Skip to main content

Hal yang Patut di Syukuri di tengah Pandemi

Banyak sekali yang kesel dan menyangkan dengan adanya pandemi ini. Tidak jarang benci dan tidak bahkan rasanya putus asa. Mulai dari ekonomi masyarakat yang rendah, biaya sekolah anak yang tetap di bayar walaupun tidak ke sekolah, pegawai yang terpaksa di PHK, dirumahkan, dan hal lainnya. Tapi sadarkah kita banyak hal yang memang patut di syukuri dibalik kesedihan tersebut?



Pertama, tentu semakin kenal dan akrab dengan keluarga. Tidak jarang di hari normal, hanya bertegur sapa di kala pagi, kemudian satu per satu orang rumah pun pergi keluar rumah menuju aktivitas masing-masing. Malam? Ya tinggal tidur. Karena untuk saya pribadi, terkadang saya masuk shift malam sehingga membuat jam bertemu dengan keluarga semakin tidak teratur. Weekend? Sebulan 2x saya masuk kerja, jadi ya kebayang dong :))

Kedua, jadi bisa masak. Semakin tahu ada daun bawang, ada bawang daun, kemiri, dan lain sebagainya yang dihafal langsung ketika masak di masa pandemi ini hahaha. Selama ini ke mana ajaaaa? Tapi tidak ada kata terlambat untuk orang yang mau belajar, bahkan jadi anak BM, banyak mau, semua harus bisa sebelum umur segini, segini, padahal tubuh juga butuh istirahat heu.

Berkebun, yashhh, I know it so well when pandemi. Walau sudah mulai hemat sampah dan masuk ke dunia pengomposan, dengan mulai menanam hal kecil di rumah semakin sadar bahwasanya bumi ini sudah baik sekali loh, mau di ajak berproses bersama, kenapa kita malah serakah? Alhamdulillahnya lagi jadi lebih hemat dan bisa sharing dengan teman-teman lainnya.

Tidak ada buka bareng membuat saya lebih tenang, no budget tidak penting artinya. Jadi saya fokus untuk ibadah dan bekerja di rumah. Saya pribadi termasuk orang yang pilah-pilih acara bukber. Karena selain tidak ada teman, saya tidak mau waktu saya terbuang gitu saja hehe.

Banyak ilmu baru yang dibikin di acara online, dalam bentuk webinar, atau kulwap di whatsapp, dan semuanya memang memudahkan sekali sih. Bisa dapat insight baru, tapi hemat waktu, biaya dan tenaga juga. Tapi tidak jarang loh dengan banyaknya kelas online ini membuat hidup jadi berantakan. Apalagi mental FOMO kita yang bikin semuanya pengen diikutin. Padahal yang beneran diikutin sampai akhir acara itu ada berapa lah dibandingkan yang kamu daftar di semua acara 😂

Comments

Popular Posts

Mengapa Harus Pilih MRT?

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!

Review CoHub Indonesia, Coworking Space di Medan