Day 16 Sedekah Tidak Akan Mengurangi Harta

CATATAN DARI: RUMAYSHO.COM

Pernah dengar kisah ada seorang yang sudah wafat kemudian ada satu permintaan dan pesannya kepada manusia? Ya, dia berpesan agar manusia bersedekah. Kenapa? Ketika berpulang ke rahmatullah, sedekah adalah aman yang sering kita sepelekan namun memberikan dampak ketika dihisab nanti. Dari Asma binti Abi Bakr, rasullah bersabda padaku,"Janganlah engkau menyimpan harta (tanpa menyedekahkannya). Jika tidak, maka Allah akan menahan rizki untukmu".

zakat.or.id

Kalau dilihat dari sisi jumlah, harta mungkin akan berkurang. Namun, jika kita tinjau dari hakikat dan keberkahannya, justru malah bertambah. Boleh jadi kita bersedekah dengan 10 riyal, lalu Allah beri ganti 100 riyal. Sebagaimana firman Allah dalam surah Saba' ayat 39 yang artinya, "Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya. Bahkan Allah akan mengganti bagi kalian sedekah tersebut di dunia maupun di akhirat.

Tidak lupa juga perhatikanlah syarat nishab dan haul setiap harta yang berhak kita zakati, baik itu dari apa yang kita simpan, apa yang dihasilkan seperti hasil panen, dsb. Dan yang terpenting tetapkan niat sedekah ikhlas karena Allah, tidak untuk kenikmatan dunia semata.

The power of sedekah ini juga tidak perlu ditanyakan lagi. Banyak sekali kejadian sehari-hari yang membawa kita bahwa memang ada Rahmat Allah dimana-mana, termasuk dalam keadaan sulit sekalipun. Apapun kebaikan yang kita peroleh adalah hasil dai kebaikan sebelumnya yang pernah kita kerjakan. Sekadar tersenyum saja sudah bersedekah, apalagi mengambil duri di tengah jalan, masyaAllah.

Pengalaman paling mengharukan tentang sedekah saya baca dari postingan ust Zaidul Akbar, tentang bagaimana seorang perempuan terkena penyakit kanker dan berusaha sekuat tenaga untuk tetap hidup dengan bersemangat. Setelah divonis terkena kanker, ia tidak pantang menyerah. Ia tidak mau berlarut dalam keadaan sedih, ia bangkit dan karena hobi masak, kebetulan keluarganya punya rumah makan, ia mengabdikan dirinya untuk bekerja sepenuh hati di rumah makan tersebut. Tentunya dengan mengembangkan resep sehat ala rasulullah. Alhamdulillah qadarullah dengan semangatnya tadi, ia bahkan lupa punya penyakit, ia dermawan dan menyedekahkan ilmu masaknya kepada rumah makan tersebut. Beberapa tahun kemudian beliau periksa lagi, sudah tidak ada lagi ditemukan kankernya.

Dalam hidup kita hanya perlu pelarian kadang, tetapi pelarian yang baik ya, yang bisa memberikan manfaat bagi orang banyak. InsyaAllah ada jalan. Banyak yang suka bingung dan menunda sedekah hanya karena uangnya untuk besokpun dia belum yakin masih ada atau tidak. Tapi cobalah dengan hal kecil, melebihkan ongkos gojek, tidak marah-marah, menolong orang lain, menegur dengan sopan, dsb. Bahkan nih yang terbaru untuk poin gojek bisa ditukar dengan memberikan bantuan ke sekolah di pedalaman yang membutuhkan bantuan. Kamu bisa cek di gojek langsung ya! Atau ada di highlight saya di instagram hehe. Barakallahufikum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih ke CASHLESS

TRUST ISSUE? sehat nggak, sih?

Anak itu Titipan