Skip to main content

Sensatia: Cantik, Lingkungan Terjaga dan Masyarakat Sejahtera!



2021 semua orang masih di rumah saja. Virus covid belum usai. Orang semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan mental selama pandemi, dan kesehatan diri. Salah satunya tampilan fisik. Tapi bagaimana bentuk menjaga kesehatan diri tersebut? Pertama, ucapkan Alhamdulillah atas semua nikmat yang Allah berikan pada kita semua. Nikmat sehat, tidak terkena covid, dapat berkumpul bersama keluarga. Nikmat tetap memiliki pekerjaan di saat yang lain sedang di PHK. MasyaAllah Alhamdulillah. Dan tentunya usaha kita untuk menjaga dan merawat apa yang sudah diberikan oleh Allah.


Tentang Skincare

Bentuk penjagaan tersebut juga saya upayakan dalam urusan skincare. Bagaimana memilih skincare yang tepat dengan kondisi fisik, tetapi juga ramah di kantong. Awalnya saya lupa persis tau produk lokal ini dari mana, mengingat setelah perawatan di salah satu klinik kecantikan gratis, mau repurchase yang kedua, muka malah makin enggak bener, selain pikiran juga sedang enggak baik pada waktu itu, pola makan dan tidur lumayan terganggu. Alhasil jerawatan parah, padahal enggak pernah begitu sejak bayi :(. Akhirnya cari sana sini dan ketemulah skincare lokal bernama SENSATIA BOTANICALSselain halal (dapat sertifikasi halal MUI di tahun 2018), vegan juga. Soalnya kalau di Indonesia memang sudah banyak yang halal tapi ya gitu kandungan kimiawinya juga banyak.



Sensatia Botanicals

Saya merasa Sensatia menjadi pilihan kecantikan yang tepat serta mampu membantu menjaga lingkungan dan menyejahterakan masyarakat. Sensatia didirikan tahun 2000 di sebuah desa nelayan kecil bernama Jasri,  Karangasem di pesisir timur Bali. 
Memulai dari 3 orang karyawan, kemudian berkembang setelah 18 bulan menjadi 23 karyawan orang bali asli untuk mengembangkan dan memproduksi produk. Bahkan sekarang Sensatia sudah memiliki 65 orang karyawan dengan fasilitas produksi bersertifikat GMP (Good Manufacturing Practice) tahun 2015, departemen QC, kalibrasi mikrobiologi dan lab kimia serta apoteker. Sensatia juga menjadi trademark di lebih dari 40 negara dengan 200 produk yang tentunya sudah terdaftar di BPOM. Sudah bekerja sama juga dengan banyak hotel bintang 5 di Bali, seperti Alila Hotels & Resorts Worldwide, Karma Resorts, Peppers Sentosa Seminyak, W Retreat & Spa Bali, The Stones Hotel Legian, Mandapa Ritz Carlton, The Katamama @ PotatoHead, Aroma Spa Retreat, The Layar Designer Villas & Spa, Semara Luxury Villas, Kayumanis, Tijili, hingga Luna2.

Di awal memutuskan pakai skincare saya juga tidak begitu memperhatikan sepenting apa sih kandungan yang ada sehingga berdampak ke lingkungan. Beli, pakai, sebatas itu saja. Setelah peristiwa penting balada-jerawatan itu fix harus mencari yang alami saja hehe. Sensatia ini boleh juga disebuat sebagai sebuah komoditas,  ya penggunaannya mulai dari hotel bintang lima hingga luar negeri loh.

Satu hal yang menjadi tujuan Sensatia, yaitu lebih besar dari hanya sekedar keuntungan, tetapi lebih mendukung gaya hidup sehat melalui keseimbangan yang baik antara pekerjaan, bermain & teman-teman untuk hidup. Mulia sekali tujuannya teman-teman! Sebagai customer juga kita merasa aman ya selain dengan produknya juga dampak yang diberikan kepada kesejahteraan pegawainya. Bahkan sebagai profit-sharing company, banyak staf mereka yang bisa membangun rumah dengan kamar mandir dan sumber air yang layak, banyak yang anaknya bisa bersekolah. Karena dulunya daerah karangasem dipenuhi oleh pekerjaan pertanian, kalau tidak ya harus keDenpasar. Setelah adanya Sensatia, tidak perlu ada anak yang berjauhan lagi dengan orangtuanya karena pekerjaan. Sungguh membuka lapangan pekerjaan yang banyak.

Sensatia juga mengklaim mereka feel-good company, artinya setiap bisnis berusaha dipikirkan secara matang, bahkan dalam pengambilan keputusan diusahakan yang paling tepat, karena relationship antara staff, community dan pelanggan serta planet adalah hal yang paling penting bagi Sensatia, sebut  Michael R Lorenti, Founder dan Managing Director Sensatia saat diwawancarai oleh pihak female daily network.



