Skip to main content

8 Istilah dalam Kehidupan Para Bookstagram

Bookstagram adalah bagi pecinta buku dan ingin berbagi kegiatan membacanya lewat postingan akun instagram. Sebenarnya kalau ditanya saya bookstagram atau bukan, ya bisa dibilang bukan sih, postingan saya lebih banyak soal jalan-jalan dibandingkan buku soalnya hahaha. Namun begitu saya berusaha untuk sharing apa yang saya baca di instagram story saya. Kesenangan membaca sejak sekolah membuat saya hingga sekarang masih senang untuk membuka lembaran buku ataupun e-book. Dan mulai terpacu lagi sejak bergabung ke dalam bbbbookclub, kamu juga bisa ikut tantangan mereka dari sekarang! Karena saya anaknya suka dichallenge, jadi ini bikin saya jadi makin aktif untuk membaca. Apalagi kalau lihat orang lain bisa baca banyak, genre orang lain beda dari kita, buku baru bermunculan dari penerbit, siapa yang tidak teracuni? HAHAHA.

Dengan mengikuti tantangan yang diikuti pertahun, alhasil memang hasilnya maksimal banget. Bahkan target membaca bisa nambah. Terbukti di awal tahun saya cuma menargetkan 15 buku, tapi hingga April sudah 42 buku yang saya baca. Sound's great! Dengan bermunculannya akun bookstagram, jiwa ini juga semakin semangat untuk menambah list TBR. Nah, kali ini saya mau membahas sedikit soal istilah yang sering kali dipakai oleh seorang bookstagram. So here we go!

Pertama, TBR atau TO BE READ. Artinya setumpuk list buku yang menunggu untuk dibaca. Mau fiksi, non-fiksi, e-book atau fisik semuanya disebut TBR kalau kamu sudah membeli, menyewa, meminjamnya tetapi belum kamu baca haha. Makanya saya tertarik untuk menyewa buku ke salah satu penyewaan buku di Jakarta sana, tapi saya ingat lagi, buku yang di rumah saja belum semuanya kelar di baca. Sabar, satu per satu deh, manusia ambis banget kadang.

Kedua, CR atau CURRENTLY READING, artinya buku yang sedang dibaca. Mau dibaca baru 5 lembar, 10 halaman, bebas, yang penting kamu sudah mulai untuk membacanya itu disebut dengan CR. Biasanya dibarengi dengan nama buku misalnya, CR Bumi - Tere Liye. Coba cek lagi rak bukumu, berapa buku yang sudah mulai kamu baca tapi belum kamu lanjutkan kembali?

Ketiga, SHELFIE, artinya foto rak buku. Sebagai penganut 1 in 1 out, saya bukanlah tipe orang yang punya rak buku dengan buku berjejeran didalamnya, ntar kalau mau foto bagus tuh backgroundnya. Nah kalau saya tipe yang sudah beli, baca, jual HAHAHA. Karena masih banyak buku di luar sana yang sepertinya menanti untuk dibeli wkwk.

BOOK HAUL, enggak cuma dunia youtube deh ada shopee haul, ini juga ada book haul, dimana membeli buku dalam jumlah yang banyak daaaan di unboxing, seru abis. Apalagi kalau sambil ASMR ngbukain bungkusan bukunya hehe.

BOOK CHALLENGE, yaaa ini sudah jelas ya, tantangan itu sebenarnya banyak sih dari akun lain, dari klubbukunarasi ada, beranibaca, medan.membaca, tapi biar fokus saya ikutan di BBBBookClub dan ngabuburead dari gramedia saja! Yiha.

DNF, DID NOT FINISH, ini biasanya untuk buku yang sudah lamaaa sekali ada di rak tapi tak tersentuh sama sekali. Lupa bahkan terakhir dibaca di halaman berapa. Entah pembaca berhenti karena bosan, tidak sesuai sama ekspektasi, membingungkan, tidak seru, dsb.

Ketujuh, READING SLUMP, nah kalau kamu sedang tidak mood membaca ini dapat disebut sebagai reading slump. Biasanya sih karena memang lelah, tidak ada waktu untuk membaca, stok buku bacaan menipis, stok buku bacaan serius amat HAHAHA. Solusinya? Biasanya sih saya beli/ pinjam buku lain, misalnya romance, itu lumayan bikin semangat membaca kembali lagi.

Kedelapan yaitu WRAP UP, nah istilah ini disebutkan untuk sekumpulan buku yang sudah dibaca. Misalnya Wrap UP April, artinya sekumpulan buku yang sudah berhasil dibaca dan selesai di bulan April.

Dari kedelapan istilah diatas, istilah mana yang sering kamu temui? Komen dibawah yuk! XD


Comments

Popular Posts

Mengapa Harus Pilih MRT?

Review CoHub Indonesia, Coworking Space di Medan

5 Alasan Mengapa Memilih Ruangguru!