Mengapa Harus Pilih MRT?

Mengapa Harus Pilih MRT?

Di tengah hiruk pikuk kota Depok, selain panas, jauh dari kota Jakarta adalah hal yang sangat disayangkan. Tapi hal itu tidak membuat saya hilang arah dan menyerah. Setelah bosan bolak-balik dengan KRL akibat keganasan kaum ibu (Baca juga di: Lika-liku KRL) dan kehabisan tiket percobaan MRT, saya mencoba untuk naik MRT dengan promo diskon 50% untuk semua e-money. WOW, KABAR YANG SANGAT BAGUS ❤❤❤

MRT dibangun 10 Oktober 2014 dan diresmikan pada tanggal 24 Maret 2019. Dengan harapan perhari dapat menampung sebesar 83.000 penumpang. Bahkan berdasarkan data dari detik finance, per-24 Juli 2019 jumlah penumpang naik sebesar 15% dari bulan sebelumnya dengan rata-rata 94.824 orang/hari. Cek artikel selengkapnya disini!



Kebayangkan panjang banget itu jalurnya? Sumber: mrtjkt

Direncanakan dibangun sejauh 110,8KM. WOW. Sebelum dibangun banyak pro dan kontra pembangunan MRT ini, dianggap tidak memberikan dampak positif bagi bangsa. Malah hanya membuang-buang anggaran. Padahal setiap harinya kerugian yang terjadi di Jakarta akibat macet sebesar 65T. Bahkan nilainya lebih besar dari pembangunan MRT itu sendiri. Sungguh ironi bagi beberapa masyarakat yang menganggap pembangunan metode transportasi seperti ini layaknya menghamburkan uang. Padahal kan, pemerintah juga melakukan pembiayaan dengan matang, bertindak visioner jauh memandang ke masa depan.

Setelah googling dan bertanya sana sini akhirnya saya memutuskan dari Depok dan melanjutkan ke Stasiun MRT Fatmawati, maklum itu yang paling dekat dari rumah.  Perdana dong. Jelas. Sebagai anak cinta produk lokal dan belum pernah ke luar negeri, jadilah saya nyobain MRT ini. Di Indonesia belum ada MRT kan, ke luar negeri juga belum, yaudah rasain yang di Jakarta dulu aja hihi! Oke, MRT atau moda raya terpadu jakarta atau angkutan cepat terpadu jakarta dengan sistem transportasi transit cepat dengan kereta rel listrik merupakan sebuah gebrakan baru di dunia transportasi Indonesia sebagai solusi dari padat dan macetnya ibukota. Walaupun negeri tetangga sebelah sudah sejak lama menggunakan MRT ini, tidak masalah, semua negara punya waktunya masing-masing. MRT lebih disebut ratangga nih fyi.

Kenapa harus pilih MRT? Banyak banget alasan kenapa kalian harus memilih MRT dibandingkan transportasi lain. Pertama, stasiun MRT menjangkau banyak daerah. Belum mencakup sampai kota Depok memang, tetapi setidaknya sudah lebih baik dan jauh jarak antar jangkauannya. Stasiun MRT lebih sedikit dibandingkan dengan KRL. Petunjuk lokasinya juga sangat jelas. Terlihat juga kita berada di peron berapa, dan sudah sampai di stasiun mana.


Petunjuk Lokasi Lengkap.


Kedua, disediakan water refill untuk penumpang yang kehabisan air minum. Gratis! Hal ini benar-benar meyakinkan bahwa Indonesia sudah mulai menapaki usaha untuk peduli akan lingkungan. Karena semakin banyak Air Minum dalam Kemasan (AMDK) yang kita beli, tentu semakin banyak juga sampah yang akan dihasilkan. Baca juga di >> Gelas-gelas Kaca Demi Ramadhan Hijau << untuk water refill/fountain tadi, tumblr kita dapat direfill dengan air minum di beberapa stasiun ya, setahu saya ada di Dukuh Atas dan Blok M atau kalian bisa download di refillmybottle untuk tahu lokasi water fountain terdekat.

