Skip to main content

5 Buku Favorit untuk Kesehatan Mental

Dewasa ini kesehatan mental memang sedang gencar-gencarnya dibicarakan. Tak terkecuali di Indonesia. Selain untuk pengembangan diri, umumnya buku yang diterbitkan ini sangat relate dengan masalah yang muncul di masa quarter life crisis. Kenapa sih kok pas banget? Sebagai penulis tentu mereka tidak jauh pasti sudah punya pengalaman tentang hal terkait. Kenapa dulu belum ada yang bahas? Ya, dulu mungkin orang rela disuruh-suruh apapun, enggak berani speak up, padahal hati sudah capek banget menahankan. Itulah sekarang orang semakin sadar bahwa mental seseorang besar sedikitnya berpengaruh terhadap kelangsungan hidup orang tersebut. Mulai dari asmaranya, keluarganya, pekerjaan, hingga bagaimana kelak ia akan tua dan pensiun nanti. Jauh banget sih mikirnya, Sa! Hahaha. Mungkin saya terlalu visioner atau saya ingin memperbaiki diri saya terus, belajar dari kesalahan orang lain, ya jangan sampai kita juga salah. So, check this out!

Pertama, NKCTHI. Ahaaa! Kalian pasti sudah tahu kan Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini, berkisah tentang anak bernama Awan yang hidup berdampingan dengan Abang dan kakaknya. Terlihat seperti keluarga harmonis, tapi tidak, belum tentu. Ada hati yang tersakiti di keluarga tersebut. Selengkapnya sudah saya review ya di sini! #ElsaReview NKCTHI kalian akan tahu bagaimana sih sebenarnya menjadi anak pertama, menjadi anak tengah, dan menjadi anak terakhir. Serta kalian akan tahu bagaimana orang tua itu sesayang itu pada kalian, bagaimana mental ibu diombang-ambing bertahun-tahun, terpendam, lalu akhirnya, ya runtuh juga.

Kedua, setelah keluarga, timbullah pasangan, asmara, pasangan, judulnya Hujan Matahari karya mas Kurniawan Gunadi. Tahu dari tumblr tidak membuat saya seolah mengerti betul pola pikir bapak dua anak ini. Ternyata lebih dari itu, luas sekali wawasannya. Disini akan diceritakan bagaimana sebenarnya pasangan itu, mengapa menjadi pasangan, bagaimana menjadi pasangan yang baik dan bagaimana mencari pasangan itu sendiri. Ini bukan buku galau, menyelekit mental karena ada hal-hal yang memang harus diselesaikan sebelum menikah. Reviewnya sudah tayang di instagram feed saya, silakan dibaca.


Ketiga, ELIANA. Siapa yang tidak kenal dengan Tere Liye? Penulis kondang yang suka menuliskan komentarnya tentang lingkungan sekitar di Facebook hehehe. Eliana adalah novel berseri, ada Burlian, dll. Silakan di cari tahu sendiri wkwkwk. Eliana berkisah tentang anak pertama dari keempat bersaudara yang hidupnya penuh kesatriaan ketika mengurusi adiknya, WKWK ia hidup sebagai pribadi yang mandiri, bangun pagi, buat sarapan, mengajari adiknya, dan lain sebagainya. Sibuknya hampir sama dengan ibunya. Selengkapnya silakan baca di #ElsaReview Eliana Sungguh memperlihatkan seberapa kuatnya mental anak pertama.

Keempat, PULANG. Masih dari Tere Liye, saya begitu suka dengan tulisannya. Pulang ini menjadi kisah tentang seorang anak yang rela meninggalkan orang tuanya demi membayar hutang bapaknya dan ikut bersama pengusaha kaya raya, membahas ekonomi, peradaban pesawat, hingga mobilitasnya yang begitu canggih membuat saya terpukau dan sesekali bingung ketika membaca buku ini. Selengkapnya baca di #ElsaReview Pulang

Terakhir, YOU DO YOU karya ko FellexAndro atau mas Ruby Banyak sekali yang sudah mereview buku ini, begitu membacanya saya hanya berpikir, oh iya yaaaa, kok gue gini ya, kok baru sadar ya, dan OH AH lainnya. Saya terperangah dengan pola pikir mas Rub yang begitu santai tapi menjanjikan. Dia tidak mengesampingkan passionnya, tetapi dia punya perencanaan yang matang akan sesuatu, sehingga ketika eksekusi sangat baik jalannya. Ada banyak artikel dan tes di dalamnya yang bisa kamu baca lewat barcode. Bahkan saya ingin terus membacanya karena banyak sekali hal yang memberikan wawasan baru di sana. Dan tentunya, dia juga ngomongin mental kita, terutama yang berhubungan dengan keuangan, gimana investasi yang baik, dsb.

