Baju Lebaran, Penting Enggak Sih?



Sebenarnya penting enggak sih punya baju lebaran? Coba, baca postingan saya tentang THR with ZEROWASTE dan lebih baik sekalian nonton ini Fast Fashion

Baju lebaran adalah baju yang dipakai dalam rangka menyambut hari lebaran. Sebenarnya tidak terpaku harus baju sih, hal ini terdiri dari pakaian, atasan, bawahan, kerudung, mukena, sepatu, dan accessories lainnya. Bayangkan saja jika setiap rumah terdiri dari 5 orang, setiap orang memiliki baju baru, hitunglah hanya atasannya saja, sudah berjumlah 5, dikalikan dengan orang lain di sebuah komplek perumahan, anggap saja ada 30 keluarga. Sudah 150 atasan. Dan hitung jika semua umat Islam membeli baju baru? Misalkan saja ada 3,5jt orang di Indonesia, yaaa kebayang kan 3,5jt atasan, belum celananya, roknya, sepatunya. Terus barang lamanya dikemanakan?


Zara and H&M back in-store recycling to tackle throwaway culture

Atau kamu suka bingung dengan keadaan baju yang...

  • Baju yang ukurannya sudah tidak pas/ nyaman
  • Baju yang hanya kamu gunakan 1x saja dan tidak kamu gunakan lagi dengan beberapa alasan dalam waktu yang lama
  • Baju duplikasi dengan baju lainnya
  • Baju yang kamu sesalkan saat membelinya (biasanya online nih, dan tidak bisa dituker atau refund)
Bagaimana cara menyiasatinya? Coba follow @tukarbaju_ Setelah follow dan getol banget bacain postingannya dari @tukarbaju_, saya DM akunnya, pengen banget ngadain acara berbau lingkungan ini di kota Medan. Kenapa? Pemahaman tentang lingkungan emang masih rendah banget. Terbukti dilingkungan rumah sendiri bakar sampah itu hal yang biasa banget, padahal kalau dilihat akibatnya? Udara tercemar, memancing adanya api yang menyambar. Buktinya aja ada lahan parkir luas diisi mobil, lalu ada yang bakar sampah dekat mobil itu, setelah membakar sampah, ditinggal lah itu kobaran api oleh pemiliknya. Innalillahinya apinya menjalar ke mobil-mobil. Kalau begini siapa yang tanggung jawab? Sekali dua kali, oke lah. Kalau sudah berulang kali akan dibiarkan begitu saja? baca beritanya di: Kebakaran di Cipinang Besar Utara dipicu Bakar Sampah 6 Mobil Hangus

Untuk menunggu pemerintah memang akan lama sekali. Saya juga bingung ini pemerintah yang di daerah saya kok kayak gitu-gitu aja ya hehe. Oke skip daripada kita bahas politik kan ye. Balik lagi ke tukarbaju_. Setelah DM, direply tuh, wah alhamdulillah. Balesannya begini...




Nah, adakah diantara kita yang tergerak hatinya? Kalau ada yuk sama-sama. Daripada beli baju lebaran kan, mahal, mending bareng-bareng ngurangin sampah untuk bumi kita lewat tukarbaju_. Komen di bawah ya! Karena baru tidak harus membeli. Yang lama juga masih pada bagus-bagus kan hehe.




Kenyataan tentang Fashion Waste from @adkprpt:

  • Rata-rata orang hanya memakai 1 item selama kurang dari 5x.
  • Tiap orang rata-rata membuang 37 kg pakaian per tahun. Diperkirakan ada 92 juta ton sampah pakaian per tahun dari industri fashion.
  • Totalnya sudah ada 50.000 ton pewarna kain yang dibuang ke kali sungai tanpa pengolahan.
  • Secara global, industri fashion menyumbang emisi CO2 sebesar 1,2 Milyar ton atau 10% dari total emisi CO2 seluruh dunia. Hal itu setara dengan emisi 300 pembangkit listrik batu bara selama setahun.
  • Butuh 70 juta barel minyak per tahun untuk bikin semua pakaian berbahan polyester di dunia. Padahal polyester terurai setelah 200 tahun, ya Allah.
  • Untuk produksi pakaian butuh banyak air kan? Bahkan 1 buah jeans membutuhkan 20.000L air dalam proses pembuatannya.
  • Secara total, industri garmen sudah menggunakan 79 Milyar meter kubik air. Sehingga industri ini dinyatakan sebagai 10 besar kategori industri yang melakukan pencemaran air.

Solusi untuk pakaian yang disimpan namun tidak dipakai lagi:
Pertama, tanyakan ke orang terdekat, seperti kakak, abang, adik adakah diantara mereka yang ingin memakai baju tersebut.

Kedua, kamu bisa sumbangin pakaian kamu ke panti asuhan, noted ya yang ini memang harus yang membutuhkan, karena kalau tidak tentu akan sia-sia. Atau bisa didonasikan ke organisasi yang peduli akan pakaian, kayak @thestreetstoreindonesia, @salur.preloved, dan @sadarisedari. Kesehariannya mereka membagikan tentang fakta bagaimana fashion ini menjadi penyumbang sampah terbanyak juga di dunia.

