5 Tips Belajar untuk Introvert! (Ruangguru 2)

Bismillah.
Menurut Wikipedia, pengelompokan introvert dan ekstrovert dicetuskan oleh Carl Jung (1920), dalam bukunya yang berjudul Psychologische Typen. Ekstrovert artinya seseorang yang mendapatkan gairah melalui interaksi sosial, dengan kepribadian yang terbuka, senang bergaul serta peduli kepada lingkungan sekitar mereka. Sedangkan introvert justru sebaliknya. Mereka cenderung sebagai seorang yang pendiam, dan lebih nyaman jika dalam keadaan sendiri. Sedangkan ambivert merupakan perpaduan antara keduanya. Ketiga kepribadian ini berbeda dalam hal mengambil keputusan, interaksi sosial, respon terhadap manusia, dan komunikasi verbal non-verbal serta respon sosial lainnya. Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Ekstraversi_dan_introversi

Saya tidak dapat memutuskan apakah saya seorang introvert atau bukan. Namun, ketika mengikuti tes di MBTI, dari 16 karakter yang ada. Saya termasuk ke dalam ISTJ. Kamu bisa mencari tahu juga termasuk ke dalam golongan apa. Gratis! Klik saja link ini yaa! Tes MBTI Gratis! 



  
Dan yaaa menurut teman-teman saya juga saya cenderung masuk ke dalam golongan introvert ini. Namun, sebagai seorang introvert ataupun lainnya, kita semua berhak mendapatkan pendidikan yang layak, right? Sesuai dengan UUD 1945 No 31 ayat 1, "Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan...". 

Menjadi orang introvert memang mudah-mudah sulit. Di satu sisi ingin sendiri, tapi ya namanya sekelas dengan orang lain tentu harus ramai, bukan? Berikut ini tips yang pernah saya lakukan sebagai seorang introvert ketika ingin fokus belajar. Check this out ya!

1. Alone time take. 

Cari timing yang pas buat belajar. Biasanya saya akan belajar di kala semangat masih membara. Yaa bisa sebelum subuh, kadang kalau niat banget bangun jam 2 pagi demi membahas soal, huaaa. Pastikan suasana hati kamu memang lagi mood untuk belajar. Ingat, belajar itu harus dari hati ya, jangan karena orang lain bahkan belajar karena terpaksa. Saya biasanya mencari suasana hening, tidak berisik. Bisa di kamar, cafe, bahkan di pojokan kelas, demi menyendiri dan fokus akan materi pelajaran. Namun, bukan berarti kita jadi bodo amat dengan lingkungan sekitar ya, tidak, kita harus tetap peka.


2. Bergabung dengan komunitas. 

Sebuah pertunjukan musik dari tanah Melayu, Riau.
Sulit sekali memang masuk ke dunia baru bersama lingkungan dan teman baru. Perasaan di awal pasti mengganjal, ada rasa malu, segan, menunggu di sapa lalu menyapa balik. Tapi, dengan kita bergabung ke komunitas umumnya apa yang hendak kita pelajari semakin mudah kita pahami. Apalagi kalau sudah join komunitas gitu biasanya memiliki tujuan dan passion yang sama. Kalau di kelas, kan pelajarannya banyak banget, yakin semua mata pelajaran passion kita? Enggak kan? hehe komunitas ini bisa berbentuk ekstrakurikuler seperti paduan suara, web coding, dsb. Atau yang ada di luar sekolah, teater, zerowaste, dll.

3. Suarakan pendapatmu dengan lantang! 

Kamu harus bisa kayak mas Prabu ya, berani speak up!
Menyuarakan pendapat dalam sebuah rapat atau diskusi mungkin berat banget ya untuk seorang introvert, belum ngomong aja, udah kepikiran, gimana kalau nanti aku dikatain angkuh, kalau salah ngomong, kalau ini kalau itu, dan kejadian buruk lainnya. Solusinya alihkan ke media lain. Kamu bisa menulis diary, membuat blog, menulis lirik lagu, puisi, bahkan sharing di instagram tentang pendapat kamu, serta banyak hal lain. Semakin kamu mengeluarkan pendapat kamu, orang akan memahami dan mengerti pola pikir kamu. Bahkan jadi segan sama kamu loh! hihi. Dan yang paling terpenting ketika menghadapi sebuah masalah, kamu tidak perlu pusing dan stress sendiri. Meskipun kamu selalu berpikir secara mendalam sehingga memendam perasaan sendiri. Kamu perlu kok dihargai orang lain juga.

