Day 6: 5 Tips Biar Enggak Kalap saat Belanja Online

Di bulan puasa ini promo belanja pasti menjamur disana-sini. Apalagi menjelang lebaran. Mulai dari toko, mall, sampai ke e-commerce ikutan bikin program habis-habisan buat menjual barang dagangan mereka. Termasuk nih lazad*, tokp*d, shop*e, dsb yang banyak banget T-T awas, jangan kalap! Ademin dulu kuy~

Sebagai orang yang pernah kalap menghadapi diskon-diskon. Saya merasa menyesal sekarang pernah sekonsumtif itu. Tau gitu kan mending uangnya di sedekahkan ya. Memang, penyesalan selalu di akhir. Tapi ini bukan berarti saya segitu gilanya kalau ada diskon, ya liat dan milih-milih juga sih, dan enggak lupa ngajak temen, ehe. Blog kali ini in general aja ya, biasanya kan belanja identik dengan pakaian, jadi sering kali saya mencontohkannya dengan pakaian.

Bagaimana menyiasati diskon yang besar-besaran dan terdengar menggiurkan? Apakah pernah kita hitung ulang harganya? Atau emang dibandingkan toko sebelah barangnya lebih murah dan bagus? Berikut ini 5 tips biar kamu enggak kalap saat belanja online. Check this out!

Pertama, the power of bucket list. 




Sebelum belanja pastikan kamu udah nglist dari jauh-jauh hari kebutuhan dan keinginan kamu apa aja. Ya manusia, hidup enggak tentang sandang aja kan? Kita juga harus memikirkan besok makan apa, minggu depan masih ada uang atau kagak wkwkwk. Jadi, ketiganya juga harus seimbang, jangan sampai tumpang tindih. Kalau dari awal sudah tumpang tindih, maka kedepannya pasti ada masa dimana kamu keteteran menghadapi keuangan kamu berikutnya. Ketika buat list, kamu bikin tabel apakah memang kebutuhan mendesak, kebutuhan bisa di skip, atau sekadar angan-angan belaka. Kadang nih kita rela beli sesuatu cuma karena lucu, atau yang punya artis, atau alasan klasik yang sebenarnya enggak penting sama sekali. Coba, di kaji ulang lagi yaaa sister 😄

Kedua, jangan mudah terpengaruh dengan kata DISKON, BELI 2 GRATIS 1, BELI SEKARANG BAYAR KEMUDIAN, BELI 1JT BAYAR 1/2 NYA. 



Yaaa namanya jualan sister tentu harus punya taktik marketing tersendiri yaaaa. Masa adem ayem aja yaaa kan ntar konsumennya pada kabur. Semakin kita mudah tergiur akan sesuatu, maka sesungguhnya semakin konsumtiflah tingkah kita itu hahahahaha padahal Allah enggak suka dengan hambanya yang berlebih-lebihan. Makan aja sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang kan? Tapi kalau kamu ingin beli barang promo lalu disedekahkan yaaa itu beda case lagi yaa hehe. Semoga kita termasuk orang yang bersyukur. Cek juga di toko sebelah ya hehe.

Ketiga, yang penting itu hati yang baru dan bersih. Enggak ada itu anjuran buat harus beli baju baru, gadget baru, apalagi rumah baru T,T. 


hati untukmu
Jadi, sebenarnya itu hanya akal-akalan kita aja yang bikin pemahaman lebaran = beli baju baru. Padahal ya, produksi pakaian semakin nambah, pemanfaatannya semakin berkurang. Lah, gimana dong sama limbahnya? Tentu jadi masalah juga di Indonesia. Besar hati saya kalau teman-teman sekalian peduli akan lingkungan dan kegunaan pakaian yang harusnya tahan lama. Kalau sudah tidak muat, tidak selera, sebelum membeli yang baru, banyak langkah lain yang bisa dipilih padahal. Selengkapnya kamu bisa cek di instagram tukarbaju_ ya!

Keempat, pastikan kualitas barang yang dibeli adalah kualitas bagus. 



Tidak untuk sekali pakai. Atau alasan yang, "duh ini limited edition, beli aja deh"; "yang punya influencer favorit aku, jadi aku merasa butuh". Nah, alasan begini yang harus dihapuskan ketika membeli sebuah barang. Analisis lagi kenapa harus membeli, cek dan ricek kualitasnya. Kalau perlu sebelum membeli dianalisis pakai SWOT, kecuali kalau emang punya uang sebanyak Ronaldo hahahaha beberapa orang ada yang memilih untuk rela mengeluarkan banyak uang demi sebuah barang, alasannya investasi. Ya tidak masalah asalkan tidak hutang, dan yang penting zakat 2,5%nya. Dan selama ketika dhisab kita mampu memberikan alasannya ya gapapa.

Kelima dan terakhir. Setelah membuat list, buat budget dari masing-masing barang yang akan dibeli.




Jangan sampai enggak jadi mudik perkara beli iphoneX. Apalagi kalau sudah berkeluarga, perlu biaya banyak banget menjelang lebaran ini. Dan untuk kamu yang mau mudik, ada kabar baik nih! Ada voucher 150rb untuk kamu yang mudik via Citilink! Vouchernya berlaku sampai 30 Juni 2019 ini, jadi sayang banget kalau enggak terpakai. Atau bisa di change sama hotel, dengan min pemesanan 800rb ya! 



Feel free to ask me. Tapi follow dulu instagram ekeu, dan tulis alasan kamu kenapa kamu berhak mendapatkan voucher tersebut. Just click 👉 @elsahlbs hehe. 




THANK YOU
JANGAN KALAP YAAA BELANJA NYAAA ~~~






NOTES:
keteteran (bahasa medan) : terseok-seok melakukan sesuatu

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRUST ISSUE? sehat nggak, sih?

Anak itu Titipan

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!