Konsumtif Boleh, Tapi... Pake JNE Aja!



Tahun 2019 adalah tahun emas dimana unicorn bermunculan dan saing bersaing secara sehat untuk menjadi yang terbaik diantara unicorn lainnya. Unicorn yang ada sebelumnya menjadi lebih gencar dalam promosi. Mulai dari Gojek, Tokopedia, Bukalapak hingga Traveloka adalah unicorn yang cukup terkenal di Indonesia. Faktanya unicorn ini memberikan dampak yang cukup baik bagi masyarakat, termasuk memberikan lapangan pekerjaan. Terbukti data dari CEO Tokopedia, William Tanuwijaya di acara DBS Asian Insight Conference bahwa sudah ada sekitar 5 juta orang yang bergabung bersama Tokopedia membangun dan mengembangkan bisnis.

from  think with google

Tak hanya itu, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga semakin berkembang seiiring dengan banyaknya unicorn di Indonesia. Teknologi ini menjembatani UMKM dan konsumen. Tidak jarang investor berani mengeluarkan uang besar-besaran untuk unicorn yang digadang-gadang akan semakin berkembang di masa yang akan datang. Bahkan data terakhir yang dilakukan Traveloka, mereka mendapatkan suntikan dana sebesar 350 juta dola AS oleh investor Expedia. Tidak hanya itu, unicorn asal Indonesia ini melebarkan sayapnya ke kancah internasional dimulai dari negara di Asia Tenggara, seperti Thailand, Filipina, dsb, dengan prediksi pasar perjalanan online di tahun 2025 akan semakin berkembang menjadi 76,6 milyar dolar AS. Baca selanjutnya di 4 Fakta Unicorn, Ciptakan Lapangan Kerja hingga Bantu UMKM.

Semakin ke sini masyarakat semakin konsumtif dengan pilihan ecommerce yang sangat banyak dan aplikasi baik dari dalam maupun luar negeri yang menawarkan produk bagus dengan harga yang miring. Tingkatnya konsumsi tersebut perlu diiringi dengan perpaduan jasa logistik yang memadai, ya kita sekarang butuh jasa logistik sebagai bagian dari gaya hidup era digital. Sektor kreatif akan berkembang seiirng inovasi digital, sudah bermunculan blogger, vlogger, influencer, bahkan nyatanya anak muda sekarang lebih memilih menjadi enterpreneur dibandingkan kerja di perusahaan. Hmmm, benarkah?

Zaman memang sudah berubah ya, yang dahulunya mau kirim barang harus pergi di hari Senin sampai Jumat ke kantor pos, sekarang weekend juga ada jasa logistik yang buka. Bahkan sampai 24 jam. Penasaran?!!!


Yes, I will share for you! JNE!!! JNE adalah sebuah jasa pengiriman yang beprusat di Jakarta yang berasal dari nama Tiki Jalur Nugraha Ekakurir, atau lebih akrab di sapa JNE. Didirikan sejak tahun 1990 oleh H. Soeprapto Suparno. JNE hadir sebagai jasa yang memudahkan masyarakat terlebih dalam pengiriman barang, uang, dokumen, dsb. Bahkan JNE sangat peduli loh terhadap UKM lokal di Indonesia. Kenapa? Jelas, UKM lokal adalah sebuah usaha yang dimiliki masyarakat baik yang berada di kota maupun di dalam desa yang mengedepankan produk baik barang maupun jasa yang tentunya memudahkan manusia. Salah satunya tentu berakar dari sulitnya produk asli ditemukan, produk halal, harga terjangkau. Hmmmm apalagi kalau pemukiman kita jauh dari pusat perbelanjaan. 

