Skip to main content

5 Kajian untuk Meningkatkan Mood

Tantangan tahun ini berbeda, lagu yang didengarkan sebagai moodboaster. Dikarenakan saya sedang mencoba untuk mengurangi musik, saya berupaya untuk menggantinya dengan mendengarkan kajian, agarpun lebih bermanfaat untuk didengarkan. Berikut ini ustad yang sering saya dengarkan ceramahnya untuk memboost semangat saya dalam bekerja dan beribadah.


Kajian Ust Syafiq Riza Basalamah. Sebenarnya sudah lama sepintas mendengarkan kajian ustad ini, namun sejak tahun 2019 kemarin saya lebih getol memilih kajian ustad ini dikarenakan lebih ngena dan lumayan tegas untuk didengarkan. Bahkan beliau tidak ragu-ragu ketika menjawab. Tidak hanya di youtube, ada akun instagram dan telegram juga yang biasa share info penting terkait kajian.

Ust Firanda Adirja, nah kalau yang ini lebih tegas lagi daripada ustad sebelumnya. Dan kalau mau mendengarkan kajian ustad ini mending sekalian bawa catatan dan dicatat. Karena ketika membahas sesuatu, seringnya ustad ini membahas banyak hal lain diantara pembahasannya, jadi takutnya tidak to the point.


Ust Khalid Basalamah ini pembahasannya cenderung membahas hal sehari-hari. Contohnya 70 kekeliruan wanita, membahas buku mahkota pengantin. Lebih ke adab. Dan bagaimana seharusnya sebagai manusia kita berperilaku.

Ust Abduh Tuasikal ini anak UGM lhooo, beliau pembina dari Rumaysho.TV, sering sekali saya menunjukkan konten beliau ke keluarga, dikarenakan lebih mudah dipahami, walaupun terkadang muncul bahasa Jawa yang saya tidak paham. Selain di youtube, di radio dan zoom juga sering ada kajian dari ustad ini.

Erwandi Tirmidzi ini fokus membahas fiqih, muamalah. Bagaimana hukum asuransi, riba itu apa, shopeepay, gopay, kredit rumah, jual beli yang terlarang, bekerja di bank, dan lain sebagainya. Jujur terkadang sulit hati kita ini menerima apalagi dengan hal yang bertentangan dengan diri kita sendiri, padahal masyaAllah nikmat kalau kita mencoba menghindari riba. Saya sendiri sempat "nabung saham", tiap hari jujur ada perasaan tidak tenang, ini lagi murah gak ya, nambah beli lagi enggak ya? Kalau lagi meroket tinggi apa saya jual saja ya. Nah, hal itu yang membuat saya akhirnya mencari lagi dan menemukan ustad ini, melapangkan dada, dan menerima semua informasi dari beliau. Alhamdulillah sekarang saya sudah lebih tenang <3.

Mungkin itu kiranya kajian yang bisa kita dengarkan selama bulan puasa hingga nanti ajal menjemput. Karena sesungguhnya ilmu itu banyak sekali, tergantung bagaimana kita menggapainya. Menontonnya hingga khatam dan mengerti betul serta mampu melaksanakan. Semoga Allah lindungi beliau-beliau ini. Barakallahu fiik.

Comments

Popular Posts

Mengapa Harus Pilih MRT?

Review CoHub Indonesia, Coworking Space di Medan

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!