Skip to main content

Mengapa Harus Swab Test?

Covid per kemarin, 13 Januari 2020 sudah menyentuh angka 858.043 pasien positif. Angka ini begitu naik dibandingkan hari kemarin. Semakin banyaknya masyarakat yang terkena, harusnya kita juga semakin aware akan diri kita sendiri. Bagaimana bentuk aware yang sebenarnya? Kebanyakan dari kita parno jika pernah bertemu atau kontak fisik langsung dengan orang yang dinyatakan positif covid-19, padahal dengan sikap parno tadi, suasana hati dan fisik kita mengikuti menjadi panik.


Bentuk aware yang disarankan jika kamu merasa diri kamu sudah suspek nih, banyak gejala yang muncul di kamu, kamu perlu Swab test. Atau kedua, ada kontak fisik langsung dengan pasien covid namun tanpa disertai gejala seperti demam, flu, batuk, dan sesak napas, baiknya menjauhkan diri dan mulai isolasi mandiri di rumah. Hal ini disebut tracing contact, sebagai upaya melihat siapa saja yang memang kontak langsung dengan pasien positif. Nah selama isolasi perlu kiranya kita makan makanan yang bergizi, minum vitamin, berjemur, benar-benar fokus untuk kesehatan diri sendiri.

Namun jika dalam 5 hari gejala malah semakin kuat muncul di fisik kita, baiknya kita test. Sebaiknya test yang mana? SWAB Test! Mengapa? Karena hasilnya lebih cukup akurat dibandingkan kamu mencoba rapid biasa. Hal ini berguna untuk memutus mata rantai covid-19. Rumah sakit juga sudah penuh, padahal disarankan jumlah rumah sakit harus berada di 30% dari jumlah pasien. Nyatanya? Beberapa rumah sakit tidak menerima pasien covid-19.


Kalau tidak test apakah akan jadi masalah? Belum tentu, hanya saja kamu benar-benar harus menjaga diri dari kontak dengan orang lain, termasuk dengan keluarga kamu di rumah. Belum lagi jika hari sebelumnya kamu WFO (Work from Office), kebayang dong kamu bisa membuat klaster covid baru! Orang yang bepergian dari luar kota atau luar negeri dalam 14 hari juga diwajibkan swab test, tetapi syukurnya Indonesia sudah menutup gerbang dari luar negeri ya per-awal Januari kemarin, tinggal yang dari luar kota nih.

 

Swab test juga tidak sesulit itu kok sekarang. Tes swab merupakan tes dengan akurasi yang tinggi untuk mendeteksi infeksi akibat virus corona. Biasanya pasien bisa datang ke rumah sakit atau klinik yang bekerja sama atau bisa juga diajukan didatangi ke rumah pasien. Sampel tes yang digunakan adalah lendir yang diambil nakes dari bagian hidung (nasofaring) atau tenggorokan seseorang. Salah satu penyedianya adalah GSI Lab. Selain berkolaborasi dengan pemerintah, tiap individu dan perusahaan dapat berpartisipasi membantu persediaan PCR swab test bagi masyaraaat kurang mampu sebagai aksi solidaritas nasional. Masyarakat dapat berdonasi, menyediakan tes PCR gratis bagi masyarakat yang membutuhkan. Setiap 2 tes PCR yang dananya berasal dari donasi yang terkumpul, GSI Lab akan mendonasikan 1 tes PCR tambahan. 

GSI Lab adalah social entrepreneurship sebagai aksi solidaritas #SwabAndSaveIndonesia untuk mendukung pemerintah dan masyarakat menangani covid 19 melalui pengetesan PCR yang cepat dan akurat. Biaya test untuk daerah jakarta drive thru mulai dari Rp899.000 dan hasilnya didapatkan H+1, untuk dengan hasil di hari yang sama merogoh kocek dengan harga Rp1.188.000.


