Anak Kecil Puasa, Emang Bisa?

Kayaknya ini lebih cocok kalau ditulis sama emak-emak deh, gimana caranya mengajarkan anak kecil untuk berpuasa. Saya lupa beneran lupa sejak umur berapa mulai berpuasa, dan bagaimana melatihnya. Mungkin karena saya anak pertama dan cenderung enggak neko-neko ya, diajak ke mana aja ayo, disuruh puasa juga ayo, mungkin dalam hati pengen buka, tapi sabar aja, pasti ada balasannya, mungkin begitu ketika saya kecil hahaha.

cu amat (ketika KKN)

Dikarenakan belum punya anak dan tidak pernah mengajak anak kecil berpuasa, saya cuma bisa memberikan tips agar seorang anak yang berpuasa tetap bersemangat menjalani puasanya. Bismillah.

Pertama kali kamu perlu memberi tahu apa esensi puasa yang sebenarnya. Mengapa kita harus berpuasa. Apakah cuma menahankan lapar dan haus atau emosi juga perlu dijaga? Banyak hal sepele yang sebenarnya kita juga sulit melaksanakannya. Mengurangi marah-marah 😟 huaaa kadang ada yang salah dikit langsung ngomel, dasar emak-emak. Jadi, marilah kita latih diri kita untuk lebih bersabar.

Kedua, mengajarkan anak untuk makan secukupnya, tidak sedikit dan tidak banyak. Karena kalau banyak, bisa-bisa begah dan sulit untuk bergerak. Dan jangan lupa siapkan makanan yang berserat tinggi ya sister. Yang penting 4 sehat 5 sempurna, buah, sayur, dan air putih harus dikonsumsi lebih banyak.

makan secukupnya ya, jangan ikuti selera

Mengurangi bermain? Bisa tidak, ya? Tentu bisa. Jangan terlalu banyak bermain seperti hari biasanya. Karena kalau sudah bermain, lama, dan panas-panasan, dikhawatirkan ujungnya anak akan minta buka puasa duluan, jadi sebagai orang tua kudu dikontrol juga tingkah laku anaknya wkwk.

Kalau tidak bermain, terus anak ngapain? Coba ajak melaksanakan kebaikan bersama. Seperti tadarus bersama, murajaah, membaca kisah Nabi dan Rasul, atau menonton hal-hal yang memberikan manfaat, berbagi bukaan untuk tetangga, atau sekadar menghafalkan doa bersama juga bisa dicoba yaaa sepertinya.

tadarus. from goriau

Berikan reward ketika anak sudah melaksanakan puasa. Dari kecil saya dididik ya biasa aja gitu, enggak direndahkan karena nilai jelek, atau disanjung-sanjung karena nilai bagus. Walau banyak keluarga yang heboh dan ngata-ngatain dibelakang. Ketahuilah moms seorang anak juga butuh dipuji, paling enggak bilang terima kasih sudah bertahan dan kuat menjalani puasa hari ini. Uhuy.



Bagi moms diluar sana tolong ajarkan saya yang masih bocah ini wkwkwk atau dikasi masukan apa gitu deh kalau ada yang tidak sesuai~ hatur nuhun


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih ke CASHLESS

TRUST ISSUE? sehat nggak, sih?

Anak itu Titipan