Atau bikin acara CFD di kota dan ikut ke acra @irresistible.bazaar buat jual-beli barang preloved kita. Lumayan kan nambah pemasukan. Bisa online juga loh!

Atau tadi nih, bisa tukaran baju sama orang lain. Tentu bajunya juga harus dikurasi dulu ya hehe tidak semua baju bisa lolos. Kamu hanya perlu bawa pakaian bekas dan menukarnya dengan orang lain.

Terakhir, kamu bisa daur ulang pakaian kamu dengan sesuatu yang berguna. Cek ig nya di @beyourselfwoman dan @sarahtyau

Dan kalau memang terpaksa membeli baju baru, cobalah beli yang emang bahannya ramah lingkungan. Kalau saya sendiri emang enggak beli? Kebetulan saya masih bisa menggunakan yang lama, masih banyak yang lebih penting dari sekadar baju lebaran ehe.

Sebelum membeli coba cek postingan ini, biar kita enggak melulu beli baju baruuu heu 😉



Tambahan dari ust Zaidul Akbar:
Allah enggak perlu baju barumu
Allah enggak perlu hp barumu
Allah enggak perlu kendaraan barumu
Allah enggak perlu rumah barumu
Allah enggak perlu pagar barumu
Allah enggak perlu sepatu sendal barumu
yang dia mau engkau punya hati yang baru,
hati yang lebih baik, hati yang mudah bergetar ketika namaNya disebut,
hati yang membuat air mata lebih mudah menetes saat melihat, membaca, mendengar tanda-tanda kekuasaanNya.

Allah tidak melihat fisik, rupa, tapi Allah melihat hatimu...
Dan Ramadan adalah bulan membersihkan, mengkilapkan, dan menjernihkan hati...



Semoga di ramadan kali ini hidup kita menjadi lebih tenang, tidak perlu saling sikut, semua sudah ada ceritanya. Menjadi yang terbaik yang selalu melakukan kebaikan. Jadi, masih mau beli baju baru? Enggak kasian sama bumi tercinta ini? SALAM SEMANGAT! 👍

Komentar

  1. Di medan kalo ada juga acara tukerbaju, mau ikut ya sa...

    Jangan lupa infooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoklah kak abis lebaran kita buat sama blogsum yok wkwkwk mayan buat ibu2 juga enggak perlu beli baru kan, kalo ada yg preloved tp masih baguuus

      Hapus
  2. Kami biasanya memang disumbangin baju2 yang udah gak cukup lagi..

    Baju abang diwariskan ke adek, hingga adek terkecil. Habis tu bulukan lah baju di level itu.
    Taklah pulak baju jelek disumbangin ya kan..

    Diolah lagi jadi kenlap sampe hancur2 sendiri..

    Mengenai bakar sampah, haizz tetangga awak tu klo bakar sampah ga liat waktu. Di pagi hari udara lagi fresh2nya, bakar sampah lah dia..
    Awak cuma bisa bedoa, semoga bapak itu segera dapat hidayah, Aamiinn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, kalo adiknya ada mah enak ya, kalau enggak ke sodara2 yg lain hehe. iyaaa sampe jadi kenlap :)))

      huhuhu bakar sampah ini emang harus jadi perhatian khusus sih.

      Hapus
  3. Saya jarang beli baju juga kak. Biasa kalo udah rusak bgt baru beli. Tapi kalo ada event2 kek @tukarbaju atau garagesale atau sumbang baju boleh lah. Biasa juga baju2 lama d sumbangin ke sodara yg lain yg lebih kecil. Sama yg d kampung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bang. biasanya dirumah jg gitu hehe disumbangkan ke keluarga dulu, kalo masih sayang di preloved wkwkkwk

      Hapus
  4. Kak. Bagus sekali postingannya. Saya jadi banyak tau ttg info persoalan baju-baju :'). Harus di budayakan juga sprtinya supaya kita gak terus2an beli baju tiap bulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali kak, saya juga masih proses belajar hihi reminder bgt biar nggak konsumtif hehe

      Hapus
  5. Aku termasuk orang yang jarang beli baju baru. Karena kalo udah suka ama 1 baju, ya bakal pake baju itu terus sampe warnanya pun jadi pudar, wkwk.. Tapi memang ada momen yang mengharuskan beli/buat baju baru, biasanya waktu harus seragaman ama keluarga untuk pesta. Bakal cuma sekali aku pake baju itu. Selanjutnya??? Aku sumbangin ke orang-orang yang membutuhkan.
    Boleh tu kita buat akun utk jual baju2 kita yg masih bagus ya kak.. Aku ikut kalo ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iyaaa kebayang yaaa berapa banyak baju seragaman gitu, kalau tiap orang gitu berapa lagi sampah di bumi ni heuuuu, iya kaaaak ntr aja blogsum ya wkwkwk

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengen Liburan Bebas Cemas? Tokio Marine Aja!

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih ke CASHLESS

TRUST ISSUE? sehat nggak, sih?