Ke BBW Harus Tahan Godaan Ya!

Terima Kasih sudah mengunjungi Blog ini. Semoga ada manfaatnya ya. Jangan lupa kasi masukan dibawah. Thank a lot!

Sebenarnya udah lama banget pengen ngasih tau ke temen-temen semua untuk menahankan godaan dari BBW ini, tapi ada aja alesan skip mulu, dan disuruh nulislah tadi malem sama eonni dari bandung, jadilah saya memaksa diri sendiri untuk menulis hehe. SEMOGA BERFAEDAH YA.

Pernah dengar BBW? Ya! Big Bad Wolf adalah sebuah festival buku yang dijual dengan harga murah di dunia. Berawal dari luar negeri tentunya. Kemudian merambah ke ibukota Jakarta, Surabaya, hingga awal tahun lalu di Medan dan tanggal 27 Juni mendatang di Bandung. Hmmm, sebenarnya orang Indonesia suka membaca enggak sih? Mungkin butuh penelitian ya, cuma dari yang datang ke sana saya lihat banyak aja tuh. Enggak tau mungkin mereka kalangan akademisi atau gimana. 


from bigbadwolfbooks

Semenjak 2x ada BBW di Jakarta, baru di kesempatan ke-3 lah saya berhasil mengunjungi BBW ini. Yaaa karena domisili Jakarta waktu itu. Acaranya di ICE BSD Indonesia Convention Hall, kebayang dong begitu luasnya? Sebagai orang introvert yang lebih suka sendirian, ceilah, saya termasuk pusing ketika masuk ke sana, rame banget, bahkan mual hahahaha lebay. Tapi memang iya, kalau kamu sudah biasa dengan hiruk pikuk orang di KRL mungkin biasa aja ya, ini mungkin pointnya terlalu banyak, jadi sangat terlihat padat. Kamu bisa lihat videonya di sini, Review BBW Medan. Tumpukan buku banyak, orang apalagi hahahaha.

Untuk pembayaran ya biasa, boleh pakai cash/ kredit/ debit. Antrian panjang dan beberapa kasir ada yang tutup. Jadi pembeli agak ngomel hahaha. Setelah itu, 34 weeks kemudian, saya lagi di Medan, ada juga tuh BBW. Mampirlah saya dan keluarga di sana. Karena memang di rumah bahasa ibu adalah Bahasa Indonesia, maka keluarga saya agak kewalahan mencari buku yang sesuai. Karena kebanyakan Bahasa Inggris. Ya, BBW tidak patut disalahkan, toh bukunya juga memang berasal dari luar negeri. Untuk buku lokal sangat jarang, kalau ada juga bukan buku ternama, terlaris begitu, jadi jangan sampai berharap list buku yang mau kamu beli berasal dari penerbit dan pengarang terkenal ada di sana. SULIT.

Pesannya cuma satu, semoga minat bacanya sesemangat membeli bukunya. Alhamdulillahnya sejak 2017 memang udah terdaftar jadi member, ya walaupun kagak ikut BBW-nya langsung. Namanya manusia hanya bisa berencana, ke depannya Allah 'azza wa jalla yang menentukan. Oke, karena sudah menjadi member. Setiap ada BBW saya hanya perlu mengkonfirmasi untuk tiket preview sale saya. Jadi, tiket ini dapat digunakan H-1 sebelum BBW resmi dibuka untuk umum. Nah, keistimewaannya apa saja? Yang jelas, stok buku yang kamu lihat masih fresh, dan tidak terlalu ramai seperti hari berikutnya. Untuk masuk ke area preview sale ini, kamu hanya perlu menunjukkan KTP asli ya.


Dokumentasi Pribadi (my IGs)

Apa saja yang perlu diperhatikan untuk datang ke BBW? Berikut tips dari #ElsaJalanjalan :

  Pertama, siapkan fisik yang sehat dan prima, saya sarankan kamu tidak dalam keadaan berpuasa. Karena umumnya lokasi BBW ini luas. Jangan pernah lupa untuk membawa minum, gunakan tumblr ya, selain zerowaste, minuman kalian diperbolehkan masuk, tidak dengan air minum dalam kemasan (AMDK), karena apa? Karena dari pengalaman saya AC tidaklah terlalu kuat menampung begitu banyaknya manusia.

  Kedua, bawa list buku yang akan di beli dari rumah. Tiap tahunnya BBW melalui instagramnya akan selalu update mengenai stok buku mereka, di websitenya juga bisa. Kamu hanya perlu rajin mengecek. Dan tidak semua buku di upload oleh mereka. Maka, balik lagi lihat kebutuhan kita, buku yang bagaimana, mainan anak yang harga berapa, berguna untuk apa, dsb. Karena kebanyakan yang ke sana bingung ke sana ke mari, akhirnya hanya membeli yang dianggap menarik saja. Bahkan tidak jarang malah mubazir. Saya pribadi kalau rajin cek review buku yang mau dibeli dulu bahkan, sangkinkan perfeksionisnya wkwkwk.

