Skip to main content

Tempat Favorit di Sabang!


Selamat siang! Wah udah lama nih nggak ngblog lokasi-lokasi penting di Indonesia. Setelah kemarin ngbahas tentang love of life, sekarang saya mau kita bergeser jauuuuh ke ujung barat, ke Aceh. Tapi ke mana ya? Hmmmm Kota SABANG! Yey! Kira-kira Sabang itu dimana ya? Jelas di Indonesia. Tapi dimananya? Disamping Medan? Enggaklah jadi, Sabang itu ada di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam tepat di ujungnya, di Nol Kilometer Indonesia. Tepatnya bersebelahan sama Malaysia, Thailand, dan India. Waaah dekat ke luar negeri dong? Ya jelas! Siapa yang nggak mau ke Sabang coba? Sekalian ke luar negeri juga bisa hihi.

Sabang. Sebuah kota di Aceh dengan lima pulau didalamnya, ada pulau Klah, Rondo, Rubiah, Seulako, dan Weh. Lokasi terluas itu ada di Pulau Weh. Pariwisata di Pulau Weh ini juga enggak kalah bumingnya loh dengan objek wisata lain di Aceh. Berdasarkan video perjalanan wisata di salah satu stasiun televisi, dari Aceh ke Pulau Weh itu kira-kira 60 menit naik kapal Pulo Rondo.

Sebenarnya saya dan keluarga ingin ke sini sejak 2/3 tahun lalu. tetapi ada saja halangan atau hal penting lain dan Alhamdulillah ke sana tahun lalu, abis lebaran. Kenapa saya mau menulis tentang Sabang ini? Pertama, saya asli Medan yang notabenenya dekat dengan kota Sabang dibandingkan harus bergerak dari pulau Jawa. Jadi sangat besar keinginan buat explore pulau Sumatera tercinta ini. 

Kedua, kebanyakan teman-teman elsa yang di Medan itu liburannya ke Sabang. Ngliat check-in-an mereka di Path, instagram, duh siapa yang nggak tergiur pengen ke sana? Dengan budget yang setidaknya lebih terjangkau buat mahasiswa, kamu juga bisa memanjakan mata. Duh pantainya itu loh biru kali, mantaplah. Pasirnya putih. Sejarah Aceh juga enggak kalah seru loh sebagai pengetahuan baru buat kamu. Dijamin gak akan nyesel deh!
Kapalnya gede bangettt sih, jadi beribu orang bisa masuk ke dalamnya. tapi tetep, di notes ya guys, "harus tertib!", semuanya juga pengen ke sabang kok. tapi jangan dorong-dorongan. kasian anak-anak, ibu hamil, dan orang tua. Dan terbukti waktu ke sana, pas lagi ramai-ramainya. Jadi kita nggak kebagian parkir mobil di kapal, jadi mau nggak mau hanya saya dan keluarga yang pergi ke Sabang. perorangnya dikenakan tiket 20rb ya guys. Buat naik kapal cepat kamu bisa bayar 60-80rb/orang yay. Dan beneran cepet da 45 menit dah nyampe hehe.
Dari Aceh kamu akan turun Pelabuhan Ulee-Lhee, wow! Selain disambut keindahan pantainya yang biruuu banget, warga Sabang ini ternyata dijulukinya SA-BANG (Santai BANGet loh)! Dari beberapa sumber sih emang bener kalau masyarakat di sekitar Sabang itu ramah-tamah banget, bahkan mereka nggak segan nanya kita duluan, kalau kitanya emang keliatan bingung gitu hihi tapi jangan sampai kamu malu buat bertanya ya kalau lagi ke manapun, entar yang ada malah jalan-jalan! Eh kesasar. Liat aja deh itu warna air yang di foto, biru banget kan? Pengen nyebur aja! Wuw!
Selain pemandangan alam, Sabang ini juga jadi pelabuhan internasional loh, kamu bisa liat kapal yang gede kurang gede dan bikin mata adem! Kayak di film-film luar negeri itulah. Kalau kamu belum bisa naik langsung, ngliat langsung setidaknya udah lumayanlah ya. nah, ini penampakan pelabuhannya!


Di kota Sabang ini kamu enggak akan menemukan kemacetan layaknya di ibukota, jadi buat yang emang pengen mau liburan jauh dari keramaian cocok deh ke Sabang ini. Tapi jangan pas waktu liburan juga, sama macetnya itu dan di beberapa daerah kamu juga sering dengar ada begal kan? Nah di Sabang ini aman tenteram deh, bukan karena ada GAM (Gerakan Aceh Militer), tetapi karena orangnya asik-asik, nggak suka berbuat onar gitu, wah kota idaman banget ya! Bahkan ada pantai yang dinamakan Santai, akibat santainya orang-orang Sabang ini.

Masih ingat nggak 26 Desember 12 tahun lalu? Dahsyatnya gempa dan tsunami itu juga sampai ke Medan loh. Dan fyi nih karena palung di Teluk Sabang ini pada kuat semua, Sabang selamat dari tsunami sehingga dijadikanlah tempat transit udara dan laut untuk bantuan korban tsunami. 

Selain biota alam, banyak juga tempat lain yang layak kamu kunjungi kalau ke Sabang. Misalnya ke 0 km Indonesiaaa! wohoooo I'm so excited. Dulu pas ke sana senengnya bukan main, akhirnya alhamdulillah nyampe ke ujungnya Indonesiaaa banget. Enggak nyangka bisa sampe di sana, banyak bersyukur banget sama Allah.


