Skip to main content

Makanan Sehat emang Mahal!

Day 10: Siapkan bekal berbuka.

Semenjak puasa mencoba mengganti konsumsi sehari-hari. Mulai dari makan gorengan berganti menjadi lebih banyak makan sayur dan buah-buahan 😂🥑🥦

Nyobain air nabeez juga, terus ngaruh banget emang. Berasa mau buang air terus 🤣🤣🤣 thank you #resepjsr

Tips biar enggak buang-buang makanan pas buka puasa:
- Beli yang emang mau di makan, jangan selera mata aja.
- Sesuaikan dgn stok makanan yg ada, jangan maksain 🤣
- Siapkan makanan min sejam sebelum berbuka, jangan pas mepet mau buka.
- Sisa makanan bisa dijadiin ecoenzyme atau kompos ya. Tapi emg kudu banyak belajar~

Buat hidup sehat mahal atau murah? Mahal emang. Makanan kudu dibersihin. Dibikin sendiri dengan penuh cinta, LOL. Pas beli gorengan, 2000 dapet 3 rasanya udah full dan begah banget tuh perut 🧐 tapi coba kita ganti sama alpukat, chia seeds, kurma, yaaa kalau dihitung-hitung lebih dari 2000 sih. Tapi manfaatnya? MashaAllah, semoga lebih bermanfaat daripada gorengan.

Awalnya bodo amat tentang pola makan. Sampai kena diagnosa kalau usus luka gara-gara suka makan pedes, makan air es, coklat whahahahaha dunia serasa kok gue jadi gak bisa makan enak 😢😭😭😭 sejak 2016 itu, mulailah milih-milih makanan sendiri. Beli sayur buah di rebus gitu aja huhu awalnya hambar. Gak enak bosen. Biasanya tangan kegatelan beli yang aneh-aneh. Ada makanan hits baru dikit pasti nyobain. Tapi emang gitu kalau usus udah luka mau gak mau kudu tahu diri.

Kalau cerita dulu makan ramen kuahnya pakai bon cabe banyak-banyak. Lah sekarang? Banyakin minum air putih dan ngurangin yang asem-asem. Kalau misalnya diri kita enggak peduli sama apa yang kita makan terus siapa lagi yang peduli? Dan baru sadar makin aneh-aneh yang dimakan ini, sesungguhnya diri ini makin zhalim sama diri sendiri. Ya Allah maapin 😭 karena apa yang kita konsumsi sebenarnya akan balik lagi di masa yang akan datang. Awalnya mungkin biasa aja, lama-lama baru kerasa penyakit tuh 😔

Murah dan mahal emang relatif. Tergantung apakah kita punya uang apa nggak lol. Cuma kalo emang mau hidup sehat, bersih, ya harus banyak dong usaha yang diberikan 👍 pilah-pilih makanan emang keliatannya gampang, tapi yaaa kalau dijalani ada aja godaan. Mulai dari fastfood, gofood yang berkeliaran di mana aja. Banyakin baca ta'awudz sama istighfarlah 🙈

Karena kalo kita enggak mulai dari diri sendiri dan sejak dini, mulai dari kapan lagiii, let's change! 👏👏👏

Comments

  1. Yes, ada banyak contoh temen atau tetangga yang gak bisa nahan nafsu makanan kekinian, jadinya dirawat karena asam lambung atau malah jadi kena hepatitis karena makanan yang tidak hygienic.

    Memang , apa yang kita makan akan membuat output kesehatan kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa, makin aneh yg dimakan, makin zalim sama diri sndiri :(

      Delete
  2. Klo aku biasanya berbuka sama sirup dan mie goreng udh lebih dri cukup kak 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk coba beralih ke yg lebih sehat bang hehehe

      Delete
  3. mungkin itu maksudnya minum air es ya..

    awak sedang berusaha FC
    tapi teuteup masih banyak cheatingnya...
    dah kena hipertensi awak dan minum obat seumur hidup.
    klo dah rutin minum obat ya harus banyak2 minum air putih biar gak digasaknya ginjal kita...
    tapi ya itu kadang suka lupa juga minum, atau males ngambilnya ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya minumnya kudu digantungkan dileher kak, memang minum aja males ya, kayak, ah nantilah terus gitu terus

      Delete
  4. Aku baru nyobain jsr dokter zaidul Akbar,
    Rendam jeruk Sunkist dan kurma,
    Dan enaaakkk,
    Pencernaan juga lancaar

    ReplyDelete
  5. Iyaaa.. aku tuh klo buka puasa cukup air putih, teh manis dan cemilan sedikit. Atau kalo nggak ada, aku langsung makan nasi + lauk, hehe..

    ReplyDelete
  6. pola makan yg sehat juga ngaruh banget sama kondisi wajah mbak. Saya pernah nguping obrolan mbak-mbak cantik di kantor dulu, obrolan mereka seputar makanan sehat terus... ya gak heran sih kalo wajahnya glowing bebas kerut, bebas jerawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mbak. Smoga bisa memulai belajar hidup sehat ehe

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kamu untuk membaca. Tolong jangan komentar dengan link aktif ya! :))

Popular Posts

Mengapa Harus Pilih MRT?

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!

Review CoHub Indonesia, Coworking Space di Medan