4. Kembangkan diri sendiri.
Ketika kita sadar kita introvert, kita tentu menyadari kita tidak begitu aktif di kegiatan  sosial. Begitupun, kita harus tetap positive thinking dan jangan mau kalah dengan si ekstrovert yang selalu aktif. Mungkin kita bisa mengerjakan sesuatu, hanya saja kita diam, tidak mengumbar sana-sini, sehingga yang lain tidak tahu, bahwa kita punya kelebihan. Bukan anti sosial, tetapi agak pendiem dan memilih lingkaran pertemanannya sendiri. Walaupun tidak jarang sang introvert ini selalu dicurhatin segala macam sama sahabatnya, maklum pendengar yang baik. Introvert menyukai hal-hal to the point dibandingkan bertele-tele.

5. Belajar mandiri dengan ruangbelajar for desktop!

Video ruangbelajar

Dengan mata minus dan pengaruh handphone yang dibuka setiap saat, mata ini memang perlu istirahat. Awal-awal scroll instagram, lama-lama kepoin akun si dia hmm, siapa nih yang begini? Kebiasaan main hp ini emang udah jadi tabiat kita apalagi milenialls ya, enggak bisa jauh dari hp. Tapi tenang aja, dengan ruangbelajar for desktop kamu bisa lebih fokus belajar. Kenapa? Karena kamu bimbel online via PC. Ini bisa laptop, notebook, tidak harus komputer ya hehe. Gangguan medsos yaaa pakai PC harusnya lebih mudah diminimalisir ya. Kenapa harus belajar di ruangbelajar via ruangguru? Kamu bisa baca postingan sebelum ini ya, 5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru! atau kunjungi langsung websitenya di Video Belajar Animasi - Ruangguru ya.

Tentu kalian tidak asing melihat wajah mereka ini ya? Hihi
Ruangbelajar for desktop ini dirancang khusus untuk kamu yang ingin dengan leluasa nonton video, bahas soal, dan download rangkuman via aplikasi. Caranya mudah banget! Kamu tinggal download aplikasinya via website ruangguru. Selain bisa belajar, kamu juga dapat suasana chilling dan me time buat belajar kamu! Untuk windows hanya sebesar 61,6MB kok. Enggak menguras memori PC kamu kan? Kamu bisa belajar dimana aja, kapan aja, sesuka hati kamu dengan Ruang belajar for desktop. Selain windows, bisa via mac juga ya. Seru kan? Kamu bisa download di sini ya! Klik Bimbel Online



Kita install dulu ya aplikasinya. Baca petunjuknya juga!

Untuk registrasi kamu bisa log in menggunakan akun ruangguru kamu ya!

Jika sudah log in, akan muncul seperti ini ya...

Sekarang kamu bebas belajar kapanpun dan dimanapun!
Nah, jadi tidak ada alasan lagi kan untuk introvert tidak rajin belajar? Selain ada video pembelajaran, ada beribu soal dan pembahasan, infografis, rangkuman, dan kamu bisa ikut try out-nya juga! Tersedia beragam kurikulum, mulai dari KTSP, K-13, dan K-13Revisi, untuk harga jangan khawatir deh! Kamu bisa milih paket harganya sesuai dengan jenjang kelas kamu. Nih, lagi ada promo juga tuh. Tunggu apalagi?



Yuk, download Ruangguru sekarang!

Komentar

  1. Zaman sekarang enak ya..
    banyak cara belajar yang asyik dan didukung Teknologi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mbak, makanya harusnya orang skrg bisa lbh pinter2 ya hehe

      Hapus
  2. Bener kak, kadang introvert itu nggak nyaman kan belajar di kelas atau kelompok. Dia biasanya nyaman belajar sendiri. Aku sih campuran, kadang introvert kadang ekstrovert hehe
    Andai aja dulu tau ada Ruangbelajar, pasti join deh

    BalasHapus
  3. Introvert pun sekarang punya cara yg lebih asik utk belajar ya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena setiap orang berhak belajar dgn gayanya sendiri ya mak~

      Hapus
  4. Proses pembelajaran yg termaksud yg instan, gk perlu lg masuk ke ruangan 👍

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRUST ISSUE? sehat nggak, sih?

Anak itu Titipan

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!