Ketiga, stasiun MRT memang masih baru, sehingga bau bangunan juga masih bau cat, bersih, dan kalau kereta bawah tanah sih full AC. Fasilitas lengkap, mulai dari mushola, toilet, nursery room, bahkan ada UKS juga loh, sehingga selain nyaman, penumpang lebih tenang jika terjadi hal yang tidak diharapkan. Apalagi jika berkaca pada KRL, MRT cukup memberikan harapan bahwa desak-desakan di KRL bisa dikurangi dengan menggunakan MRT. Walaupun kursinya hanya dari plastik tidak empuk seperti di KRL hehe.

Keempat, untuk harga sebenarnya relatif ya, ada yang menyebutkan terlalu mahal, dan ada yang mengatakan murah sehingga penumpang menjadi lebih hemat. Namun yang terpenting, MRT ini sangat membuat seseorang hemat waktu. Stasiun Lebak Bulus menuju Bundaran HI saja hanya 30 menit. Setiap pemberhentian diberikan waktu selama 5-10 menit. Dan MRT ini patut diacungi jempol, sangat tepat waktu! Tiket bisa beli yang one trip di kasir atau menggunakan e-money, hanya saja untuk e-money, untuk cek saldo harus ke mbak kasirnya juga. Tarif MRT ini memang murah jika dibandingkan dengan tarif di luar negeri. Enggak tau karena masih awal-awal operasi ya hehe. 


Ini cuplikan jadwal MRT ya! Sumber: mrtjkt

Untuk yang kesulitan menentukan hendak naik dari stasiun MRT mana, sekarang google maps sudah menyediakan fitur MRT, tak hanya jalan kaki, motor, mobil, KRL, MRT juga sudah ada jadwalnya. Kita bisa melihat lokasi terdekat kita ke stasiun mana. Thanks GOOGLE! ☝



MRT via google maps

Selanjutnya, hal yang paling saya suka adalah MRT ini minim guncangan. Tidak seperti KRL yang mengharuskan penumpang memegang tali pegangan erat-erat. MRT dibangun dengan rel yang lebih aman dan minim guncangan, karena jalur rel juga lebih rata tidak seperti kereta pada umumnya. Rasanya gimana? Tidak jauh beda dengan KRL pastinya, hanya ada beberapa belokan yang membuat MRT ini lebih lama. Untuk kecepatannya? Wah jangan ditanya. Cepat banget. Kamu semua diwajibkan tepat waktu. MRT hanya berhenti beberapa menit di setiap stasiun. Untuk itu tidak bisa berleha-leha jika mau menggunakan MRT ini. Di bagian stasiun bawah tidak ada ruang tunggu, tidak ada kursi untuk menunggu, nah kalau sudah berada di atas, dekat keretanya, barulah kamu semua akan menemukan bangku-bangku lucu untuk menunggu MRT.

Kalau alasan ketujuh nih penting banget. Buat yang haus, lapar, tenang! Kamu akan merasakan stasiun seperti mall. Kedepannya direncanakan akan dibuka berbagai macam retil makanan dan minuman di sana. Bahkan restoran. Ini penting sih, karena kebutuhan manusia yaaa konsumsi ya, apalagi makanan hehe. Cuma jangan dimakan selagi naik MRT. Kalau di Stasiun Blok M kamu bisa sekalian mampir ke Blok M Plaza dan Blok M Square. Semoga dengan adanya stasiun ini para pedagang di sana senang ya! Dengan adanya MRT sebagai metode pertumbuhan ekonomi di sana. So happy! Oh ya, tempat sampah memang tidak disediakan di stasiun MRT ini, hal ini sebagai penyadaran bahwa kita tidak boleh makan-minum, dan membawa sampah bahkan membuangnya di stasiun MRT ini. Mungkin ini sebagai langkah kecil agar masyarakat mengurangi sampah di ibukota hehe.

Kedelapan, MRT didesain khusus untuk disabilitas, selain ada lift, eskalator, dan tangga biasa. Jangan lupa ya, ketika menaiki eskalator, kiri untuk diam, dan kanan untuk jalan cepat/mendahului. Terkadang beberapa dari kita kurang peka nih. Padahal itu sudah ada aturannya loh. Begitu juga ketika masuk ke MRT ya, kanan kiri untuk antre, dan jalur tengah untuk penumpang yang hendak keluar dari MRT.


