Day 1: Tips Buka Puasa Hemat ala Anak Kosan

Bismillah...
Postingan pertama ikut challenge #30HariKebaikanBPN yang diberikan oleh tim #bloggerperempuan dan #bloggersumut  [click for join]. Sebelumnya udah pernah sih ikut challenge begitu, cuma emang ada aja alasannya buat nggak nulis, yaaa kerja lah, sibuk meetinglah, kerjaan masih numpuk, deadline juga ada dimana-mana. Nah, semoga dengan adanya challenge di ramadan ini, membuat saya dan kita semua semakin suka dan rajin akan menulis 😛 Buat yang mau join challenge BPN bisa dengan cara klik disini yaaaa!





Dikarenakan temanya adalah buka puasa, bukber, dan ngabuburit. Saya rasa saya lebih memilih buka puasa. Kenapa? Soalnya kalau ngabuburit juga saya jarang ngabuburit, yang ada waktu ngabuburit dipakai untuk kerjaan haha. Dan soal bukber, begitu banyaknya bukber yang sering dikunjungi, bukber yang paling berkesan yaaa bukber sehabis sidang skripsi, dan itu momen sedih banget, karena bakalan meninggalkan bandung dan seisinya, cieilah. Jadi, saya jarang terkesima dengan bukber yang notabenenya pada ngobrolin kayak nanyain kerja dimana, gaji berapa, kapan nikah, kok makin kurus, yaaa enggak jauh dari body shamming, jadi saya agak males. Soon kayaknya seru nih ngbahas sebenarnya bukber yang baik itu gimana sih haha.

Oke, sesuai judulnya, sebagai mantan anak kos selama 5 tahun, manis asam asin pahit ketika bulan puasa sudah pernah saya rasakan ketika ngkos. Banyak banget hal yang saya pelajari terutama tentang kebiasaan hemat ketika di bulan ramadhan di kota orang. Nah, berikut ini tips hemat yang bisa kamu ikuti jika kamu memutuskan untuk berpuasa di kota orang lain. Check this out!


  1. Berbuka puasa di masjid. Pilihan ini adalah pilihan paling tepat selama kamu merantau dan emang diharuskan untuk berhemat. Selama bekerja di luar kota dan berpuasa, sering kali saya berbuka di masjid, tentunya tidak sendiri, bareng teman-teman sekantor lainnya. Kadang cuma modal botol air minum yang sudah diisi dari kosan atau kantor. LOL. Alasannya yaaa karena pengen sekalian aja berbuka sama sholat di masjid. Mau dibilang hemat banget juga enggak, kadang bawa buah-buahan dari kosan, atau sekadar beli minuman dingin yang dijejerin dipinggir jalan. Yaaa, karena pengen efisien aja waktunya, enggak perlu ke kosan langsung ke masjid tinggal buka dan sholat magrib, isya sampai tarawih, kalau udah di masjid 80% akan sholat sampai tarawih, kalau di kosan beda cerita wkwk. Sampai kosan tinggal mandi terus tidur hehehe. Masjid sendiri akan menerima sumbangan terima untuk pendonor sodaqoh, dsb. Bahkan di beberapa masjid dibuat undangan untuk warga sekitarnya mengirimkan makanan.
    KKN mengajarkan bukber di masjid~

  2. Mendaftarkan diri menjadi volunteer atau relawan. Nah, buat kamu yang suka ikut komunitas, beberapa komunitas biasanya mengadakan acara di bulan ramadan. Baik itu berbagi sahur gratis, atau takjil bahkan makanan berat untuk makan malam. Komunitas ini umumnya mengutip biaya untuk kemudian di sharing ke masyarakat yang tidak mampu (red: yang diberikan bantuan), serta sharing antar komunitas. Baik itu di panti asuhan, di pinggir jalan, masjid, atau di tempat lainnya. Selain kita dapat beramal kepada orang lain, makanan kita juga terjamin, Alhamdulillah.
    apapun minumannya, yang penting sama kalian