Lokasinya kira-kira 20 menit dari perkotaan Sabang. nah titik kota Sabang ini ada di junjungan Sabang. kamu bisa foto sepuasnya, ada tulisan Sabangnya juga! lucu! Kamu bisa ke sini pagi atau sore hari. Karena pas jam-jam itu keadaan langit lagi cerah dan bagus-bagusnya hehehe, kebetulan kemarin saya dan keluarga pada sore hari.

Dan gak Cuma pulau Weh yang punya sejuta pesona. Ada juga pulau Rubiah. Keindahan alam bawah lautnya bikin kamu enggak kepengen naik ke permukaan deh. Biota lautnya banyaaaaak banget! Tapi, eits jangan lupa! Jangan ada yang dirusak ya! Fyi, kalau mau nyebur manja di sana jangan pas hari Jumat. nggak boleh soalnya nglakuin hal-hal kayak berenang, menyebrang, di hari Jumat. kecuali after sholat Jumat ya. Cuma yaaa mending kalau mau nyebur hari biasa aja hehe biar puas :'D





















Disamping pantai dan terumbu karang yang kece abis, ada juga nih Gua Sarang Sabang. tapi elsa blm pernah wkwk (ini kata review orang2 sikk). Pokoknya Pemandangannya itu bikin adem banget. Gradasi warna lautnya aja udah keliatan. Jadi, masih mikir dua kali untuk ke Sabang ini? Atau masih mau liburan ke luar negeri? Jangan deh… Indonesia itu keren guys! nah, kalau ini pemandangan dari pantai sumur tiga di Sabang! bawaannya nggak mau pulang lah huhuhuhu






















Terakhir, jangan lupa kalau udah ke Sabang, ya mampirlah ke Aceh. disana juga banyak spot bagus yang nggak kalah menariknya untuk dipelajari. ada Museum Tsunami Aceh, nah bangunannya di rancang langsung oleh bapak walikota kita, pak Ridwan Kamil. kurang kece apa coba arsitektur dalam negeri kita?


Kalau ini bangunan dari sisi luar. Subhanallah bagus sekaliii yaaa 😍😍😍, di sana kamu bisa melihat bagaimana kejadian tsunami itu menerpa Aceh. Kamu akan dibawa pada sebuah ruangan dimana banyak jeritan, keluhan dari para masyarakat. Banyak yang memohon ampunan pada saat itu juga. Dan dari seluruh korban, ribuan korban juga terpampang dengan indah nama mereka di sana.Semoga menjadi doa kita agar mereka mendapatkan tempat terbaik di surga Allah. Aamiin ya Rabb. Jadi kapan mau ke sana?

Tempat lainnya? Tentu saja masjid Baiturrahman, terletak di pusat kota Aceh. Hanya saja kala itu saya datang ketika sebelum subuh, jadi tidak sempat melihat bagaimana indahnya ketika payung-payung masjid serambi mekah tersebut dibentangkan. masha Allah.


Alhamdulillah. terima kasih banyak kepada Allah, keluarga, ayah mamak yang selalu memberikan pelajaran rihlah dalam hidup. semoga kita menyadari bahwa: rezeki, maut sudah ditentukan di lauhul mahfudz, tinggal kita saja yang mempersiapkannya. Allahu Akbar.

Comments

  1. Noted sa.. ada rencana akhir tahun nanti pengen ke Sabang .
    Jadi dari sekarang udah Googling mau ke mana aja di sana. Memang kalo gak berpoto di 0 km Sabang kayak gak sah ya sudah ke sana. Hehe

    ReplyDelete
  2. Wahh... Dah ke Sabang aja. Keren kak.. btw nama pelabunan di Sabang : Pelabuhan Balohan
    Di Banda baru deh Uleelheue
    Skrg kapal cepat dah 80k dan kapal ferry 30 an
    Aceh InsyaAllah aman, gak ada lagu GAM (gerakan Aceh merdeka) hehe
    Ayo kak kesana lagi

    ReplyDelete
  3. Pantai Sumur tiga itu kayak kepingan surga yang tersembunyi ya,, indah sekalii,, ngebayangin main ombak di tepi pantainya masyaallah...thanks rekomnya ya Sa

    ReplyDelete
  4. jadi pongin ke sabang lagi...pokoknya disana itu betah bikin g mau pulang pemandangannnya indah banget..tempat favorignya jadi tempat favorit aq juga...

    ReplyDelete
  5. Baca ini jadi kepingin liburan ke Sabang deh, duh kapan yaa bisa kesana :)

    ReplyDelete
  6. Duhh aku blm rezeki nih ke sabang, beberapa tahun lalu sempat ke Aceh, dan udah niat banget juga nyebrang ke Sabang, eh blm rezeki air laut lagi pasang atau angin kencang gitu, jadi gakda kapal yg nyebrang, cancel dehh, mudah mudahan ada rezeki langkah kesana, aamiin

    ReplyDelete
  7. Kalo mau ke Aceh, rugi kalo nggak ke Sabang. Kebetulan saya juga punya rencana kesana bulan depan. Semoga terlaksana dan udah nggak rame lagi kayak pas libur lebaran.

    ReplyDelete
  8. Jdi kangen ke sabang lagi, terakhir kesana tahun 2015. Kurasa udh banyak berubah disabang..

    ReplyDelete
  9. jadi kangen ke sabang lagi, terakhir kesana tahun 2015 udh lama kali..

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktu kamu untuk membaca. Tolong jangan komentar dengan link aktif ya! :))

Popular Posts

Mengapa Harus Pilih MRT?

Review CoHub Indonesia, Coworking Space di Medan

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!