Skip to main content

5 Tips Meningkatkan Produktivitas selama Puasa

 Puasa hari ke berapa ini? Alhamdulillah yaaa enggak kerasa minggu depan udah mau lebaran aja. Kayaknya waktu itu berjalan cepat banget rasanya. Siapa nih yang sudah khatam ngajinya 30 juz? MasyaAllah, kajian online gimana? Masih didengerinkan? Semoga kita selalu diberikan kemudahan dalam beribadah ya, dan semakin meningkat volumenya, tidak terputus, apalagi karena hal duniawi, Aamiin Allahumma Aamiin.

Nah, gimana caranya di masa begini kita tetap menjaga produktivitas kita untuk bekerja dan beribadah? Tips ini sudah saya laksanakan sejak bekerja. Yuk kita simak!

Pertama, bikin to do list setiap harinya. Biasanya ketika malam journaling gitu saya sekalian menuliskan apa saja yang harus saya kerjakan besok. Bahkan saya list memang kegiatan yang bersifat wajib, misal meeting dengan teman kantor, webinar yang wow yang harus saya ikuti, semua saya tuliskan di kalender di planner book saya. Tidak tahu mengapa ada kepuasan tersendiri saja jika menuliskan dengan tangan sendiri. Kalau di HP remindernya ada sih, tapi suka saya skip gitu saja hehe kecuali ada email reminder gitu ya ke google calender hehe.

Kedua, bergerak. Ya, ini the hardest thing sehabis bikin to do list hahaha, apalagi kalau sudah terbiasa mager, WFH terus nih lagi kan yaaa hahaha tingkat lengket badan ke ranjang nih lebih tinggi wkwkwk. Kalau detil sih bisa tuh dari list di atas kamu tentukan memang mau dikerjakan jam berapa dan harus beres jam berapa. Pernah saya dengerin podcast dari Mas Ruby, dia ngajarin kerja 25 menit, lalu 5 menit berikutnya istirahat, dan begitu selanjutnya. Cuma saya merasa agak kurang pas di saya, kayak serba tanggung, kerjaan belum beres harus sudah istirahat hahaha.

Ketiga, kalau bisa sekarang mengapa harus besok? Ya, kebiasaan menunda akibat tidak mau bergerak itu bikin semuanya jadi tertunda. Dulu pernah tuh saya sekantor dengan teman yang ketika di kerjaan dia mageran, pas sampai di rumah baru dia kerjain, atau pas weekend sengaja dia bilang lembur, HAHAHAHA ini nih parah banget. Jangan sampai kamu begitu ya!

Beri timing untuk setiap kegiatan. Jangan paksakan kamu melakukan hal-hal di luar kebiasaan kamu sebelumnya. Misalnya kamu harus makan sahur di antara jam 4 hingga jam 5 sebelum subuh. Kamu harus beresin rumah sebelum jam 9 waktu jam kerja. Ya walaupun WFH yang namanya pekerjaan rumah seharusnya terpisah dan tidak bisa dijadikan alasan kamu menunda pekerjaan ya hehe.

Terakhir, lakukan hal yang biasanya kamu lakukan. Boleh sih kita ambisius, tapi ya mikir-mikir juga, sesuaikan dengan keadaan. Kalau yang dulunya bisa baca 4 lembar Alquran tiap ngaji perhari, jangan sampai kamu langsung push diri kamu di hari pertama dengan baca 2 juz perhari, itu pasti gak enak. Selain fisik kamu juga shock, mental kamu pasti merasa gak tenang dan diburu-buru, "kapan nih abis 2 juz, kapan, kapaaaaan". Akibatnya ibadahpun jadi enggak fokus. Nah, sayang banget kan kalau sudah begitu. Dan jangan lupa, istirahat itu perlu, apalagi di masa pandemi yang bikin rentan sakit dan bulan puasa yang bikin jam tidur berubah. Pandai-pandai merawat diri deh hehe.

Dari kelima tips di atas mana tips yang paling ampuh di kamu? Bikin self reward boleh kok asal ada budgetnya hehehe. Mau bikin punishment juga bisa saja asalkan kamu ikhlas melakukannya hahaha. Sharing dong tips dari kamu gimana biar tetap produktif selama puasa hehe.

Comments

Popular Posts

Mengapa Harus Pilih MRT?

Review CoHub Indonesia, Coworking Space di Medan

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!