Review CoHub Indonesia, Coworking Space di Medan

Dokumentasi Pribadi


CoHub Indonesia atau Community Hub adalah sebuah co-working space yang terdapat di kota Medan. Sebelumnya, mungkin banyak yang asing dengan tempat ini. Dibilang cafe, bukan, hotel, bukan dong, tapi kok banyak yang bawa laptop ke sana? Kantor? Kok orangnya beda-beda? Oke. Diawali dengan Bismillah, co-working space merupakan sebuah tempat yang dirancang secara khusus untuk menaungi seseorang atau sekelompok orang untuk bekerja, belajar. Bahkan mengerjakan banyak kegiatan sekaligus. Contohnya makan sekalian kerja, kuliah online sekalian kerja. Saya juga tau tempat begini karena dulu di Bandung mainnya ke tempat beginian buat nugas, lumayan hemat hehe.

Seringnya pekerjaan yang dikerjaan di co-working space ini adalah pekerjaan yang bersifat lepas, seperti yaaa kegiatan saya menulis ini, blogger, ngedit video, atau biasanya freelance dan pekerjaan yang dapat dikerjakan dalam jarak jauh sekalipun, pekerjaan yang bisa diremote dari lokasi tertentu. Gimana sih gimana? Seperti kuliah atau kelas online yang bisa dilakukan hanya dengan laptop, jaringan internet bahkan handphone. Maka dari itu, internet adalah hal yang sangat krusial di era milenial ini. Mending enggak bawa dngompet kan daripada enggak bawa handphone? Toh di handphone sudah ada gopay, ovo, dana, dan uang non tunai lainnya yang bisa digunakan kapanpun dan dimanapun.



opening dari BlogSum dan workhop dari sanger production


Pertanyaan yang sering kali muncul jika saya update di suatu tempat, loh kok bisa ke sana? Punya channel ya? Gratisan ya? Diajak siapa? Begini, saya sarankan untuk kalian semua yang membaca ini, perbanyak dan perbaikilah komunikasi dengan teman maupun komunitas. Saya juga baru beberapa waktu ini kembali aktif menulis karena bergabung dengan komunitas bloggersumut. Awalnya ya agak canggung, apalagi saya lihat pesertanya pada ibu-ibu semua. Tapi itu tidak mengurungkan niat saya untuk belajar. Enggak bercita-cita jadi blogger sama sekali, cuma karena emang suka nulis dan sharing, jadi aktiflah blog ini hehe.

Alhamdulillah setelah bergabung banyak kenalan dan acara yang saya ikuti. Salah satunya dengan mengikuti workshop tentang photography dari sanger production ini. Pematerinya siapa? Of course founder-nya dong, mas Muslim hehe. Ilmunya apa saja? Banyak banget. Ini hanya beberapa kilasan tentang materi kemarin ya. Intinya kalau foto terlihat bagus itu banyak faktor yang memengaruhinya. Bahkan dari dua orang saja ketika melihat dua buah foto, akan ada sudut pandang yang berbeda ketika ditanya penilaian terkait foto tersebut. Karena apa? Kita hidup dan berada di lingkungan yang berbeda, pendidikan apalagi, maka dari itu, "selera tidak perlu diperdebatkan".



Materi dari Sanger Production


Setelah belajar banyak hal, kami langsung praktek. Tentunya menggunakan handphone masing-masing ya. Pemateri juga menjelaskan sedikit tentang foto menggunakan kamera profesional, seperti mirrorless, DSLR, pocket. Sebagai anak yang pas kuliah bolak balik bahas foto. Sepertinya saya memang agak gerah ketika pemateri bahas aperture, saturation, framing, angle. HAHAHAHAHA. Yaaa namanya manusia, cuma saya juga enggak sotoy amat. Ngedit video aja masih amatiran kok ehe. 

Untuk pengambilan gambar terbaik memang kudu di siang hari, cahaya ilahi memang terbaiklah. Cuma memang kita perlu menambahkan beberapa poin, kayak barang yang difoto kudu properlah, apalagi ketika foto makanan, jangan sampai makanannya sampai udah butek fotonya masih jelek aja, percuma sis. Pulang dari workshop dapat oleh-oleh juga, voucher belajar di sanger production sebesar 500rb! WOW ALHAMDULILLAH!

