Doa dan Harapan di Ramadan Berikutnya

Terima Kasih sudah mengunjungi Blog ini. Semoga ada manfaatnya ya. Jangan lupa kasi masukan dibawah. Thank a lot!



Bismillahirrahmanirrahim.
Semoga Allah bersama kita semua. Jika ditanya tentang doa dan harapan, umumnya setiap orang pasti sama. Ingin umur panjang, sehat selalu, ini dikabulkan, itu dikabulkan, begitu banyak permintaan kita sebagai manusia. Tapi, sadarkah sudah berapa banyak permintaan Allah yang kita kerjakan? Ya Allah pengen nangis, banyak minta tapi disuruh yang baik-baik aja susah amat huhuhu.


merenungi dosa harus selalu dikerjakan

Menghadapi kenyataan itu saya mulai berkaca, sudah melakukan apa aja di ramadan ini, udah maksimal belum, terus tahun depan mau ngapain. Ini kan ceritanya kalau umur panjang ya, kalau enggak? Nah, balik lagi, banyakin istighfar emang hehe. Hal yang paling menjadi doa dan harapan paling besar adalah diri ini begitu getol belajar agama. Selama ini selalu ngeles dengan berbagai alasan kalau diajak pengajian, padahal amal belum banyak aja kok udah males-malesan ibadah sih? Heu.

Merasa tertampar lagi pas dengerin kajian ustad. "Kita ini ya, amalan dikit, disuruh ngaji males, sholat enggak tepat waktu, tapi permintaan banyak banget, pengen semua diturutin, lah yang mengabulkan itu siapa? Allah kan? Kalau usaha kalian aja masih standar apa mau Allah mengiyakan?". Sama kayak kita kerja ke bos, kalau kerjanya males-malesan emang bos mau naikin gaji? Ya Allah, enggak kan?

Merasa sedih selama ini ke mana aja, kok ibadah gitu-gitu aja. Kok enggak ada yang support ketika mau ikut ini itu. Banyak banget hal sederhana namun bikin tergetar tentang dosa dalam hidup ini. Pas muda tuh harusnya banyakin ibadah, belajar sana-sini, hafal bermacam-macam surah. Kalau sudah tua? Ya prioritasnya beda lagi, menjadi ibu bukan berarti enggak bisa bikin beribadah, tapi kenikmatan ibadahnya pasti beda gitu masih muda dan single dengan yang sudah berkeluarga. Cobain lah hehe.

Semoga di ramadan berikutnya bisa jadi lebih baik. Kalau ngaji ya sama tafsirnya. Sholat malamnya, ya Allah :") hafalan surah. Kebayang dulu capek dikit pengen nikah. Lah yang dibawa pas nikah ilmu agamanya apa? Sholat keteteran, hafalan surah aja dikit, ibadah males-malesan, mau dapat anak hafiz hafizah? Kamu mimpi, nak?


pengen anak ngaji tapi orang tua enggak ngaji, gimana?

Teguran semacam itu yang bikin merefleksikan diri lagi. Kalau kejar dunia mah kagak ada habisnya. Alhamdulillah emang sadar juga dengan lyfe with less. Tidak perlu beli baru, gunakan yang ada, dan lebih peduli akan lingkungan. Hidup di dunia emang enggak kerasa bentar banget, ini aja tau-tau kok udah 20 tahun ya? Selama ini agama saya gimana? Kok stuck aja? Terus meninggal bawa bekal apa? Apa diterima Allah amalannya? Bismillah, apapun doa dan harapan kita semoga menjadi lebih baik untuk agama kita masing-masing ya. Bismillah semoga kita masih bertemu dengan ramadan tahun depan. Aamiin insyaAllah.

Komentar

  1. Harus sering" muhasabah diri ya... Noted. Thanks Kaka

    BalasHapus
  2. Yang berat itu Istiqomah ya sa.. hiks.. Imannya naik turun kayak air laut

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih ke CASHLESS

TRUST ISSUE? sehat nggak, sih?

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!