  Ketiga, siapkan uang, baik dalam bentuk cash, debit, atau kredit CC. Kalau di Jakarta memang kerjasama dengan bank Mandiri sehingga semua kasir menggunakan bank Mmandiri. Nah, kalau di Medan juga begitu sih, hanya saja beberapa kasir tersedia mesin dengan bank lain. Minusnya, ketika di Medan, tidak ada tulisan kasir cc dimana, cash dimana, jadi pembeli bingung.

  Keempat, jikalau sudah tahu akan membeli banyak buku mending bawa koper, karena selain hemat plastik, kalian hanya butuh mendorong koper tersebut ke kendaraan kalian. Makanya, tidak jarang ketika BBW, banyak jasa titip dimana-mana. Mulai dengan harga 3k-5k per buku. Saya juga dulu pernah pas di Jakarta soalnya, dan lumayan hehe.

  Selanjutnya, dimanapun dan bagaimanapun kondisinya kita memang dituntut sabar, pengalaman sebelumnya, ada pembeli yang marah ke counter gara-gara pegawaiya sedang ganti shifting, sementara pembeli sudah masuk ke antrian kasir. Proses shifting memang baik. Tapi kan hak pembeli juga harus dilayani.

  Next, kalau kamu hamil, minta sama petugasnya untuk buat jalur khusus. Banyak banget kemarin ibu hamil yang ngos-ngosan karena haus dan berjalan terlalu lelah. Karena kalau disamakan dengan antrian lainnya, dimana perasaan kita pada ibu yang mengandung anaknya? Kasian.

Kemarin sempat bikin QnA juga tentang BBW ini di instagram, dan taraaa!
1. Kenapa kok bisa dapat preview sale? Ya, kamu harus jadi member dulu fergusso, nanti kamu akan dapat email invitation.
2. Buku apa aja, mostly anak, dan umumnya berbahasa inggris, apalagi untuk toddler, huaaa buku project-an gitu banyak banget. Hati-hati kalap!
3. Untuk novel rata-rata import ya, jadi kalau cari yang Indo, susah.
4. Harga novel sekitar 70rb-125rb an, toddler 30rb sampe yang mahal juga ada. 
5. Box set mainan apalagi buat cewek, harganya mulai 200rb-an, kalau kamu masih single ya alhamdulillah terjauh dari godaan, bawa adik sendiri aja kadang kalap, konon bawa anak sendiri, kasian kalau ditolak, LOL.
6. BBW ini berlangsung selama 24 jam, banyak makanan juga kok. Jadi, kamu semua jangan takut kelaparan hehe.
7. Untuk stok tiap hari beda ya guys, jadi jangan dibandingkan kamu belanja hari ini dan temanmu belanja lusa haha.

Terus saya dapat apa aja? Yang di Jakarta ada lumayan 3 gitu, dan itu udah pada dibagiin buat hadiah. Karena tiba-tiba aja jadi enggak selera baca wkwkwk dasar labil. Nah, kalau yang di Medan dapat ini. Dan semuanya full english. Brb, megang novel sama kamus. Untuk yang di Bandung nanti kabarnya bareng sama BCA, ada diskonnya juga. Wah, awas godaan! Haha.


Dokumentasi Pribadi (my IGs)

Jadi, untuk kalian semua yang mau ke BBW, coba dipikir lagi, itu pengen atau butuh? Alokasi dananya memang ada khusus untuk belanja buku? Untuk self-development sih, tapi kudu dipikir baik-baik juga ya. Kalau enggak dibaca, mubazir, nanti di akhirat di hisab loh. *REMINDER BUAT DIRI SENDIRI*

Komentar

  1. killing part bgt nih paragraf terakhir huahaha

    mantep nih tipsnya dicoba dah besok kkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat mencoba! habis itu review di blog kamu ya eonniii hahaha <3

      Hapus
  2. Tabung uang dr skrg deh katanya bulan november ada lagi di medan, saya belum pernah ke BBW pengen juga sekali2 ke sana krn selama ini selalu jastip sih hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whahaha silahkan kak. Kalo elsa msh banyak PR. Buku yh blm dibaca wkwk

      Hapus
  3. Wuaduuh bisa kalap niiih ... kalau ada acara diskon buku gede-gedean seperti ini.

    Aku tuh suka lupa diri kalau lihat buku,penginnya kuboring semua 😅

    BalasHapus
  4. Kalo sayA sih tengah2 suka mbaca kalo buku yang diukai aj

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini bagus sih mas biar ga konsumtif hehe

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengen Liburan Bebas Cemas? Tokio Marine Aja!

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih ke CASHLESS

TRUST ISSUE? sehat nggak, sih?