Ngomongin materi udah, nah fasilitas di CoHub apa aja? Oke, di sana full AC, free wifi ya pasti, ada mini library juga, umumnya buku di sana tentang arsitektur, pewarnaan, tekstur bangunan, dan hal lain yang memang saya tidak mengerti hahahaha. Cuma lucu aja, banyak sampel warna di sana. Ada meeting room juga, bisa memuat 10-15 orang untuk bikin meeting. Nah, kalau ruangan yang kami gunakan ini memang berada di lt 2 dan karena anaknya lebih suka ngoler, jadi kami lesehan aja, kursinya enggak dipakai deh hehe. Di lt 2 ini juga ada resepsionis buat ngdata mau di CoHub berapa lama, dan duduk di area mana.


Fasilitas Co-Hub


Setelah itu ada juga galon air, teh, kopi, gula, lengkap dengan gelas dan piringnya, free untuk yang menggunakan CoHub. Kebetulan saat itu acara kita ketika bulan puasa jadi yaaa, mon maap itu jadi pajangan saja hehehe. Dekat meja resepsionis, ada rak sepatu guna menyimpan sepatu *yaiyalah bambang* nah, untuk pengunjung agar rapih sepatunya disitu. Sebelum menuju ruangan full AC dan ruangan lainnya. Ada musola juga loh. Di lantai bawah, ada sudut favorit untuk foto, yhaaaa dimana-mana sekarang spot foto itu penting bagi sebuah tempat ya. Banyak dedaunan asli dan keramik yang dipasang secara abstrak di sana. Ada ruang meeting juga di bawah. Untuk kamu semua yang pengen ke sana, di bawah ini ada jadwalnya ya, mereka buka setiap hari kok.



Fasilitas Co-Hub


Tempat ini rekomen untuk kamu yang pengen kerja dengan tenang atau sekadar ingin menyendiri juga cocok wkwkwk. Dengan co-working space kita akan kenal dengan orang baru. Buat belajar untuk fokus ujian juga bisa kok. Untuk harganya kalian bisa cek di CoHub Indonesia. Untuk co-working space lain semoga bisa dikunjungi juga ya, Medan nih emang lagi berkembang banget, banyak sekali tempat yang patut dikunjungi sebagai lahan belajar. Terima kasih sudah membaca.






Masukannya dong, apakah teman-teman suka dengan blog ini? Atau ada hal yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki dari blog ini? Kritik dan saran yang membangun saya, sangat saya tunggu ya! Terima Kasih ❤

Komentar

  1. Jadi cohub ini cuma menyediakan tempat ya sa..
    masalah guru atau apalah itu urusan panitia acara ya.

    Oh ya, dia sediakan meal juga gak sa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kaaak jd kita nyewa tmpt sih, bayar per jam brp gitu hehe. Kmrn pas puasa kak wkwkwk kalo kripik2 kopi teh kayaknya ada deh

      Hapus
  2. Aih sama lah.. Awak pun gak bercita2 jadi blogger. Dulu cita2 awak jadi arsitek hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk tp akhirnya jd full time mommy & blogger ya kak

      Hapus
  3. Keren sekali tempatnya ya sa.
    Betewe,vocernya dah dipake belum? Wkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kaaak instagramable. Blm dipake. Gak tau kapan mau belajarnya hahah

      Hapus
  4. Suka banget ama desain interior kantor Cohub ya kak. Simple, elegan dan nyaman utk tempat kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak, adem dan nyaman, ya sesuai harga wkwk

      Hapus
  5. Cohub ini didesain dengan keren ya,,, nanti kapan kapan coba liat langusng,memang medan pasar nya lagi rame si,masih banyak tempat yang belum dikunjungi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kaaaak kalo bisa baca2 reviewnya dulu, soalnya banyak kali coworking space skrg di medan niy ehe

      Hapus
  6. Bener cahaya Ilahi (matahari) emang yang terbaik buat penerangan saat mengambil foto. Hemat juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoiii kak. Kapan lagi kan foto bagus pas cuaca cerah.

