Day 11: Cara Menggunakan Panci Presto

Panci presto? Sebagai sobat yang jarang ke dapur kurang ngeh dengan istilah presto ini. Dibilang asing juga enggak sih. Setau saya presto yaaa kayak lebih instan gitu, lebih cepat dibandingkan cara manual lainnya. Tapi benarkah pemahaman saya? Ya Alhamdulillah bener, ternyata panci presto adalah panci yang sengaja diciptakan untuk memasak dengan lebih cepat daripada biasanya, umumnya memasak daging dengan tingkat ketebalan yang lebih tinggi. Kalau biasanya 3-4 jam nunggu empuk, nah ini 1-2 jam aja udah bisa. Praktis sekalii yey.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika menggunakan panci presto ini. Apa saja? Yuk kita simak!


1. Periksa keadaan panci. Jangan sampai ada kotoran yang menempel ya sister. Kalau tidak nanti tutupnya tidak tertutup rapat. Atau yaaa ada aja masalahnya pas kamu masak hehe. Untuk harga panci ini umumnya mahal sih, cuma terdapat berbagai range harga, kamu bisa pilih yang murah sampai mahal. Cuma ya disesuaikan lagi, kalau murahan juga agak takut pakainya, kan ini ibarat investasi untuk jangka waktu yang cukup lama, jadi kenapa enggak yang mahal sekalian, ya gak? Kamu bisa beli di marketplace online.

2. Berikan bumbu daging sebelum dimasak. Nah ini, supaya apa? Agar bumbunya meresap lebih merata. Banyak banget testimoni beredar kalau masak pakai presto biasanya beda rasanya sama masak biasa, yaaa tentu berbeda tapi tidak akan berbeda jauh ya, itu gimana kita mengakali biar bumbunya meresap sis.

3. Isi panci dengan air dan daging secukupnya, jangan terlalu banyak. Kasian pancinya kudu usaha lebih besar lagi buat bikin dagingnya empuk. Ini juga har urgent yang perlu kita ketahui bahkan sebelum memutuskan membeli panci presto hahaha.

4. Kecilkan api saat daging mulai mendidih. Gimana biar tau? Cek aja dari luar, kan biasanya tutupannya kaca, jadi pasti keliatan kalau daging sudah mendidih akan ada gelembung di sana.

5. Jangan buka tutup panci sampai semua uap keluar dengan sendirinya. Kalau kita buka secara paksa biasanya tekanan di dalam panci tiba-tiba rendah, hal ini sebaiknya dihindari ya agar rasa yang dihasilkan lebih mantap.


Tapi, menapa harus panci presto?
Pertama, waktu lebih efisien. Anda dapat mengerjakan berbagai hal lainnya selain menunggu daging empuk. Kedua, harganya memang lebih mahal tapi jauh lebih ekonomis untuk bahan bakar gas yang akan digunakan. Ketika mengukus makanan vitamin dan mineral tetap terjaga. Enggak perlu khawatir hehe. Dan sterilisasinya terjamin, maklum suhunya kan lebih panas hehe.

Disamping kelebihan tentu ada kelemahan. Diantaranya waktu yang digunakan untuk memakai panci presto ini kudu tepat waktu, kalau lewat sedikit sajaaa bisa-bisa makanannya akan kekurangan vitamin mineralnya. Atau bahkan bumbu daging belum meresap, jadi sebaiknya dibalurin bumbu dulu lalu di presto.


Sekian dulu ya. Semoga habis ini ada yang kirim panci presto ke rumah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih ke CASHLESS

TRUST ISSUE? sehat nggak, sih?

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!