MRT Ramah Disabilitas. Sumber: mrtjkt
Sumber: mrtjkt

Untuk memasuki ke gerbong MRT, dari pinggir jalan raya kita diharuskan naik ke gedung stasiun dengan tangga atau eskalator, setelah Tap masuk, kita akan naik lagi ke lantai berikutnya menggunakan tangga, eskalator, bahkan lift untuk menuju peron MRT. Nah, penting banget nih untuk paham budaya menaiki eskalator, lift tadi. Selain agar penumpang lain juga nyaman, untuk yang buru-buru jadi bisa tepat waktu kan?



Budaya antre ya!

MRT terdiri dari 6 gerbong, tidak ada gerbong khusus seperti KRL, untuk perempuan. MRT ini lebih umum dapat digunakan semua orang. Stasiunnya lebih rapi dan bersih. Untuk masuk ke MRT, ada pintu khusus, ada yang full sepintu, ada yang hanya setengah pintu. Nah, pintu ini disebut PSD atau platform screen door. Pintu ini tentu membuat penumpang MRT lebih aman, karena tidak bersinggungan langsung dengan kereta, seperti KRL.


Ada PSD atau Platform Screen Door

Kebetulan di perjalanan kemarin tidak semua stasiun saya singgahi. Hanya di Bundaran HI, blok M dan Fatmawati. Dan stasiun Bundaran HI memang sebagus itu! Ya ibaratnya kayak yang di luar negeri itu lah. 

Setiap mau berhenti di satu stasiun, ada pengumuman dari kondektur MRT-nya. Terlihat juga kita sedang duduk di gerbang keberapa. Petunjuk juga sudah jelas untuk marka MRT, misalnya antre menunggu masuk ke MRT dan jalan orang untuk turun dari MRT. Walaupun tidak sama dengan KRL, juga terdapat kursi di pojok untuk ibu hamil, lansia, ibu menyusui, dan disabilitas. Dan fyisuara mbak-mbak MRT lebih elegan jika dibandingkan dengan KRL hihi.


Suara announcer MRT lebih elegan.


Kalau ditanya akan merekomendasikan MRT ini tidak? Jelas ya. Sudah banyak sekali kendaraan di Jakarta. Tidak ada batasan tentang kendaraan di sana. Jadi, ada baiknya kita menggunakan transportasi umum yang sudah disediakan ya, selain murah, aman, Jakarta juga tidak macet dan sesumpek sebelumnya. Banyak sekali alasan mengapa kita harus menggunakan MRT, jadi masih ragu dan memilih yang lain? Sudah jelas kan ada transportasi dan infrastruktur nyaman dan mempermudah aktivitas kita sehari-hari? Jadi, yuk pakai transportasi umum! πŸ‘Œ

Jadi, sudah sejauh apa kita mendukung fasilitas yang diberikan oleh negara? Masa mau hal negatif dan hoax terus yang di bagikan ke publik? Yuk, kita dukung kegiatan baik yang dilakukan negara kita. Karena apapun yang kita buat sekarang hasilnya untuk masa depan alias Kini Untuk Nanti dan #IniUntukKita jadi manfaatkan sebaik mungkin ya! Merawat, melindungi, aset negara aset kita juga loh! Heheh. Karena fakta memang transportasi yang bagus seperti MRT ini adalah infrastruktur nyaman yang mempermudah aktivitas masyarakat khususnya warga Jakarta seharian. Selengkapnya tentang MRT Jakarta ini lengkap di website dan instagramnya ya.

Investasi di mulai sejak dini, adalah rencana masa depan yang harus lebih ditingkatkan. Bahkan milenial dengan contohnya saya pribadi sejak follow @jouska_id kini lebih melek terhadap keuangan. Mereka menyajikan secara gamblang tentang SBR, ST, ORI, yang dihandle langsung oleh DJPPR Kemenkeu RI. Pemerintah kita segitu pedulinya loh akan nasib bangsa ini, sehingga mendorong sekuat tenaga agar milenial peduli dan ikut ambil andil dalam investasi ini. Minimal pembelian 1 juta kok. Pengelolaan risikonya tentu dijamin oleh pemerintah, dan dilindungi oleh undang-undang. Dibandingkan jika kita investasi tapi tidak jelas dimana dan untuk apa. 

