Day 5: Mudahnya Membuat Cilok!

CILOK

pict from jajanbakso

Awal mengenal cilok sejelas ketika kuliah di Bandung. Maklumlah selama tinggal di Medan sama sekali enggak pernah dengar apalagi liat hehe. Cilok adalah sebuah makanan yang berasal dari aci atau tepung, yang dibentuk bulat-bulat lalu digoreng dan disandingkan dengan bumbu kacang atau dengan bumbu yang mudah dapat dijumpai di manapun.

Selain cilok, banyak jenis aci lainnya. Mulai dari cilok, cireng, basreng, dan lain sebagainya~ notes yaaa, kalian makan makanan begini cukup sekali-kali aja. Jangan sampai tiap hari. Cukuplah ketika kuliah saya jajan ini mulu. Tau-tau kena masalah di lambung, gara-gara makanannya kotor, LOL.

Nah, untuk mengurangi makanan kotor yang banyak dijual diluar sana. Minimalisirlah dengan kita masak sendiri, yey. Karena proses pemilihan bahan dan pembuatannya juga kita tahu sendiri bagaimana kita buat sesehat mungkin. Insya Allah lebih aman hehe.



Bahannya apa aja? Kamu tentu bisa bikin di rumah dengan bahan seadanya. Yaaa karena bukan untuk dijual kan hehe, kalau mau dijual juga gapapa sih.

  • 250g tepung kanji
  • 250g tepung terigu
  • 4 siung bawang putih
  • 4 batang daun bawang
  • 1/2 sdt merica
  • 1/2 sdt garam

Bagaimana caranya? Saya pakai resep dari merdeka.com bisa klik di sini ya guys! 
  1. Campurkan semua bahan mulai dari tepung kanji, tepung terigu, bawang putih, daun bawang, merica, dan garam. Aduk terus sampai menggumpal dan mudah untuk dibentuk. Jangan lupa periksa rasa ya. Karena selera tidak perlu diperdebatkan.
  2. Bentuk bulat-bulat adonan yang sudah selesai.
  3. Rebus air hingga mendidih lalu masukkan cilok ke dalam air. Tunggu hingga mengapung. Tiriskan.
  4. Cilok siap dihidangkan~

Alhamdulillah belum nyobain buat kuah kacangnya, apakah sama dengan bumbu pecal atau tahu goreng? LOL. Kalau kamu udah pernah bikin, komen di bawah yaaa hehehe.


Kemarin langsung beli bumbu yang siap jadi di toko kue. Ada berbagai rasa, mulai dari bumbu rasa balado, asin, manis. Kamu bisa beli dengan ukuran 1/4 juga bisaaaa. Harganya berkisar 8rb-an. Murah banget, jadi kalau sering-sering enggak boleh juga yaaa. BAHAYA. Maklum kalau sesuatu kalau sudah kebanyakan jadi nggak baik hehe. Sekian ya. Selamat Mencoba! 😤



Komentar

  1. Di rumah sering bikin cilok daging sama cireng. Makanan kalau bikin sendiri emang paling top markotop mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kudu berguru sm mbak nih kalau cireng blm prnh bikin ehe

      Hapus
  2. Aku pernah bikin tapi belom pernah berhasil huhuhu

    btw kita belum pernah makan cilok bareng yaaa selama di bdg kkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blm ya? Hahahaha maklumlah kan kita kelasnya beda wkwk

      Hapus
  3. Aku juga penggemar cilok dan saudara-saudaranya karena dulu kuliah di Ciputat hahahaha,
    tapi malas buat, sekarang kalau kangen makan di warung upnormal 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohiya ya skrg udh ada uprnomal di medan tp jauh dr rumah hiks

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengen Liburan Bebas Cemas? Tokio Marine Aja!

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih ke CASHLESS

TRUST ISSUE? sehat nggak, sih?