Lalu mengapa harus GSI Lab? Pelayanannya dengan proses yang cepat, hanya membutuhkan waktu 5 menit, staf ramah dan terlatih, hasil cepat dan akurat, disampaikan melalui email. GSI Lab menggunakan teknologi canggih, bahkan hingga 5000 test perhari, instrumen pCR yg berkualitas tinggi dan tersertifikasi CE-IVD dari korea. Lokasi tes juga fleksibel, bisa di mobil, motor, ataupun diokasi pilihan kita serta lab dengan standar internasional. Jika hasil swab test kamu negatif, makaitu adalah hasil real time pada saat itu, dan tidak bisa menjamin di hari-hari kedepannya. Untuk itu diwajibkan tetap menerapkan 3M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan. Kalian bisa cek di websitenya langsung di https://gsilab.id/id/home/ atau instagramnya di gsilab.id ya!

Comments

  1. siap...kayaknya baru ada di jakarta ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab bang.. swab ada di rumah sakit bang..
      Bisa juga lewat aplikasi kesehatan, bikin janji trus yang ada promo ada diskon.

      Delete
  2. Mahal juga ya swab test ini...
    pernah liat di youtube public figure melakukan swab test.
    awak kok mau muntah juga ngeliatnya...
    haizzz
    swab test ini berlaku berapa hari Els...?

    ReplyDelete
  3. alhmdulilah hingga saat ini belum pernah swab test dan jangan sampai juga hehe
    Kita harus tetap patuh protokol kesehatan dan 3M

    ReplyDelete
  4. Sudah banyak yang terinfeksi di masa pandemi ini. Sedih dan khawatir karena penyakit ini belum bisa diatasi.

    Jnformasi memgenai tes SWAB itu penting diketahui masyatakat.

    Terima kasih sudah menyertakan kisaran harga, sangat membantu bagi yang lkebingungan.

    ReplyDelete
  5. Bener nih PCR Swab test masih mahal untuk sebagian besar orang untungnya ada GSI Lab ya dengan program sosialnya semoga dapat terus membantu untuk melayani bagi orang yg tak mampu yg membutuhkan ya PCR SWAB test ini ya

    ReplyDelete
  6. Memang bener dek, hasil swab lebih akurat dibanding hanya rapid biasa. Apalagi di masa sekarang ini, terkadang kita gak tau sudah berinteraksi dengan siapa saja di layanan umum seperti bank dan minimarket. Makanya ketika merasa ada gejala yang mendekati covid 19, harusnya segera melakukan swab agar bener yakin dengan hasil .
    Seandainya positif ya harus langsung mendapat penanganan. Bila hanya tanpa gejala bisa isoman di rumah ya.
    Tapi bila ada gejala berat mau gak mau harus ke rumah sakit khusus yang menangani covid 19.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau rapid antigen bagaimana tingkat keakuratannya?
      Secara kita dicolok juga hidung dan mulut pas mau ditest.

      Delete
  7. bener banget sih, meski sudah swab test nggak membuat kita selamat dari covid-19, namun dengan swab test kita jadi tahu kondisi kita seperti apa. yg jelas mesti terapkan prokes seketat2nya, masker jangan lepas, kl bisa di rumah aja jgn pergi2, jaga jarak, jaga kebersihan. stay safe ya kak ")

    ReplyDelete
  8. Hmm noted nih GSI Lab ya Sa kalau mau Swab Test... kebetulan anak kk hasil rapid test nya reaktif pulak nih... mau nyari lab juga buat Uji Usap. GSI Lab tempatnya ya... tfs Elsa... Yuk sama2 kita terapkan terus prokes nya yaa, semoga sehat selalu.. aamiin

    ReplyDelete
  9. Kalau tidak ada kepentingan sekali, kami memilih diam saja. Selain tidak harus membuat surat pernyataan yang mana kita harus melakukan test dulu, merasa lebih baik di rumah saja selama pandemi ini blm beneran pergi

    ReplyDelete
  10. Wehh bisa di mobil juga yah kayak drive thru. Kebetulan kemarin ada temen juga butuh swab tapi ngga bisa pergi ke RS karena lagi isolasi mandiri juga.

