Skip to main content

Sayur Sop, Favorit Keluarga Saat Sahur

Selama puasa sering banget nih ibu-ibu bingung mau masak apa. Ya karena saya belum jadi ibu-ibu mungkin saya enggak bisa banyak komentar hahahaha cuma ya gitu, dari yang saya jalani sebagai anak yang membantu orang tua di rumah, ibu saya selalu jarang ke pasar, kalau bahasanya di Medan itu pajak. Nah, palingan seminggu 2 atau bahkan hanya sekali. Jadi, sekali belanja itu banyak banget. Nah dari yang banyak itu, mulailah kita pilah dan atur sedemikian rupa di kulkas, persiapan inilah yang disebut dengan meal-preparation. Mulai dari mengupas bawang, lalu dimasukkan ke wadah dan dilapisi tisu. Memetik bayam, lalu memasukkan begitu saja di tupperware. Nah, yang begini juga masih saya pelajari sih hahaha.

sop, menu makanan favorit

Cuaca kota Medan yang tidak menentu kadang siang panas terik dan sore hujan turun sederas-derasnya bikin imun tubuhpun bingung, harus banyak makanan yang mengandung air dan tentunya bervitamin. Termasuklah sayur sop yang membuatnya tidak perlu ada adegan menggoreng haha. Soalnya lagi mengurangi banget. Akibat makan 2 potong gorengan saja saya sampai batuk-batuk, taubatlah taubat dari gorengan. Kondisi tersebut membuat sop menjadi andalan keluarga kami ketika sahur. Sebelumnya bahan-bahannya sudah dipotong memang, jadi tinggal cemplang-cemplung saja hehe. Mau tahu gimana bahan dan resepnya? Yuk!

Bahan:

100g kentang, potong dadu

1 buah wortel, potong dadu

8 buah buncis, potong sepanjang 2 cm

1 btg daun bawang, iris tipis

1 btg daun seledri, iris tipis

1 buah tomat, potong bagi 6

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih

Garam, gula, lada, dan kaldu bubuk

Cara Membuat:

Panaskan kaldu ayam bersama larutan air.

Tumiskan bawang merah dan bawang putih.

Masukkan sayuran wortel, kentang, buncis, ke dalam campuran kaldu ayam. Aduk hingga empuk, tambahkan tomat, daun bawang, atau kalau ada bakso ya bakso, dan aduk rata.

Berikan bumbu garam, gula, lada,

Setelah empuk silakan disajikan!

Mudah sekali ya? Hahahaha. Iya soalnya enggak mau repot anaknya. Kalau mau ditambahkan daging bisa banget, dimasukkan bersamaan kaldu saja di awal tadi.

Enak sekali jika disajikan pas hangat ditambah taburan bawang goreng, yuhuuu~~~

Comments

Popular Posts

Mengapa Harus Pilih MRT?

Review CoHub Indonesia, Coworking Space di Medan

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!