Melalui DJPPR Kemenkeu ini, pendanan kita melalui surat obligasi negara digunakan untuk membangun fasilitas seperti jalan tol, universitas, asrama haji, bahkan dana pendidikan juga! Investasi ini aman, mudah, dan menguntungkan. Mitra distribusinya banyak, mulai dari bank BUMN sampai perusahaan fintech. Pemesanan dapat dilakukan secara online, jadi mau dimanapun dan kapanpun tetap bisa berinvestasi loh ya. Semoga kedepannya DJPPR harus lebih giat lagi mempromosikan kegiatan investasi ini.

Kedepannya saya positif yakin bahwa Indonesia dapat menjadi negara ber-power yang disegani negara lain. Masa depan Indonesia ada di tangan generasi milenial saat ini. Pembangunan Indonesia masa depan ditentukan dari sekarang. Daripada Indonesia hutang ke negara lain? Kamu jadi bete, marah gak jelas di media sosial, mending berikan kontribusi langsung yuk! ☺ Jadi, kenapa harus ragu? Info selengkapnya cek di sini yaaaa >>> DJPPR Kemenkeu RI <<< Selamat belajar investasi!


Bravo untuk Indonesia!





Komentar

  1. Wah, ikutan blog competition nya DJPPR ya Kak... Good luck ya... 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kak hihi doakan yaaa semoga menang hehe

      Hapus
  2. Mantabbbb kali ulasan MRT ini sa..
    Btw, jakarta semakin keren. Semakin ramah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah karena pernah ke sana kak hehe bolehlah sekali2 naik mrt kalo ke jkt hehe

      Hapus
  3. Goodluck...sukses ya dek...
    Kl ke jkt jd pengen nyobain MRT ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa kak bahkan udh ada tuh LRT juga, soon lah kalo ke jkt hehe

      Hapus
  4. Jadi pengen naik MRT? tpi biaya kesana aja mahal, terakhir ke jakarta thn 2014 :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk banyak doa aja bang manatau harga tiket turun atau dpt hadiah ke jkt hehe

      Hapus
  5. Alhamdulillah akhirnya ada kesempatan naik MRT kayak yg di luar negeri. Terimakasih untuk info yg super duper lengkap ini ya sak. Sukses selalu

    BalasHapus
  6. jadi lebih paham dna lebih aware lagi kenapa kita harus naik MRT (umu) dan dari yang aku rasakan emang seperti yang ditulis di content ini sih, semoga kedepan semuanya aware dengan mode transportasi umum ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih inu! Ditunggu update an nya naik MRT hahaha

      Hapus
  7. Best of luck buat kompetisinya ya mbak. Mudah2an MRT fase selanjutnya segera release ya, jadi semakin banyak daerah yg dilewati transportasi yg ramah lingkungan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaaaak thank youuu hehe. Bahkan udh ada LRT dong skrg. Wow indonesiaku :")

      Hapus
  8. MRT belum pernah coba naik moda transportasi iini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain mas. Enak, nyaman juga bersih lagi hehe

      Hapus
  9. Mantul inih, memang sudah sepantasnya kota jakarta punya moda transportasi level canggih seperti ini :)

    BalasHapus
  10. Bagus sekali.
    Semoga budaya antrinya juga menular ke daerah lain ya..

    BalasHapus
  11. moda transportasi MRT emang wuarbiasa. selain menggunakan teknologi yang canggih, moda ini membuat jakarta semakin terdepan. hahahha udah kayak iklan produk """""ha. baiknya semua kota besar di indonesia punya moda transportasi seperti ini ya. jadi ntr org indo yang keluar negeri gak akan gagap teknologi saat menaiki MRT disana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kak walaupun kmrn pas pertama dibuka banyak yg sembarangan gitu di stasiun MRT huhu

      Hapus
  12. Ada water refillnya? Keren... Ini berarti mendukung kampanye penggunaan sampah plastik ya.. semoga gak ada yang bawa galon hehehe Ups! Bercanda kok

    BalasHapus
  13. Besok balok jakarta ah cobain,banyak petujuk y kak,biar gak ke bingungan

    BalasHapus
  14. Semoga dengan adanya MRT bisa jadi solusi buat kemaceran ibu kota. Btw palembang juga punya sejenis. mdh2n gak bs nyobain di jakarta tapi di palembang nanti bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. yapppp, kayaknya gak jauh dr yg di jkt sih kak model sm kualitas nya hehe

      Hapus
  15. Ngerasain naik mrt di negara tetangga, negara sendiri mahal di ongkos pesawat hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkkw curhat, mentang2 ibu dr negeri sebelah wkwk

