kita suka bergeming, ntar plastiknya di pake kok, buat buang sampah sekalian. Lalu, gitu terus sampai nggak sadar plastiknya numpuk banyak 😭😭😭

Mengapa harus menggunakan tas belanja non-plastik?
1. Plastik terbuat dari fossil fuels, artinya terbuat dari bahan bakar fosil. Dan mahal.
2. Menghasilkan karbon yang begituuu besar bagi bumi
3. Dalam jutaan tahun akan terus berada di bumi 😭 gak teruraiii.
4. Hanya 9% yang terdaur-ulang menjadi baru.
5. Efeknya jadi racun pada makanan dan minuman.
6. Dapat menyebabkan kelainan hormon bahkan kanker.
7. Polusi bumi.
8. Membunuh makhluk laut, burung, dan lainnya.
9. Masuk ke dalam makanan yang kita konsumsi.

Jadi, tunggu apalagi untuk menghemat penggunaan plastik dan beralih ke tas pakai ulang? Bumi tidak membutuhkan ucapan selamat hari bumi. Dia butuh perubahan dari kita 😭🌳🌎

Komentar

  1. Betul sih mbak...tp y itu...karena blum merakyat...kalau bawa tas belanja sendiri....jd nya y...malu gitu...

    BalasHapus
  2. saya sudah mulai bawa kantong belanjaan sendiri, atau wadah sendiri.. yaa kadang karena ga rencana belanja ya lupa juga... jadi sedia terus di tas kantong nya.. belanja ke pasar bawa wadah untuk tempat ikan.

    zero waste diusahaain

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mbak hebat bgt, biar konsisten gt gmn mbak selain emang sedia terus? kadang aku tuh suka males bawa gitu karena emak suka marah, ngapain repot2 bawa itu. ntar bayar 200 aja udah huaaaaa, agak sulit tp bismillah aja yaaaa :))

      Hapus
  3. Di kampung saya kak, ibu2 klo mau belanja ke pasar udh bawa kantong kresek masing2 dri rmh 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah ya bang, tp tetep kresek wkwkwk setidaknya plastiknya di reuse lah ya hehe

      Hapus
  4. Wah aku harus mulai buat kompos juga nih Kak, makasi inspirasinya Kak ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mbak sama-sama belajar yaaa, saya juga masih awam banget wkwk

      Hapus
  5. iyes, kadang sedih liat paus mati isi perut nya sampah plastik.
    atau liat penyu juga makanin plastik. Hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa, bahkan sekadar cottonbud juga ada yang nyangkut ditubuh singa laut huhu :(

      Hapus
  6. Pengen cobain,, tapi sering lupa bawa tas nya.. hufftt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobaaaa bikin tasnya itu dibagian rumah yg ada gantungan deket kunci gitu kak jadi keliatan dan sekalian. kalo enggak masukin memang ke jok motor atau mobil hehe

      Hapus
  7. Aku belum mulai mbak. Secara yang sering belanja paksu...jadi kudu nyamain frekuensi dulu nih biar asik jalani zerrowastenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaa bener mbak, kudu pelan2 juga sih nggak bisa langsung berubah jd zerowaster hehe dan yang paling sulit itu emang ngedukasi keluarga sendiri hehe

      Hapus
  8. Lagi belajar nih buat ngurangi wadah plastik seperti beli makanan dll dari supermarket, secara dari dulu sudah terbiasa pake plastik terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbaaak semangat terus yaaa, smoga istiqomah, kita niatkan aja biar Allah seneng akan kepedulian kita pada lingkungan hehe

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRUST ISSUE? sehat nggak, sih?

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!

Day 8: Nivea Intensive Moisture, Solusi Tepat untuk Kulit Kering!