Day 19 Tips Menjalankan Puasa

Amalan saat puasa? Banyak ya. Kebaikan dilipatgandakan, begitu juga dengan kejahatan yang kita lakukan.

Hati mukmin sejati adalah hati yang lapang, penuh kelembutan, penuh kasih sayang. Namun, jika hati dah semakin terasa berat, ada yang salah langsung kesel dan tidak mau memaafkan. Coba, mushaf Alqurannya dibuka lagi, dikaji lagi. Insya Allah. Bagi yang sedang sakit juga, niatkan semuanya karena Allah. Bismillah, ya Allah, Alquran sebagai asy-syifa obat segala obat. Kuatkan hamba, istiqomahkan hamba menuju Ridho-Mu. Insya Allah kalau dirutinkan bermanfaat.

Kalau lagi santai atau enggak santai tetaplah membaca dzikir, yang mudah-mudah saja. Istighfar, dielus-eluskan yang bagian tubuh yang sakit. Alhamdulillah, saya sudah mengamalkannya. Dan memang kuasa Allah benar adanya. Yang awalnya panik banget telinga sakit gitu diobatin aja pakai nama-nama Allah, Alhamdulillah.

Berikut ini tips yang bisa kamu ikutin ketika menjalankan puasa, apa aja?
Pertama, buat plan ibadah. Sebagai orang yang kalau ngerjain sesuatu kudu di plan, plan ibadah ini emang kudu dibuat. Tracker buat ibadah yang dijalankan selama 30 hari. Kenapa? Kalau enggak gitu, yaaa alhamdulillah kalau ingat, kalau enggak? Ya banyakan lupanya sister hehe. Gimana? Kebetulan saya ngikutin apa yang dicontohkan sama mbak byputy bisa ditambahin juga modifnya ya. Nah gimana tuh modelnya? Ini contoh dari mbak putynyaaa~

byputy

Atur waktu untuk beribadah, kapan kerja, kapan masak. 



Kapan fokus beribadah no media sosial heuheu sungguh sulit sekali, apalagi ketika menghadapi idul fitri hmmm semua kudu kejar target. Berat bangeeeet, tapi ya semua kudu dikerjakan. Sebagai manusia butuh uang, tapi mental juga kudu dilatih dengan amal ibadah. Kebayang masih single dikejar-kejar deadline begini udah ripuh, konon berkeluarga? Ya Allah T,T

Apapun itu memang kudu istiqomah, konsistensi. Termasuk ibadah. Kalau enggak dirutinkan berat. Ibarat pepatah, alah bisa karena biasa~ jadi emang kudu sering-sering. Biasa 11 rakaat tiba-tiba 23 rakaat jadi shock, kadang badan mendadak pegel-pegel. Tapi yaaa kudu dilatih sejak awal, enggak pas diakhir baru mau nyobain ibadah lebih hehe.

istiqomah

Cari lingkungan yang baik. Ini memang hal yang sangat dibutuhkan demi melancarkan ibadah kita. Kebayang berada di keluarga yang enggak ngerti agama, semua pada main game, kita lagi maksain untuk baca Alquran. Awalnya sulit sekali mungkin, terlebih jika kita ikut mengajak mereka untuk beribadah bareng kita. Jika merasa berat, mungkin bisa mencari lingkungan lain yang mendukung, misalnya mengikuti kajian di masjid ini, atau mengikuti iktikaf. Dengan catatan harus dengan izin orang tua ya.

Dan terakhir, paksa diri untuk berbuat baik. Tidur sehabis subuh memang tidak baik, tapi yaaa namanya ngantuk, apalagi ngejar tahajud di malam harinya? Huaaaa. Gitu juga dengan menjaga lisan. Biasanya kalalu ngomong suka enggak mikir, nyeplos aja, pas ramadan ini cobalah untuk menjaga lisan. Barakallahufikum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih ke CASHLESS

TRUST ISSUE? sehat nggak, sih?

Anak itu Titipan