      Hapus
  16. Mrt ini bagus banget. Aku bangga di Indonesia sudah ada MRT, meski di Jakarta. Semoga Medan secepatnya ya. Namun perlu edukasi ke masyarakat karena biasanya tempat duduk sebelah pintu untuk lansia, anak anak, maupun bumil

    BalasHapus
    Balasan
    1. yapppp smoga medan akan menyusul kayak jkt dan palembang ya bang hihi

      Hapus
  17. Lengkap banget review nya. Jadi pengen naik MRT lho. Teringat dulu jaman kuliah dari depok mau ke jakarta naik KRL yang padat banget demi nggak macet. Semoga nanti bisa ada stasiun MRT sampe depok, biar nggak mikir ratusan kali untuk kesana dari jakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. issss itulah kak tapi itulah tantangan hidup, seru tapii wkwk

      Hapus
  18. Ya ampun sampe sekarang aku belum nyobain naik MRT.
    Aku iri banget sama temen temen yang udah foto foto di MRT hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk dan saya juga ga sempet selfie sih di sana wkwk

      Hapus
  19. MRT Jakarta jadi tujuan wisata ya 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kali kak, gak usah jauh2 lah ke luar negeri hehe

      Hapus
  20. Sekarang udah makin banyak lagi yang naik MRT. Kedua kali aku naik MRT, bau pesingπŸ˜„ naseb. Semoga semua orang bisa saling menjaga kebersihan, ketertiban dan gak urakan kayak pas awal-awal dulu itu. Semoga tetap terjaga dan gak dicoret-coret, ga dirusak. Sebel kalo ada liat oret-oretan gitu. Misal kayak Danang Love Intan.... SAPE YANG PEDULIIIIIIIII!!!! apasi norak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih ada yg gitu ya huhuhu harusnya emang lbh giat yaaa diedukasi masyarakat ini sayang kali kalo rusak huhu

      Hapus
  21. boleh jujur nggak? aku belum pernah naik MRT soalnya lokasi stasiunnya jauh dari rumahku. penduduk macam apa aku ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. naiklah cobain rasanyaaa, seru tapi ya lebih seru krl :)))

      Hapus
  22. Duuuhhh sejak dioperasikan belum main ke Jkt nih,
    Padahal stasiun Lebak bulus Deket banget dari rumah kakak yg di Ciputat,
    Gasabaaaar mau coba walau udah pernah di negeri jiran, tapi masa negeri sendiri belum πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. budayakan liburan ke negeri sendiri dulu kak wkwk :p

      Hapus
  23. Wah lengkap sekali informasinya kak. Detail dan gambar-gambar petunjuknya juga tersedia. Penataan MRT juga seperti di luar negeri. Khususnya untuk refill air. Setuju sekali. Aplikasi "refill my bottle" sangat membantu detect area yg bisa refill air. Ketauan kali anak EH or ZW nya. πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. EH itu apa ya kak? wkwkwk iya alhamdulillah smoga bermanfaat yaa :)

      Hapus
  24. Terimakasih atas informasinya.
    Semoga di kota-kota besar lainnya akan dibuat transport umum yang biaya bersahabat, ramah lingkungan-pengguna, dan solusi atas persoalan.

    Tapi, perlu disampaikan juga. Jika dalam pembangunan infrastruktur tsb, dll harus izin dengan pemilik sah dan dihargai dengan harga yang pantas. Sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

    BalasHapus
  25. Lengkap bgt infonya, tentang MRT di jkt, jd serasa punya panduannya disini dan ga perlu bingung2...bagus bgt mba elsa.

    BalasHapus
  26. Moda trasportasi modern memang harus dikembangkan di kota2 besar. MRT salah satunya, semoga dengan adanya MRT dapat mengurangi kemacetan karena masyarakat lebih memilih transportasi publik

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sekalii bang. smoga ke depannya banyak daerah lain yg ikut maju di transportasi ya hehe

      Hapus
  27. Ulasannya lengkap bgt kak, tulisannya bagus bgt, goodluck ya kak ❤️

    BalasHapus
  28. Kapan selsainya ya? Jadi Pingin nyobain deh 😁

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRUST ISSUE? sehat nggak, sih?

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!

Day 8: Nivea Intensive Moisture, Solusi Tepat untuk Kulit Kering!