Day 4 Resep Soto Ayam

Soto adalah makanan dengan rasa yang gurih tapi kalau banyak hati-hati kolesterol. Biasanya soto ini disajikan dengan daging sapi, ayam, kambing. Nah opsi mudahnya yaaa dengan ayam saja ya. Karena pengolahan yang lain tentu lebih sulit. Untuk penyajian lebih mantap emang disajikan ketika masih hangat, asapnya masih ngepul terbang di awan.

Sejak kecil saya sering dicekokin soto, cuma ya enggak tau namanya soto apaan. Sampai pas kuliah terkejut melihat soto bening bandung yang masyaAllah bening banget, maklum biasa di Medan makanannya lemak kurang lemak, nyampai sana masih agak gak percaya dengan soto yang ada. Rasanya? Mungkin karena biasa lemak gitu jadi ya rasanya biasa aja hehe. Kecuali kalau soto medan yang pakai santan itu, loh.

Soto sinar pagi merupakan soto yang enak menurut saya di kota Medan. Selain emang beneran enak, mereka masak dan penyajiannya bersih. Walaupun agak lama sih makanannya datang ke meja kita, tapi so far worth to wait lah. Untuk harga kamu bisa googling hehe toh dagingnya juga banyak. Biasanya soto dijadikan sarapan kalau di rumah makan ini. Bahkan kalau weekend jam 11-an sotonya biasanya sudah habis diburu pengunjung.

begini kira-kira penampakannya

Sebagai anak yang males masak ribet-ribet, soto ayam merupakan salah satu yang sulit menurut saya, karena yaaa ribet pakai santan gitu. Kalau mau gampang ya rebus sama tumis orak-arik aja mbak. Pffft. Baiklah sebagai pecinta cookpad, berikut ini ada tips masak soto yang lumayan lengkap menurut saya. Bahannya apa aja? Nih bahan-bahannya:

1 ekor ayam
1 lembar daun salam
1 batang serai yang sudah digeprek
1 buah jeruk nipis
1 buah tomat yang sudah dipotong
2 batang daun bawang yang sudah dipotong
1/2 sendok teh bubuk ketumbar
1/2 sendok teh bubuk merica
1 bungkus santan
garam
gula
air matang
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
jahe
kemiri


Tuh kan dari bahannya aja udah banyak banget wkwkkwkwk, tapi enggak boleh males. LOL. Caranya bagaimana?

Pertama, tumiskan bumbu halus hingga harus kemudian masukkan daun salam dan serai yaaaa.
Selanjutnya masukkan air secukupnya, garam, merica, ketumbar, gula, dan perasan jeruk nipis seperlunya saja. Aduk sampai mendidih.
Kemudian masukkan ayam dan tunggu hingga ayam menjadi empuk lalu masukkan santan. Aduk terus sampai mengental.
Llau campurkan tomat, daun bawang, sampai teraduk rata.
Jika ayamnya sudah empuk, matikan kompor dan soto siap disajikan~

wow mantab. foto from merdeka.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengen Liburan Bebas Cemas? Tokio Marine Aja!

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih ke CASHLESS

TRUST ISSUE? sehat nggak, sih?