Nah, dari buku tersebut, buku mana yang sudah kamu baca? Atau kamu punya sudut pandang lain? Yuk, komen di bawah! :D

Comments

  1. Wah keren2 semua bukunya. Yg udah ku baca punya Tere Liye doang, maklumlah dulu zaman kuliah bucin bgt ke karya2 Tere Liye smpe2 ku koleksi semua novelnya. Aku penasaran sm Hujan Matahari ini, otw beli ah sepertinya menarik

    ReplyDelete
  2. Waaaa Eliana aku suka banget sama buku ini. Seorang anak tangguh yang mampu menjadi contoh terbaik untuk adek-adeknya. Seru banget dah bukunya Seri Anak-Anak Mamak ini. Jadi pengen baca lagi.

    ReplyDelete
  3. Belum ada satupun yang saya baca dek Elsa...
    Btw, Eliana itu yang pernah difilmkan bukan?
    yang jadi pemerannya si Rachel Maryam..
    Yang itu bukan Dek Elsa?

    ReplyDelete
  4. Aku punya buku You do You belum sempat terbaca nih, hehe. Kalau yang karyanya Kurniawan Gunadi saya sempat baca yang berjudul Bertumbuh dan Bising, keduanya sama-sama bagus. Kalau perihal buku mengenai kesehatan mental, saya lagi baca Love for the Imperfect Things :D

    ReplyDelete
  5. Dr 5 buku diatas belum ada pernah saya baca sihh...
    Tp kalo saya buku sebuah sikap seni bodo amat itu membuat mental bodo amat sya semakin mnjadi hihi

    ReplyDelete
  6. Blm baca semua hehe.. hujsn matahari sepertinya menarik. Makasih referensinya kak

    ReplyDelete
  7. Ya ampun sa... Tidak dari satupun pernah awak baca. Dulu ya.. baca novel itu sekali duduk langsung hap. Habis begitu saja.
    Tapi sekarang membaca novel bisa entah berapa purnama gak habis-habis. Jadi kangen me time dengan novel

    ReplyDelete
  8. Aku baru baca pulang, tapi kayanya harus baca ulang. Tertarik sama yang hujan matahari. Cus beli ini, sih

    ReplyDelete
  9. Keren ya aneka buku kesehatan mental ini bisa untuk diambil pelajaran dan inspirasi supaya kesehatan mental kita terjaga. Btw ku kok tertarik baca buku You Do You ..jadi pengen baca buku lengkapnya ..

    ReplyDelete
  10. Au belum baca satu buku pun di list ini. Baca reviewnya saja...Bisa jadi rekomendasi bacaan nih,mengingat kesehatan mental banyak orang selama pandemi sedang banyak terusik (termasuk aku juga ngalami). Kecuali buku Tere Liye nanti coba aku baca. Karena jujur aku bukan fans Beliau (boleh beda, kan) . bukunya hanya satu yang pernah kubaca:)

    ReplyDelete
  11. Wah pas bangett sama tema blogku, mau baca juga ahh buku ini. Thanks kak ulasannya

    ReplyDelete
  12. Serial anak² mamak bagus ya Sa... Utk kesehatan mental. Kk punya novel yg Eliana dan Burlian, tp sayangnya blom baca sampai habislah,, baca artikel Elsa jd keidean mau baca tuntas lah, tfs Elsa.

    ReplyDelete
  13. Sepertinya ke lima buku di atas menarik banget, jadi pengen baca semua, thanks banget mba sudah buat reviewnya :)

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah dapat input baru soal buku-buku yang keren. Rencana mau beli buku-buku ini juga

    ReplyDelete
  15. Buku-buku bagus yang bisa dijadikan referensi nih,era digital seperti sekarang ini memang harus juga baca buku-buku kesehatan mental gini. Banyak orang-orang yang mudah sakit mental jaman sekarang dikarenakan beberapa penyebab. Dari beberapa buku di atas ada juga yang sudah saya baca dan memang memberi insight baru setelah membaca bukunya.

    ReplyDelete
  16. penasaran pengen baca bukunya yang You Do You itu, lainnya sudah pernah baca-baca meski sekilas dan tahu. buku ini yang belum sama sekali saya lihat

    ReplyDelete
  17. Aku baca pulang tereliye itu ngenaaa bgt pokonya keren

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kamu untuk membaca. Tolong jangan komentar dengan link aktif ya! :))

Popular Posts

Mengapa Harus Pilih MRT?

Review CoHub Indonesia, Coworking Space di Medan

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!