pizza by anlabakish

UKM lokal punya teman saya sendiri yang begitu baik produknya adalah ANLABAKISH, saya berteman baik dengan owner sejak SMA. Beliau menjual produk pizza, makaron, atau kue basah coklat yang harganya sangat terjangkau, apalagi di kalangan pelajar dan mahasiswa. Tentang rasa? Boleh diadulah dengan yang lain, selain non-MSG, halal, bahan yang digunakan juga tentunya terjamin kemasannya. Bahkan seiring perkembangan waktu, owner membuat paket khusus, terutama di hari ibu, Anis, teman saya ini bekerja sama dengan temannya menjual pizza dan sebuket bunga/ makanan ringan secara sepaket, tentu dengan harga yang sangat ekonomis. Tertarik? Kamu bisa kunjungi instagramnya di anlabakish.


anlabakish x jhouseflowers

Ini beberapa penampakan dari produknya. Jadi bikin ngiler enggak sih pas jam makan siang begini? Fufufu. Umumnya Anis lebih sering menggunakan jasa transportasi online untuk mengirimkan barangnya ke konsumen. Apalagi makanan begini kan enaknya disantap ketika hangat ya hehe. Hanya saja Anis punya taktik khusus jika ada konsumen yang ingin membeli namun di luar kota, ia sediakan pilihan jasa logistik dengan estimasi 1 hari sampai, dan apalagi kalau bukan JNE YES! Paket YES dengan slogan yakin esok sampai dengan lebih dari 6000 outlet diseluruh nusantara sudah terbukti membantu perkembangan UMKM sampai ke pelosok daerah. Bahkan dengan 40 ribu karyawan, market share JNE mencapai 27% baik dari market place, medsos, dll untuk proses kirim barang.

Sudah jelas sekali bukan, secara tidak langsung JNE berperan aktif dalam pengembangan UMKM lokal. Nah, tinggal bagaimana caranya UKM menciptakan produk yang semakin inovatif ke depannya, ya seperti Anis aja, dari awalnya cuma jual pizza, lama-lama makaroni, lalu jual paketan dengan sebucket bunga asli, kebayang dong kerennya. Tapi ya memang harus begitu, sebagai pengusaha, UKM harus mampu juga berdaya saing dengan penjual lainnya, membuka pasar yang lebih luas tentunya dengan adanya teknologi digital, bahkan ke global, kenapa tidak?


JNE sebagai ekspedisi yang siap mengirimkan barang ke manapun kita mau adalah sebuah jasa kurir yang mengedepankan produk UMKM. Berdasarkan hasil kajian Ernst & Young (EY) bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Perekonomian, diperkirakan bisnis e-commerce Indonesia akan meningkat 10 kali lipat pada 2020, dengan valuasi menembus 1,8 triliun, tentunya akan menjadi potensi besar bagi perkembangan industri logistik nasional. Baca berita selengkapnya di UKM Maju bersama JNE.


Visinya JNE terus berinovasi dan memajukan teknologi, kata mantan presiden direktur JNE, M. Feriadi. Nah, untuk itu JNE secara khusus membuat program PESONA guna memajukan UMKM atau usaha mikro kecil menengah. Apa itu? Sebuah program dalam bentuk website yang mewadahi seluruh UMKM di Indonesia untuk mempromosikan produknya di sana. Dan penggerak UMKM ini dengan JNE cashless tidak perlu membayar biaya pengiriman ke agen JNE. Wah, baik banget!

Pelayanan JNE juga ramah dan bagus sekali, terlihat disediakan minum di tempat pengiriman barang, tak lupa juga ada timbangan dan selebaran promo dan diskon gitu. Cuma saran saya, minumannya diganti jadi yang kemasannya non-plastic aja hehe. Misalnya dengan menyediakan galon dan gelas kaca, namun memang harus bersih hehe. Selain go green, kita juga sekalian mengajak masyarakat peduli akan lingkungan kan? Hehe. Disediakan juga majalah agar pengunjung tidak bosan ketika menunggu giliran. Untuk yang datang sendirian gimana? Tenang aja! Berjejer kursi panjang disana yang setia menemani kamu hehe.