  3. Nebeng ke sanak saudara. Biasanya kalau kamu merantau, minimal ada lah ya saudara yang bisa kamu kunjungi. Boleh juga tuh, selain bisa mempererat tali silaturrahmi, lumayan dapat makan gratis hihi tapi jangan dilupakan, kamu juga harus bantu-bantu dong dirumah kamu, jangan taunya makan tidur aeeeee. Biar besok-besok saudara kamu juga betah dan seneng kalau kamu ada dirumahnya. Atau kalau lagi temen kosan lagi bagi-bagi rezeki kenapa ditolak? Misalnya doi lagi ultah terus beliin pizza buat sekontrakan kan Alhamdulillah banget ye wkwkwk
    x20x

  4. Kalau mentok sudah tidak bisa nebeng di mana-mana. Baiklah, mungkin ini waktunya untuk kamu mulai belajar masak. Selain hemat, bersih, dan tentunya sebagai bahan pembelajaran untuk calon ibu rumah tangga, kamu juga kudu dilatih memanfaatkan bahan dan barang yang ada, dengan budget yang terbatas hahahahaha untuk lebih hemat, kamu bisa bikin foodprep, biar semua bahan makanan yang kamu beli habis tak tersisa, siapkan saja bahan yang sering digunakan, seperti telur, bawang, cabai, dan lebih bagus kalau ada kulkasnya hehe bisa nebeng nugget/sosis (kalau terpaksa ini mah) atau sayu-mayur (wortel; kentang) dan buah-buahan lainnya biar awet.
    spaghetti ala-ala

    5. Di zaman serba modern ini enggak afdol kalau belum pesen makanan via abang ojol. Tapi cobalah dibulan puasa ini kita off dulu dari dunia pergo-fo*d-an, kita coba untuk menghindari memesan makanan ONLINE. Dikarenakan masa depan masih butuh banyak uang hahahahaha, bukan. Kalau perlu sekalian dihapus aplikasinya, biar lebih tahu diri untuk tidak berlaku konsumtif. Karena nyatanya, semenjak ada yang online-online itu, orang Indonesia nih makin suka jajan. Padahal belum tentu sehat, ditambah packaging makanan yang kadang berlebihan banget, pakai plastik, sedotan, piring, sendok & garpu serba plastik, sampai tisu segala macem. Iya kalau males ngolahnya ujungnya dibuang ke tong sampah. Tapi sebenarnya itu kan PR bagi kita sendiri buat hidup tanpa sampah, susah banget sih. Cuma usahain dulu dari hal kecil yaaa dengan mengurangi pemesanan online 😉 bisa kok kita bikin makanan dan minuman sendiri. Sekarang mau bikin apa aja di youtube ada caranya kan, tinggal beli bahannya aja. So, do you agree with me?
    pisang coklat ala ala
Untuk hemat seharusnya balik lagi ke diri sendiri sih ya! Gimana kita semua me-manage uang yang kita punya untuk tetap survive di kehidupan ini hehe. Tips di atas bisa dicoba kalau memang mau mencoba hahaha. Kalau kalian gimana caranya biar hemat di bulan puasa? 😏



SELAMAT MENCOBA! HAPPY FASTING ALL PEOPLE!




Komentar

  1. Tips nomor satu ampuh banget tuh! Wgwgwg.

    Btw, mampir balik yah^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa bisa dicobaa. Pas nggak ngkos jg boleh, pulang2 dpt makanan wkwk

      Hapus
  2. Pengalaman saya banget nih hampir 5 tahun ngekos, akhir bulan jadi nebeng sama temen bukber bareng (bukber maksa) klo duit udah menipis soalnya di kostan sndiri gak ada dapur wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaha maksa ya mbak jatuhnya. Syukur aja temennya nerima wkwk

      Hapus
  3. kalo saya jaman kuliah dulu paling sering masak rame-rame sama temen... hematnya berasa banget hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iyaaa boleh juga tuh mbak. Kalo jadwalnya pd bisa bareng mah enak ya hehehe

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRUST ISSUE? sehat nggak, sih?

Day 8: Nivea Intensive Moisture, Solusi Tepat untuk Kulit Kering!

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!