Skip to main content

Rutinitas Sebelum Berbuka

Di hari-hari menjelang lebaran tiba, banyak banget nih kegiatan yang sebenarnya sudah sangat rutin kita laksanakan. Mulai dari bangun sahur, tahajud, puasa, ngaji, kajian, taraweh, hingga persiapan berbuka dan begitu selanjutnya. Tapi makin mendekati lebaran biasanya nih anak gadis disuruh beberes rumah, mulai dari ganti gorden, taplak meja, ngisiin kue lebaran, bahkan sampai decluttering dan bagi-bagiin hasil decluttering ke masyarakat yang membutuhkan. Kayaknya emang menyambut hari nan fitri harus dengan hati dan lingkungan yang bersih hehe supaya lebih sejalan aja. Tapi kalau sebelum berbuka kira-kira ngapain aja ya?

Pertama, mempersiapkan diri untuk berbuka puasa. Mulai dari menghidang makanan di meja makanan, lengkap dengan snack dan minuman, sehabis sholat maghrib cus menghidang makanan beratnya. Kalau sudah tersaji gitu, kita juga enggak akan kerepotan pas mau buka puasa, sudah tinggal duduk tenang menunggu adzan hehe. Bingung mau buka pakai apa? Cobain Bolu Toba Medan!

Membaca buku islami, Alhamdulillah sebulan ini belum ada beres baca buku apapun. Selain kerjaan di kantor, rasanya tidak ingin menyiakan bulan penuh berkah ini dengan banyak baca buku, ya setiap orang bebas sih. Cuma lebih pengen sering baca Alquran aja hehe. Kebetulan saya lagi baca buku berjudul Fatimah dan buku Halal Haram Bisnis Online karya Ust Ammi Nur Baits. Di mana dibahas bahwasanya banyak sekali hal receh yang kalau dikaji bisa haram hukumnya. Contohnya, shopeepay, tidak masalah jika kita pakai sekadar untuk memudahkan kita bertransaksi, menjadi haram jika kita isi saldo shopeepay kita untuk belanja dan mendapatkan manfaat free ongkir. Selengkapnya bisa di tonton juga di youtube ya guys! Banyak banget soalnya hehe.

Mendengarkan kajian online. Kalau ini sih banyak banget ya, enggak cuma di youtube, bahkan di instagram, dan telegrampun bisa kita dapatkan kajian secara gratis. Bisa di save lagi bahkan. Kalian bisa simak kajian singkat dari ustadz Muhammad Nuzul Dzikri, di instagram banyak sekali itu kajian beliau. Kalau mau versi anak-anaknya bisa disimak juga di youtube rumaysho TV, yufid kids maupun yufid tv. Agar waktu yang kita punya tidak habis begitu saja. Karena kelak di akhirat yang akan ditanya adalah, untuk apa waktunya habis digunakan di dunia.

Selanjutnya membuat to do list untuk besok, mau mengerjakan apa saja, dari jam berapa, di deadline tidak. Kira-kira ada reward atau punishment apa jika terlaksana atau tidak terlaksana. Agara apa yang kita lakukan tertrack dengan baik, dan bisa dikoreksi mana yang perlu dan tidak dilakukan, atau bisa ditunda di lain waktu, bahkan bisa didelegasikan ke orang lain.

Selanjutnya: 5 Tips Meningkatkan Produktivitas selama Puasa

Comments

Popular Posts

Mengapa Harus Pilih MRT?

Review CoHub Indonesia, Coworking Space di Medan

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!