Skip to main content

Pentingnya Vaksin bagi Tubuh

Halo sudah masuk ke bulan Oktober aja nih. Bagaimana keadaannya? Semoga semuanya dalam keadaan sehat ya. Covid tidak akan menurun penyebarannya kalau kita sendiri masih abai. Tidak pakai masker, handsanitizer, menjauhi kerumunan. Bukan kita mungkin korban selanjutnya, tapi bisa jadi keluarga kita, sahabat kita, tetangga kita, kalau kita masih bodo amat.

Di balik isu rumah sakit mendapatkan insentif khusus pasien covid. Saya tetap percaya covid itu ada. Keluarga sudah ada yang korban? Sudah. Dan itu tidak enak. Ibarat aib, covid itu terlalu cepat dan mudah membuat kita yang berada di sekitar menjadi menjauh, jijik dengan korban. Padahal mereka butuh support. Dan tidak eprlu berdekatan, cukup by phone saja, insyaAllah jika niatnya untuk support yang sakit, tentu berbeda hasilnya.



Saya tidak akan membahas vaksin pencegah covid. Dari saya dan keluarga yang penting:

1. Jaga jarak

2. Pakai masker kain, scuba tidak direkomendasikan ya

3. Banyak minum air putih, minuman baik lainnya, non soda

4. Istirahat yang cukup

5. Jangan penuhi pikiran dengan hal-hal duniawi

6. Walau kepada keluarga sendiri, hendaklah kita tahu kapasitas diri kita. Jangan bepergian ke luar rumah. Apalagi jika ada anak kecil.

7. Makan makanan yang bergizi dan vitamin

8. Pasrahkan pada Allah, mungkin ini cobaan bagi kita agar lebih dekat lagi pada-Nya

Ngobrol soal vaksin covid yang belum ditemukan kira-kira sepenting apa sih vaksin untuk orang dewasa?

Tidak melihat umur, jenis kelamin, jika bersifat wajib, maka vaksin wajib digunakan. Gunanya sebagai pertahanan untuk tubuh itu sendiri. Tapi apasih vaksin itu?

Vaksin adalah sebuah bahan yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan tentang suatu penyakit. Termasuk imunisasi yang berguna untuk mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi penyakit tertentu.

Pemberian vaksin disebut vaksinasi. Seperti penyakit cacar, polio, campak, dan tetanus. Beberapa penyakit dapat dicegah dengan pemberian vaksin.

Cara kerja vaksin bagaimana? Yaitu dengan merangsang sistem imunitas untuk membuat zat kekebalan tubuh yang bertahan cukup lama. Nah, zat ini nanti akan melawan antigen dari patogen yang masuk ke dalam tubuh.

Orang dewasa disarankan untuk mendapatkan vaksin jika memang berisiko sebagai berikut:

- Berusia lanjut

- Sedang hamil/ menyusui

- Penyakit kronis, seperti asma, diabetes, jantung

- Daya tahan tubuh lemah

- Belum pernah imunisasi wajib sebelumnya

- Bekerja di tempat berisiko tinggi menularkan infeksi seperti rumah sakit atau laboratorium klinik

Jika kamu termasuk golongan diatas, maka sebaiknya kamu vaksin sedari dini. Karena kita tidak pernah tahu kapan penyakit akan mendatangi kita. Vaksin dapat diberikan oleh puskesmas maupun rumah sakit. Termasuk ketika balita diberikan imunisasi, itu termasuk vaksin. Bahkan diberikan secara gratis loh!

Jenis-jenis vaksin:

Vaksin mati ilah vaksin yang mengandung virus atau bakteri yang sudah dimatikan dengan suhu panas, radiasi atau bahan kimia. Contoh polio, DPT, flu.

Vaksin hidup adalah virus yang terkandung divaksin dilemahkan. Contoh MMR, BCG, cacar air.

Vaksin toksoid yaitu racun bakteri yang diolah secara khusus namun mampu merangsang tubuh untuk membentuk kekebalan terhadap racun yang dihasilkan bakteri tersebut. Contoh tetanus toxoid dan vaksin difteri.

Vaksin biosintetik ialah mengandung antigen yang diproduksi khusus menyerupai struktur virus/ bakteri. Contoh vaksin Hib.

Dari banyaknya vaksin tersebut bagaimana dengan harganya? Untuk info lebih lanjut kamu bisa download aplikasi HaloDoc! Yang akan memudahkan kamu jika ingin berkonsultasi tanpa harus ke puskesmas, klinik, atau rumah sakit. Cukup bermodalkan kuota, kamu bisa langsung chat dengan dokter. Tersedia banyak pilihan dokter di HaloDoc. Di akhir sesi curhat bahas penyakit kamu juga bisa minta resep, kira-kira harus mengonsumsi apa untuk mengurangi penyakit kamu tersebut.

Begitu juga kalau kamu sibuk dan jauh dari pusat kota, kamu bisa langsung pesan obat dari aplikasi! Alhamdulillah saya sudah sering sekali pakai HaloDoc dan memang terpercaya ❤️ Berikut beberapa screenshot saya dengan dokter. Dokternya baik-baik pulaaa. Kalian bisa pilih berdasarkan pengalamannya, jenis kelaminnya, jadi akan lebih nyaman ketika mau menjelaskan masalah kesehatan kita.




Pembayarannya juga mudah. Bisa pakai Gopay hingga kartu kredit. Untuk info lebih lanjut kamu bisa klik di sini ya! Vaksin Surabaya, kamu bisa lihat list harga dan diskon yang diberikan oleh HaloDoc! Mudah sekali bukan? Yuk, kita lebih aware sama kesehatan tubuh kita ;))

Comments

  1. Wah, udah ada yang vaksin dan bisa lewat aplikasi halodoc pula. Bener-bener memudahkan ini dan bikin tenang ya

    ReplyDelete
  2. Memang halodoc membantu banget di saat pandemi seperti saat ini ya sa.. soalnya kita lebih nyaman chat dengan dokter dari rumah..

    ReplyDelete
  3. Setuju banget dengan 8 cara Elsa dalam menghadapi situasi ini. Kami juga melakukan itu. Walaupun rasanya jenuh di rumah saja, tapi tak apalah namanya juga ikhtiar ya gak?

    ReplyDelete
  4. Selain makan makanan bergizi, olahraga, dan menjaga pola hidup sehat serta menjalankan protokol, pemberian vaksin juga perlu ya kak kan krn suatu bentuk ikhtiar juga ya untuk menjaga kesehatan kita

    ReplyDelete
  5. Sekarang untuk dapatkan informasi seputar vaksin apalagi covid cukup lewat aplikasi Halodoc aja, cukup memudahkan banget ya tinggal unduh dan chat sama dokternya, mantap lah :)

    ReplyDelete
  6. HaloDoc memang oke. Responnya cepat dan sesuai dengan keluhan yang kita sampaikan melalui chat. Saya belum pernah nanya tentang vaksin di aplikasi HaloDoc, tapi kayaknya butuh ya untuk meningkatkan imun tubuh terhadap penyakit yang risikonya tinggi untuk terpapar ke tubuh kita.

    ReplyDelete
  7. Setuju Elsa... jangan terlalu dipikirkan kali hal2 duniawi ini ya, agar pikiran dan perasaan selalu sehat, banyak2 bersyukur, banyak2 qona'ah ya. Nice share

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kamu untuk membaca. Tolong jangan komentar dengan link aktif ya! :))

Popular Posts

Mengapa Harus Pilih MRT?

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!

Review CoHub Indonesia, Coworking Space di Medan