Produksi Sensatia

Selain di produksi dengan standar tinggi, bahan naturalnya enggak harmful untuk kulit kita dan ramah lingkungan dan ramah sosial yaitu dengan membangun masyarakat sejahtera sekitar. Kabarnya di website mereka juga, 20% saham perusahaan dimiliki oleh karyawan mereka sendiri. Sensatia memberdayakan penuh masyarakat Bali

Produk dan bahan baku dari semua produk Sensatia tidak melalui pengujian menggunakan binatang, tidak mengandung paraben juga, paraben itu petrokimia yang dapat menyerupai estrogen dan mengganggu sistem reproduksi. Tidak menggunakan SLS atau sodium lauryl sulfate (SLS) di produk bath and body, yaaa ini kandungan yang bisa bikin saluran air mampet dan mencemari lingkungan perairan. Jadi, produk Sensatia sangat visioner, sudah memikirkan bagaimana agar produknya tetap membuat lingkungan terjaga. Keren banget gak sih!



Sensatia sudah tersedia di 24 toko, biasanya saya beli melalui sociolla, tetapi sekarang kamu sudah bisa berbelanja di shopee, tokopedia, dan e-commerce lainnya. Sayangnya di Medan belum ada official storenya hehe cuma sekarang udah ada store Sociolla di Medan, kalau enggak salah ada sih produk Sensatia di sana. Untuk pengembalian 1 botol kosong bisa mendapatkan 1 stamp, jika stampnya sudah berjumlah 10 bisa ditukarkan produk gratis hehe. Selain produksi skincare, Sensatia juga menjual pasta gigi hingga dedoran yang tentunya aman untuk ibu hamil, menyusui serta dengan kandungan yang ramah.



Review Pemakaian

Pertama kali saya membeli pencuci muka khusus untuk wajah berjerawat. Tidak khawatir lagi setelah seminggu pemakaian, karena awalnya cekit gitu sih, mungkin karena masih menyesuaikan dengan kondisi jerawat yang banyak banget, sampai ke pipi hingga ke anak rambut. Berobat ke dokter kulit, tapi jerawatnya ngempes, belum ada berkurang, dan jerawat tetap bertambah huhu. Saya beranikan diri beli yang gede (ini produknya sudah enggak ada lagi sepertinya ya, berubah nama menjadi tea tree and lemon) kemudian beli tonernya di bulan kedua, alhamdulillah perubahannya mulai terlihat. Sampai 2 kali repurchase bener-bener hilang sisa bekas merahnya saja. Dan satu botolnya itu bisa dipakai bahkan hingga 8 bulan ya kalau saya. 



Begitu juga dengan tonernya, sensasi freshnya bikin muka lebih semangat dan melek terus hehe. Walaupun perubahan yang diberikan oleh produk ini agak lambat, tapi ya namanya produk alami, biar lambat asal selamat yea. Saya tidak merasa berdosa memakai ini karena bahannya yang ramah lingkungan. Pembersih mukanya saya beli seharga 130 ribu untuk 220mL. Dan tonernya 120mL seharga 160 ribu. Untuk harga sekarang bisa cek di website/ e-commersenya ya hehe.



Detil Produk

Khas dari produk ini adalah aromanya yang sangat alami, awalnya saya hampir mau muntah, tapi lama-lama terbiasa. Karena bahannya juga kan berasal dari rempah-rempah, beda sama skincare yang berseliweran di mana-mana dengan tingkat fragrance yang lumayan tinggi untuk aroma yang sangat harum. Kemudian, packagingnya dapat digunakan kembali. Untuk bahannya berupa vegetarian vegan, berasal dari tumbuh-tumbuhan. Bersifat silicon free, bahayanya tubuh kamu akan mudah terkena virus, bahkan kanker. Serta palm oil free, tanpa minyak kelapa, tidak merusak lingkungan

Bahan acne facial itu minyak tea tree, gotu kola, dan minyak lemon. Nah gotu kula ini sering disebut pegagan, tanaman liar yang tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara termasuk Indonesia, India, Republik Rakyat Tiongkok

Neroli blossom toner mengandung ekstrak lidah buaya, kelopak mawar, kulit jeruk. Kalau ketiga bahan ini sudah sering sekali dong ya terdengar di telinga, tentunya bahan ini banyak sekali ditemukan di Indonesia. Benar-benar bahan alami yang diracik sedemikian rupa hingga lahirlah Sensatia. Jadi, dengan Sensatia kamu bisa cantik, lingkungan terjaga, masyarakat sejahtera! Aman lah Indonesia hehehe.

Kamu juga bisa lebih banyak tahu tentang visi ekonomi lestari dengan tonton video dibawah ini yaaa!





Kalau kamu sudah beralih ke produk lokal mana nih? Share di bawah yuk! Hehe



Sumber:
femaledailynetwork
sensatia.com

Comments

  1. wah keren banget nih kl 20% sahamnya dimiliki oleh karyawannya, benar2 mensejahterakan sosial banget ini mah. hhh
    aku baru tahu kl sensatia botanicals ini bermula di desa nelayan loh mbak. ingredientsnya juga oke banget ya. boleh nih aku cobain biar jerawat makin terkontrol :)

    ReplyDelete
  2. Apa lagi nih Sensatia? Saya baru tahu nih, dan jadi penasaran. Apalagi ini brand Bali, Karangasem pula, masya Allah, kabupaten favorit saya buat wisata, soalnya antimainstream. Produk-produk lokal Bali memang selalu diperhitungkan.

