Skip to main content

5 Tahun Ke Depan Mau Jadi Apa

Sekarang 2021, 5 tahun lagi kira-kira di tahun 2026. Umur? Jangan ditanya, udah kepala 3 kayaknya, LOL. Saya tidak akan menjelaskan lebih jauh, dari bulan-bulan sebelumnya hal ini sudah pernah saya bahas di instagram feed. Setelah ikut kelas Bengkel Diri dari Ummu Balqis kami diberikan tugas untuk merencanakan apa saja yang hendak kami capai di tiap tahun, tiap 5, 10, hingga 20 tahun mendatang. Sebagai anak yang (masih) ambis beberapa hal memang dimudahkan Allah, ada aja caranya, dimudahkan rezeki untuk belajar lebih biar lebih berilmu. Dan yang terpenting, selama itu positif, tidak masalah, rencanakan saja. Lalu apa saja?

Pertama, hafal minimal juz 30, ini part tersulit di umur 20-an. Mungkin karena tidak memaksa untuk meluangkan waktu demi menghafal, jadinya terasa berat dan tidak ada progress. Sehingga di ramadhan inilah saya mulai meluangkan waktu paling tidak seminggu 2x untuk mulai membaca ulang surah di juz 30, paling tidak bacaan surah pendek ketika sholat tidak itu-itu saja.

Kedua, mengurangi potensi untuk riba. Sebelumnya ketika belum banyak belajar saya berambisi investasi sana-sini, padahal kalau di kaji dari ustad A, B, belum tentu sama kajiannya dengan ustad C, D. Perbedaan pendapat seperti ini yang membuat saya harus lebih getol mencari informasi. Berawal dari keresahan pribadi, tiap hari ngkepoin terus harganya naik atau turun, kalau turun, saya beli lagi. Dan begitu terus, jadi hidup saya semakin lama tidak tenang, sampai akhirnya ada adik kelas yang menegur saya akan tindakan investasi saya tersebut. Dan Alhamdulillah memang dimudahkan, ada saja rezeki untuk belajar tentang keuangan, rekomen sih kalian bisa ikutan kelas financial planning dari Ummu Balqis juga, pematerinya dosen sekaligus ahli fiqih, jadi bukan hanya untuk meningkatkan aset ya, ada dalil yang menyertainya. Kalau kalian sudah bagaimana belajar keuangannya? Hehe.

Ketiga, mengarahkan keluarga ke ilmu-ilmu agama, kajian. Dulu sekali, saya sangat takut share hal-hal yang berbau agama. Karena dulupun saya tidak suka dengan orang yang suka share hal begitu, saya sebut terlalu fanatik. Padahal, sekarang sepertinya saya yang begitu hehe. Mungkin sampai sekarang banyak sekali yang komplen akan postingan saya, tapi banyak juga yang mendukung dan mau diajak belajar lebih. Kalau kita ingin keluarga kita masuk surga dan berjumpa bersama, kenapa harus ragu share hal-hal yang memang bermanfaat dan benar? Karena banyak sekali hal yang dirasa sudah benar, ternyata salah dan tidak ada syariatnya. Wallahu'alam.

Keempat, Qurban setiap tahun. Sejak 2020 saya sudah mewajibkan diri untuk berqurban. Caranya? Menabung, tidak perlu investasi, niatkan saja karena Allah, insyaAllah ada jalan. Apalagi kan kalau ada THR nih lagi mau lebaran, pasti biaya THR cukuplah untuk membiayai qurban jika 1 sapi dibagi 7 hehe. Yuk yuk. Karena kalau membeli gadget mahal bisa, upgrade ilmu bisa sampai setengah juta, masa yang setahun sekali sulit sekali kita keluarkan dananya? :)

Terakhir, umrah bersama mahram dan keluarga. Keinginan menikah tentu ada ((mohon doanya ya agar disegerakan di tahun 2021 ini, Aamiin Ya Allah...)), sehingga jauh sebelum menikah saya sudah menginginkan sekali untuk pergi umrah, bukan ke luar negeri. Dan kalau tidak mengajak keluarga (ayah atau adik) tentulah saya harus bersama suami. Karena sudah sewajibnya jika ingin bepergian jauh maka hendaklah bersama mahram. Sehingga dari sekarang saya sudah getol menabung, walau pasangannya masih blur wkwkwk.

Sisanya banyak lagi, tapi insyaAllah jika kita berusaha dan berdoa serta bertawakkal pada Allah, pasti ada jalan. Bismillah yuk bisa hidup lebih mindfull <3


Comments

  1. Aamiin.. awak aminkan duluan ya sa..

    Soal Riba, awak pun masih punya satu pr. insyaAllah dimudahkan semua planning kita ya sa..

    ReplyDelete
  2. Masyaa Allah..terima kasih atas remindernya, 5tahun lagi berarti jangka oanjang target apa yang ingin dicapai untuk pebaikan diri ya ka..🤩

    ReplyDelete
  3. Hmm, kakak 5 tahun lg insyaallah kl dikasih Allah umur, 44 tahun wowww... tuwir yaa... tp gpp... masih tuwiran suami kk kok, 51 haha... Ya Rabb kepala 5 ayang beb kakaklahh... setuju Sa... target ke depannya gak melulu duniawi aja ya kan, hrs mikirin yg ukhrowi dong!

    ReplyDelete
  4. Masyaallah mantap kali resolusinya elsa, semoga dimudahkan ya agar tercapai, terutama mengurangi riba, dan menikah ya, aamiin semoga tahun ini ya dek :)

    ReplyDelete
  5. Juz 30.. saya pun tak kelar2,, hix.. maluuuu... mentok di al muthoffifin. kok jadi susah maju jadinya. Semangat ya els,, semoga harapannya tercapai semua. Amin.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kamu untuk membaca. Tolong jangan komentar dengan link aktif ya! :))

Popular Posts

Mengapa Harus Pilih MRT?

Review CoHub Indonesia, Coworking Space di Medan

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!