Skip to main content

5 Barang Wajib Ada ketika WFH

WFH atau work from home sudah lebih dari dua bulan. Gima rasanya? Di awal-awal mungkin agak emosian, soalnya rumah lagi masa pembangunan, jadi ribut, berisik. Kebayang dong kalian semua sedang meeting lalu ada suara wara-wiri, pukul sana pukul sini? Ya, begitulah yang saya rasakan, di bulan ramadhan pula. Semakin naik sasak kalau kata orang Medan wkwkwk. Alhamdulillah semakin ke sini semakin sadar, kalau ini WFH, tentu tidak akan seefektif jika dibandingkan dengan bekerja dari kantor atau WFO.




Ritmenya sudah mulai ada, pagi hari sudah mulai mandi, jam 8.30 sudah stand by menghidupkan laptop di kamar, walaupun ya saya juga suka nyapu dulu, lalu balik lagi ke kamar untuk WFH. Maklum, sudah sejak lama kami apa-apa sendiri, hanya saya dan Mamak yang bersih-bersih di rumah. Jadi, saya kadang bingung kok anak gadis yang lain itu bisa sesantai itu ya, enggak sibuk urusin bukaan, beresin rumah, dll 😓

WFH akan membuat orang introvert semakin bahagia, karena tidak bertemu orang baru, tidak perlu menjelaskan ini itu dengan menatap lawan bicara. Sungguh, saya suka. Tapi tidak untuk selamanya. Karena bisnis di kantor berjalan jika kami WFO. WFH ini membuat khawatir memang, takut di PHK, takut tiba-tiba kantor tidak mampu lagi membayar gaji pegawainya. Kekhawatiran itu wajar ada, terima apa adanya. Terima, jangan denial. Lalu kerjakan hal yang mendukung produktivitas ketika WFH. Nah, salah satunya dengan selalu menyiapkan barang-barang ini selama WFH. Apa aja itu? Yuk, kita bahas!

Notebook. Sebagai anak yang suka prepare akan segala sesuatu, notebook adalah hal yang harus saya isi sedari malam hari, agar esok harinya lebih full dalam menjalankan sesuatu. Kalau dibilang hemat kertas dong, pakai yang di HP saja. Saya sudah pernah coba, tapi sensasinya beda di saya. Saya lebih suka mencoret apa yang ada di kertas. Bahkan tidak jarang ketika membeli buku, buka sampul plastiknya, hal pertama setelah itu yang saya lakukan adalah mencium aroma buku baru. Ini hanya saya saja atau kalian juga? Komen di bawah ya! Hihi.
Banyak banget notebook lucu di luar sana. Tapi saya tidak butuh yang lucu, hanya butuh yang kosong. Saya suka menggunakan kertas bekas dari buku tulis adik saya, sejak SD kami sudah diajarkan untuk begitu, ya lumayanlah dapat 1-3 buku dari mengumpulkan kertas lama untuk dijahit menjadi kertas baru. Sisanya? Biasanya saya diberikan notebook gratis, baik sebagai hadiah dari temen, dari seminar, atau sekadar hadiah dari giveaway, Alhamdulillah, budget notebook nihil hehe.

Pulpen, apalagi pulpen yang lucu dan imut gitu kan. Siapa yang tidak suka? Apalagi kalau sudah dipajang ke semua pilihan gambarnya. Harganya mulai dari 2 ribu untuk pulpen biasa, sampai ke pulpen yang lucunya gemesin dengan harga 15 ribu rupiah. Kalau saya ya cukup yang biasa saja. Paling suka yang tintanya cair gitu, berasa beneran nulis aja gitu hehe saran sih kalian cukup beli satu, dan sisanya beli yang isi ulangnya. Dengan begitu tentu lebih hemat. Mau tau info selengkapnya? Bisa japri saya, adik saya jualan pulpen begini soalnya hehe.

Laptop, of course karena semuanya melalui laptop ya. Mulai dari buka email, blogging, sampai dengerin podcast dan youtube. Semuanya bisa di laptop. Gunakan laptop minimal 2 hari sekali, biar enggak shock kalau kelamaan enggak dinyalakan biasanya dia agak ngheng gitu huhu. Terbukti sejak selalu pakai laptop kantor, laptop pribadi jarang dinyalakan, dan biasanya begitu dihidupkan dia jadi ngelek gitu. Jangan ditaruh ditempat yang tidak menyerap panas, seperti di kasur, karena itu tidak baik bagi laptop. Biasakan menggunakan meja ya. Laptop ini sepaket dengan mousenya. Karena saya takut touchpadnya cepat rusak, jadi saya beli mouse hehe.

HP ya jelas yaaa, semuanya included di HP, mulai dari grup, link meeting. Sampai ke job dari blogger kan biasanya berasal dari HP ya. Untuk klarifikasi HP di WFH sebenarnya HP manapun bisa ya. Cuma saya juga agak kewalahan dengan WFH ini, HP tidak bisa di mute sama sekali, karena kalau di mute, ada aja ketinggalan info. Apalagi semuanya ingin direspon, tidak jarang saya kasian dengan HP saya sendiri karena kerja kerasnya selama WFH ini. Tapi apa perlu beli HP baru selama WFH? Selama itu mendukung produktivitas kamu, kenapa tidak? Dan pastikan uangnya ada ya! Jangan di bayar cicil begitu, itu namanya kamu cari masalah.

Meja belajar, hemat, beli di informa, sekitar dua ratus ribu. Kebetulan di rumah sudah ada sejak lama, punya adik saya, karena WFS nya sudah selesai, jadi saya yang menguasai sekarang hehe. Kenapa harus meja belajar? Karena saya belum punya meja kerja layaknya kantor di rumah, jadi ya gunakan seadanya dulu ya. Yang penting kamu jangan memaksakan yang tidak ada di rumah. Gunakanlah apa yang ada. Dengan kardus bekas juga bisa kok hehe.

Comments

Popular Posts

Mengapa Harus Pilih MRT?

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!

Review CoHub Indonesia, Coworking Space di Medan