    ReplyDelete
  3. Keren nih, produk perawatan yang rekomended banget. Jadi produk ini alami ya mbak jadi aman buat perawatan. Terimakasih atas rekomendasinya mbak, besok aku mau cobain juga untuk membuat wajah lebih sehat & segar.

    ReplyDelete
  4. Salut dengan sensatia yang tidak hanya memikirkan keuntungan tapi juga mengajak konsumen untuk menerapkan pola hidup yang sehat.
    Produk lokal tidak kalah bagus dengan produk luar ya. Bangga nih jadi orang Bali

    ReplyDelete
  5. Bagus ya. Selain produknya yang unggul dan nggak menggunakan binatang sebagai bahannya, perusahannya juga memberdayakan para karyawannya dan memberikan imbalan yang setimpal dengan pekerjaannya. Patut ditiru.

    ReplyDelete
  6. Wah produk baru ya ini. Kemasannya bagus dan terlihat eksklusif ya. Bermanfaat buat yang punya jerawat pula, cocok nih sama yang kubutuhkan.

    ReplyDelete
  7. menarik juga ya dari bahan alami dan aromanya alami juga. Untuk skincare semua orang pasti ingin mencari yang terbaik dan alami.

    ReplyDelete
  8. saya sering mendengar produk ini memang bagus katanya, pengen pakai dari kemarin-kemarin penasaran. biasanya saya pakai produk lokal suka cocok dengan kulit saya.

    ReplyDelete
  9. Terima kasih sudah mengajak saya berkenalan dengan produk perawatan dari Sensatia. Baru banget saya tahu tentang brand lokal ini.

    ReplyDelete
  10. Baru tau dong saya minyak kelapa dapat merusak lingkungan, eh ini minyak kelapa aja atau minyak kelapa sawit yg dimaksud ya elsa? Kemasan Sensatia ini sederhana tapi keren ya bahkan botolnya bisa dikembalikan lagi, suatu langkah untuk lebih ramah pada lingkungan

    ReplyDelete
  11. Perusahaannya bagus ya, kesejahteraan karyawan diperhatikan sampai bisa bangun rumah. Apalagi bahan produknya dari rempah-rempah. Alami sekali, pasti tidak ada efek sampingnya

    ReplyDelete
  12. waaa ini favorit banget nih, nyaman pake ini karena cocok buat lagi hamil dan nyusuin ya jd aman :)

    ReplyDelete
  13. Green tech dan beberapa yang digunakan juga dari bahan2 alaami ya kak. Keren bangett. Aku jg suka lihat tuh ingredientsnya. Kalau yg alami aja bisa kita pake kenapa engga ya

    ReplyDelete
  14. Kebetulan aq pingin ganti skincare pingin yang alami2 dan produk lokal..ky nya ini recommended yaa jadi pingin coba.

    ReplyDelete
  15. harganya cukup reasonable, plus yang aku suka produknya ramah lingkungan yaaa, jadi memang manfaatnya agak lambat terlihat efeknya

    ReplyDelete
  16. Produknya menarik sekali untuk dijadikan perawatan skincare rutin apalagi sudah halal juga ya. Memang saat pandemi gini,perawatan dari rumah aja penting banget. Setidaknya untuk membuat diri senang dengan adanya lakukan perawatan.

    ReplyDelete
  17. Senang rasanya ya sa, kalo produk kecantikan yang kita pakai sangat ramah lingkungan. Berasa kayak gak ninggalin dosa apapun untuk terlihat cantik.
    Lama juga ya sa, hingga 8 bulan pemakaian. ini artinya hemat banget ya

    ReplyDelete
  18. Bagus ya produk lokal halal dan alami gini perlu didukung konsumen Indonesia. Sy jg mau coba ah..

    ReplyDelete
  19. Harus dan wajib kalau saya selalu pilih produk lokal kualitas dan harga bersaing kok dan yang penting membantu masyarakat lokal juga ..semakin cinta deh sama produk lokal

    ReplyDelete
  20. Elsa karena udah repurchase, udah berapa banyak botol kosongnya? Udah ditukar stamp belum? Asyiknya ya 10 botol kosong bisa ditukar kembali dengan produk..
    Ramah lingkungan beuuut..

    ReplyDelete
  21. Suka banget sama perusahaan yang feel good company seperti Sensatia Botanicals ini. Wah Elsa udah membuktikan kl facial wash nya Sensatia worked ya mengurangi jerawat di muka, noted

    ReplyDelete
  22. Bagi orang-orang yang memiliki kulit sensitif seperti saya, memang produk yang harmful bakal menjadi sasaran dan target. Nyamannya ini murni Botanical dan telah tersertifikasi GMP(Good Manufacturing Praktis) ya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kamu untuk membaca. Tolong jangan komentar dengan link aktif ya! :))

Popular Posts

Mengapa Harus Pilih MRT?

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!

Review CoHub Indonesia, Coworking Space di Medan