6 Sunnah Nabi di Hari Lebaran

Terima Kasih sudah mengunjungi Blog ini. Semoga ada manfaatnya ya. Jangan lupa kasi masukan dibawah. Thank a lot!


Berikut ini ada ringkasan dari video Rumayshoo.com, semoga bermanfaat ya untuk kita semua!

Bismillah. Sering kali kita menghadapi lebaran yang kita fokuskan hanya baju baru, mau makan apa aja, mau masak apa, mau ke mana aja, duniawi banget yaaaa. Padahal ada amalan lain yang lebih berpahala kalau kita kerjakan. Lebih dari sekadar pakai baju baru.

Pertama, disunnahkan untuk mandi sebelum sholat idul fitri.


pagi ya mandinya, bukan siang terik gitu

Sebenarnya ini emang baik banget buat kesehatan, bahkan sebelum sholat shubuh kita dianjurkan sudah mandi yaaa. Cuma yaaa ada aja alasannya. Yang dinginlah, magerlah, ntar aja sekalian, dsb. Padahal kalau gitu kita jadi segar menjalani hari dan tidak males-malesan.

Kedua, berhias diri dan memakai pakaian terbaik. Terbaik tidak harus baru ya. Kita hidup dimana kalau enggak baru enggak bagus, enggak baru enggak sah. Padahal, sadarkah kita dampak lingkungan akibat tindakan konsumtif kita tersebut? Sering kali kita merasa tidak berdosa apa-apa, padahal diluar sana, bahkan yang besok mau makan apa aja masih mikir. Masuk mall aja belum pernah, lah kita, wishlistnya kalau bisa ngunjungin semua mall di ibukota? Amalan mu apa apaaaa? Heuuu


sampah aja udah banyak banget, mau ditambah?

Baca Juga: Baju Lebaran, Penting Enggak Sih?

Memang tidak ada anjuran harus menggunakan pakaian baru kan? Toh, jika ada yang lebih prioritas kenapa tidak? Yang penting hati yang baru, hati yang semangat untuk belajar, beribadah. Kadang suka males ketika kumpul keluarga yang ditanyain, jadi udah ada baju berapa? ih kok baju lama? loh gaji enggak cukup untuk beli baju baru? Subhanallah, netizen tuh emang gitu ya, padahal keluarga sendiri. Cuma ya itulah, perlu edukasi yang rutin demi meluruskan pikiran bahwa baju lebaran tidak harus baru.

Selanjutnya, makan sebelum sholat idul fitri



Kita dianjurkan untuk makan sebelum idul fitri, ingat, jaga pola makan ya! Jangan dilahap semua rendang, opor, ketupat, dendeng, kari, dan lainnya. Allah tidak menyukai yang berlebihan. Bedanya sama idul adha ini ya, kalau idul adha sholat dulu baru makan.

Keempat, bertakbir dari rumah menuju tempat sholat, dengan bacaan:
bahkan dari malam sebelum idul fitri kita sudah bertakbir ria di masjid ya.

Kelima, saling mengucapkan selamat (at-tahniah), yaitu

Sebaiknya ini ya yang kita ucapkan. Bukan minal aidin walfaidzin.

Terakhir, melewati jalan pergi dan pulang yang berbeda. Mengapa demikian? Agar semakin banyak orang yang kita temui, pahala kita semakin banyak, dosa yang ada juga berguguran dengan bertemunya kita atau bersilaturrahmi. MasyaAllah, mudah banget sih, tapi bisa dilakuin? HUAAAA, apalagi buat cewek-cewek nih, salaman sama yang bukan mahram aja dosa, konon keliling komplek? HMMM banyak cara lain kok sis, dengan menolak salam orang yang bukan mahram, bismillah hehe.



selamat hari raya Idul Fitri 1940H

Komentar

  1. Sa.. Salah ketik.

    Selamat hari raya idul Fitri 1440 Hijriah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat hari raya idul fitri juga kak cha. Mohon maaf lahir dan bathin ya!

      Hapus
  2. Sa.. Salah ketik.

    Selamat hari raya idul Fitri 1440 Hijriah...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengen Liburan Bebas Cemas? Tokio Marine Aja!

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih ke CASHLESS

TRUST ISSUE? sehat nggak, sih?