Skip to main content

Covid Datang, Kita Bisa Apa?


2020 covid hadir di tengah sibuknya masyarakat akan kegiatan sehari-hari. Porak poranda. Semua berubah. Belajar offline menjadi online, rapat yang biasanya bertatap muka kini menjadi online. Sampai ke restoran, semua memberlakukan take away, diantar oleh ojek. Kalau gaptek, lalu bagaimana bisa mempertahankan bisnis? Bukan masalah gaptek atau tidak. Bagaimana kita mengubah mindset dari yang awalnya semua secara tradisional, kini berubah menjadi GO TO ONLINE. Semua terdampak akibat covid ini, mulai dari dokter yang kewalahan di rumah sakit untuk menjaga dirinya sendiri hingga merawat pasiennya juga. Mahasiswa yang baru lulus dan bingung, bagaimana kelak lapangan kerja? Apakah tersedia? Atau malah pengangguran semakin banyak.

Adanya bencana virus yang menelan banyak korban ini, tidak lupa juga menegur pemerintah kita untuk lebih peduli kepada masyarakatnya, termasuk oleh bapak presiden kita, Joko Widodo, melaksanakan apa yang sudah direncanakannya sewaktu kampanye, yaitu peluncuran kartu PRAKERJA. Yaitu kartu yang dikeluarkan dalam rangka program pelatihan dan pembinaan khusus untuk yang belum memiliki keterampilan. Diawal mula diluncurkan program ini, tentu banyak sekali pro-kontra di dalamnya. Termasuk oleh saya sendiri yang menganggap, skill boleh dilatih, tapi lahan pekerjaan juga harus disediakan. Atau memang pemerintah ingin membuat semua masyarakat menjadi pembisnis? Hehe.

Program ini mendapatkan banyak sekali keuntungan, tidak jarang orang yang mendapatkan kartu sakti ini mendadak menjadi "berduit", ya bagaimana tidak. Pertama seluruh pesertanya mendapatkan kursus secara online. Yang dapat bergabung mulai dari yang sudah tamat SMA/K bahkan perguruan tinggi yang belum mendapatkan pekerjaan. Serta mendapatkan intensif selama 6-12 bulan. Kamu semua dapat mengakses infonya di www.prakerja.go.id. Syarat agar bisa mendapatkan kartu ini adalah kamu harus Warga Negara Indonesia (WNI), berumur minimal 18 tahun, dan tidak sedang bersekolah ataupun kuliah.

Pertama sekali yang perlu dilakukan kamu mendaftar di websitenya, masukkan email dan No HP yang aktif. Isi formulir yang telah disediakan, ikuti tes kemampuan dasarnya, jika nilai kamu mencukupi, kamu akan mendapatkan kelas di platform online. Dan setelah melewati semua pelatihan, ada insentif pasca pelatihan, tentunya kamu harus mencapai skor tertentu ya. Insentif inilah yang membuat saya berkata, "berduit" tadi hehe, kamu bisa memanfaatkan uang tersebut untuk modal usaha kan? Jadi, jangan malah difoya-foyakan hehe. Besarnya insentif untuk pelatihan 1 juta rupiah, biaya penuntasan pelatihan 3 juta lebih, dan ada insentif survei juga hehe, lumayan sekali!

Kebingungan di masa covid tadi membuat banyak orang di PHK, bahkan pailit. Skill Academy hadir sebagai salah satu mitra pelatihan untuk kelas prakerja Skill Academy yang bisa memberikan ide untuk bisnis, dan meningkatkan skill kamu! Karena pada dasarnya tujuan dari kartu pra-kerja ini adalah untuk mengembangkan skill, atau kompetensi, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan daya saing tenaga kerja di dalam negeri sendiri.

Sudah tau manfaat kartunya, bagaimana cara memilih pelatihan di Skill Academy? Oke, yang harus kita pahami, semua bentuk pelatihan offline berganti ke online, sehingga tentu ada perbedaan yang jelas, dimana peserta tidak akan mampu bertemu langsung dengan pemateri. Atau mungkin juga materi yang disampaikan kurang jelas di kamu. Tenang! Dengan 22 juta pengguna di aplikasi Ruangguru, tentu Ruangguru sudah mengevaluasi berbagai jenis metode ajar online dari platform induk mereka tersebut. Debut yang sangat berani! Di saat Ruangguru tetap eksis karena semua menjadi online, Skill Academy hadir sebagai solusi untuk kamu para profesional yang ingin meningkatkan kemampuan tetapi tidak terhalang oleh jarak dan waktu.

Mengapa harus di Skill Academy?

  • Materi dapat diakses selamanya
  • Belajar dari instruktur terbaik
  • Dan ada sertifikat untuk setiap kelas yang kamu ikuti.

Skill Academy berhasil meraih 4 juta pengguna baru sejak resmi diluncurkan dalam waktu satu tahun. Dengan rating 5 dari 35 ribu pengguna. Bahkan mendapatkan penghargaan dari Dailysocial & Best Personal Growth App dari Google Play Store. Kece abis!!! Sebenarnya banyak sih kelas prakerja di pelatihan online lainnya. Tapi dengan fakta yang sangat baik, serta pengalaman mereka dari aplikasi Ruangguru sebelumnya, tentu menjadi poin plus ya untuk kamu yang bingung memilih platform pelatihan online. Karena banyak sekali kelas yang tersedia di Skill Academy, mulai dari bisnis & keuangan, pemasaran, pengembangan diri, teknologi & software, hingga persiapan tes TOEFL juga ada!


Tahapan pertama, kamu bisa unduh di play store atau app store aplikasi Skill Academy. Atau buka langsung websitenya di https://skillacademy.com/ kemudian klik Daftar/ Masuk. Lalu kamu isi semua data yang diperlukan dan klik DAFTAR! Bisa juga daftar by email ya. 


Setelah itu, kamu klik bagian tab PRAKERJA. Dan yaaash! Akan muncul semua kelas yang berhubungan dengan prakerja. Contohnya kita akan beli kelas "CARA ASIK MENGHASILKAN UANG DARI HP DENGAN WHATSAPP", amazingly ratingnya sudah 4,8 dari lebih dari 50 ribu rating! Kamu tinggal klik BELI KELAS ONLINE, nah nanti akan muncul detil dari kelas yang kamu ambil, serta pilihan metode pembayaran yang ada. Bahkan bayar di minimarket juga bisa. Mudah sekali yaaa :)) Kalau kamu punya kode diskon bisa banget juga buat dimasukin, jadi dapat potongan harga lagi deh hehe. Setelah bayar, silakan menambah skill baru!


Nah, sekarang kamu sudah tahu belum mau beli kelas yang mana? Platform ini tidak hanya untuk penerima kartu prakerja ya, untuk umum dan profesional juga bisa. Jadi selama ada covid, tenang skill bisa dilatih terus. Semangat!

Comments

Popular Posts

Mengapa Harus Pilih MRT?

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!

Review CoHub Indonesia, Coworking Space di Medan