      Hapus
  7. Jadi pengen mampir ke cohub siapa tahu sekali waktu butuh berhibernasi. Kayaknya adem tempatnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak, adem kali bahkan jd males pulang hihi

      Hapus
  8. nyaman betul ya tempatnya. saya dulu juga pernah ngerasai kerja sendiri (kebetulan ngurus internet marketing) di kantor virtual, ya di tempat sejenis coworking space model cohub gini juga. di Jogja dan Jakarta sudah sangat banyak model tempat begini. kalau di rumah lagi susah fokus kerja, saya ke coworking space, bayar yang harian, dulu sih. sekarang ya kerja dari rumah aja dimaksimalkan. kalo pas lagi butuh tempat seperti coworking space juga, biasanya melipir ke tempat-tempat makan atau minum yang bisa lama nongkrong haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg penting pesen makanan ya kak wkwkwk ga nyari wifinya aja hahaha

      Hapus
  9. berarti ini coHUb kayak nyediakan hall buat pertemuan juga gak sih kak? atau kita bisa kesana waktu mereka nyelenggarakan acara aja apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak. Ini mereka menyediakan tmpt gitu. Nah kita sewa. Ada biaya per ruangan, per jam nya. Lumayan hemat sih dibandingkan di cafe hehe

      Hapus
  10. Iya. Alhamdulillah, Awak sudah dua kali Uda datang ke co-hub ngikuti event.

    Pengen next time datang lagi. Mengerjakan tugas, ngedit video, dll.

    Suasana nyaman, hati senang, pekerjaan aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wissssh mantap kak weni dah banyak kali to do list itu ya haha

      Hapus
  11. Kapan yaa bs blogging² santai tanpa gangguan di Cohub ini. Coz saya kl di kampus byk yg mau bimbingan proposal-lah, skripsi, PKM, KRS dll. Ups curhat nihh...
    Di rumah? Hmm... That's Ocean time!!! Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk semangat kaaaak, itulah bedanya dgn yg belum berkeluarga wkwk :p

      Hapus
  12. Sekarang cari duit makin kreatif ya. Menyewakan space untuk kerja. Lebih murah ini nih daripada nongkrong di starbuck, speak beli coklat 50 ribu haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk oya segitu bang? blm pernah bayar sih, kemarin free dr komunitas hehe

      Hapus
  13. Uhuy makin nambah aja tempat kerja keren kayak gini di medan ya, yg saya tau sebelumnya itu Clapham collective dan Betahive coworking space :D

    BalasHapus
  14. Sepertinya tempat ini lebih cocok pekerja freelance atau yang bisa bekerja dari rumah namun ga pengen terganggu dengan hal hal lain. Didukung tepatnya juga keren dan akses internet yg cepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang bener hehehe kalo kantoran kan dikantor ya

      Hapus
  15. Belum pernah kesini sih..kemaren ada acara ga jadi ikutan..makasih ya kak infonya..jadi tambah penasaran pingin langsung kesana semoga ada acara yang diadakan disana jadi bisa langsung tau tempatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak mayan loooh acaranya bagus tmpt nya jg hihi

      Hapus
  16. Mungkin bisa dibilang ini termasuk lifestyle zaman now ya, nongkrong di situ lebih berasa semangat dan keren, karna berada di lingkungan yang punya passion yang sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk iya tp jgn dijadiin gaya hidup kali sih mbak klo ga sanggup susah wkwk

      Hapus
  17. Yakalii untuk nyimpan baju jainabb
    🤣🤣🤣

    Monmaap sis salfok komentnya wkwk
    Karena waktu itu kita hadir bersama dan sama sama tau keadaannya 😁

    BalasHapus
  18. Sejak tahu ada cohub ini dari bloggersumut, udah pingi bgt ke sana. Dekat rumah pula pun...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengen Liburan Bebas Cemas? Tokio Marine Aja!

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih ke CASHLESS

TRUST ISSUE? sehat nggak, sih?