Tidak hanya itu, kita dapat ngtrack sudah sampai dimana paket kita dengan JNE track. Terpantau dengan jelas, tentunya! Kamu juga tidak perlu khawatir akan rusak atau hilang, ada tawaran asuransi dan packaging kayu juga kok di JNE. Kalau harga? Terjangkau kok, sesuai dengan budget transportasi ke tiap kota tentunya. Ke Jakarta aja cuma 26 ribu kok.


Semakin banyaknya unicorn, tingkat konsumsi masyarakat Indonesia semakin tinggi, terutama ketika gajian. Maka tidak jarang baik unicorn, e-commerce, hingga media sosial memberikan diskon khusus ketika gajian. Nah, untuk itulah JNE semakin berperan besar dalam pengembangan dan pengiriman produk. Baik itu dari dan ke dalam negeri, maupun dari dalam ke luar negeri. Semua sudah semakin mudah sehingga hanya tinggal klik saja konsumen dapat menerima barang yang dipesan. Terutama dengan paket YES, paket yang sehari langsung sampai apalagi jika pengiriman dilakukan sebelum jam 11 siang. Jadi, kalau kamu semua mau belanja terus, boleh banget buat bantu memajukan perekonomian bangsa, eits tapi harus diingat kewajiban kamu juga harus ditunaikan ya, bayar PBB, pajak penghasilan, zakat, dan jangan pakai kartu kredit kalau belum mampu beli cash hehe. Gaya hidup boleh konsumtif tapi... jangan lupa pilih jasa kurirnya JNE ya! 😊😀


all designed by me with canva.

happy 29st anniversary, dear JNE!

Komentar

  1. pelayanan jne memang bagus, gak salah sih kalau ngirim2 barang pakai jne, mantap sharenya!
    *AORLIN(.)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wohooo iya mbak. Makin ke sini alhamdulillah makin bagus.

      Hapus
  2. JNE memang cepat pelayanannya dan menyenangkan sekali lho ngirim paket pakai JNE

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mbak, produk lokal ini bisa mengusai bisnis di Indonesia juga.

      Hapus
  3. Saya juga sering pake JNE, Kak. Selama ini memang merasa paling nyaman pakai JNE. Nyari loketnya juga enggak sulit. Hampir tersebar di mana-mana dan jumlahnya lebih banyak dibanding loket jasa pengiriman lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt mas hihi selain terjangkau kualitasnya tdk perlu diragukan lg yakan hehe

      Hapus
  4. Sediakan modal uang di rekening aja banyak² trus mulai deh shopping online, JNE akan siap mengantarkan sampai ke tempat, gitu kan hehe. Mantoel. Btw, bs juga tuh dicoba Pizza Anlabakish nya. Scr anak² love pizza. Tfs yaa Elsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, lumayanlah gak ribet ke atm ya wkwkwk mangga dicoba kak miaaaa, enak :9

      Hapus
  5. JNE msih jadi pilihan kalau belanja online, untuk paket 1- 2 kilo. Kalau udah di atas 2 kilo apalagi di atas 5 kilo biasanya mencari alternatif ekspedisi lain yang lebih lowcost

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk iya kak. Harus pande-pande lah kita hehe

      Hapus
  6. Dari rumah paling deket emang jne. Asyiknya boleh minta dijemput kalo pas ada anteran paket buat customers.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohya bisa gitu ya kak? Wah info baru nih. Itu khusus yg kirim banyak ya?

      Hapus
  7. Sejauh ini puas pake jne, pernah waktu jualan online kmrn barangku rusak, Alhamdulillah dapat penggantian full dari jne. thanks jne ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow ada program asuransi yg bikin baramg lbh terjamin ya kak

      Hapus
  8. Tapi maren dr batam sampe 10 hari ngerih overload paketan ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uwihhh iyalah kak apalagi mau lebaran wkwkwk siap2 aja

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih ke CASHLESS

TRUST ISSUE? sehat nggak, sih?

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!