    ReplyDelete
  11. Kehadiran GSI Lab dengan mengutamakan kecepatan menjadi pilihan bagus untuk siapa yang ingin cepat mendapatkan kepastian data deteksi Covid-19. Di tempat saya, hasil swab test harus menunggu lebih dari tiga hari, lantaran sampel dikirim terlebih dahulu ke rumah sakit di ibukota provinsi.

    ReplyDelete
  12. Adik saya kena Covid-19 kemarin ini, alhamdulillah sudah sembuh. Kami sekeluarga semuanya sempat ikut swab. Alhamdulillah Ya Allah, semua negatif. Kami bersyukur banget. Memang sangat penting.

    ReplyDelete
  13. seenggaknya kita tahu hasilnya dan jadi tahu apa yang harus dilakukan ya kak untuk kesehatan kita. saya sering ngobrol sama teman yang dokter memang test ini lebih akurat, semoga kita semua sehat selalu ya kak, aamiin

    ReplyDelete
  14. Test swab ini memang mahal ya kak, tapi lega dihati. Kapan hari suami juga swab setelah hasil rapidnya reaktif dan rekan sekantor beberapa juga positif

    ReplyDelete
  15. Aku takut eh Mbak kalau diminta tes Corona. Takutnya langsung dibilang positif. Soalnya, aku orangnya suka batuk eh. Tapi ngeri juga sih ini Corona nggak selesai-selesai

    ReplyDelete
  16. terima kasih infonya.. ini sangat membantu masyarakat terutama yang mau tidak mau terpaksa beraktivitas di luar rumah.. apakah sudah ada di seluruh pulau jawa juga di luarnya?

    ReplyDelete
  17. Hasil Swab Test ini memang lebih akurat ya dan harga juga lebih mahal. Saya membayangkan saat mau tesnya ini kok kayak menyakitkan gitu. Saya pun berencana mau Swab Test juga karena mau ada berpergian

    ReplyDelete
  18. Kalau swab test itu hasilnya langsung keluar nggak ya kira-kira?
    Sekarang ini malah ada antigen pula. Nah, itulah yang belum saya cari tahu.

    ReplyDelete
  19. Ya, untuk yg sering bepergian atau kontak dengan orang lain, sebaiknya pernah melakukan swab test demi keamanan keluarga sendiri jg. Klo di Gsilab biaya swab berapa kak?

    ReplyDelete
  20. Di artikel sudah menjelaskan, SWAB itu sangat berguna untuk mengetahui kesehatan kita. terlebih lagi untuk jaga2. jadi bisa mengonsumsi

    ReplyDelete
  21. bahas SWAB test, membuat saya tidak bisa bekomentar posistif mbak karena saya termasuk orang tidak setuju manusia di swab. hidung sehat di sogrok, aduh saya ngelihatnya ngeri. menurutnya saya SWAB malah jadi bahan komersil beberapa orang.
    maaf bukannya saya pengikut konspirasi mbak ya

    ReplyDelete
  22. langgan suami swab nih hehe.. dan memang selalu full terus ya yg id cilandak nih :)

    ReplyDelete
  23. Kalau disuruh swab test sebenernya masih kawatir karena masukin ke hidungnya itu lho, tapi memang lebih akurat ya dibanding rapid test biasa yang memakai sampel darah

    ReplyDelete
  24. Hiks.. Bener.. Data hari ini gak menjamin untuk besok. Tetap jaga prokes.
    Makasi infonya kak.

    ReplyDelete
  25. Sepakat..
    Jika ada indikasi sebaiknya swab, lebih cepay diketahui lebih cepat diobati..

    Semoga kita terhindar dari covid-19 ya

    ReplyDelete
  26. Mantul ini, laboratoriumnya berstandar internasional ya dan tes bisa dilakukan di mana saja ya. Bisa di mobil, bahkan motor juga bisa, serta lokasi yang kita pilih ya. Noted

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kamu untuk membaca. Tolong jangan komentar dengan link aktif ya! :))

Popular Posts

Mengapa Harus Pilih MRT?

Review CoHub Indonesia, Coworking Space di Medan

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!